IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN DALAM RANGKA MENURUNKAN AKI DAN AKB DI PUSKESMAS SUKARAJA KABUPATEN SUKABUMI (Studi Empiris pada Puskesmas Sukaraja Kabupaten Sukabumi)

Ariuni Suparman

Sari


Di Indonesia indikator status kesehatan masih ketinggalan dari negara-negara ASEAN seperti Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi masih cukup tinggi Di Jawa Barat sendiri Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi masih menjadi permasalahan sampai saat ini. Faktor ekonomi, sosial, budaya, dan peran serta masyarakat menjadi determinan kematian ibu dan bayi. Di  daerah Jawa Barat yang masih tinggi tingkat Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi adalah Kabupaten Sukabumi. Salah satu wilayah di Kabupaten Sukabumi yang masih tinggi Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi yaitu di wilayah kerja puskesmas Sukaraja. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Program Pelayanan Kesehatan dalam Rangka Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi. di Puskesmas Sukaraja Kabupaten Sukabumi dan untuk mengetahui faktor penghambat yang dihadapi Puskesmas Sukaraja Kabupaten Sukabumi dalam rangka menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Phenomenology. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk kondisi lingkungan ekonomi dan politik mendukung program pelayanan kesehatan dalam rangka penurunan AKI dan AKB, tetapi untuk  kondisi sosial masyarakat masih banyak yang berpendidikan rendah sehingga menghambat keberhasilan program. Untuk komunikasi dan koordinasi dengan pihak lain seperti Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten, Rumah sakit pemerintah dan swasta, Bidan Praktek Mandiri, serta kelurahan-kelurahan berjalan dengan baik. Untuk Sumber daya fasilitas yang berupa sarana dan prasarana yang sudah baik, nemun perlu ditingkatkan kualitasnya. Untuk Karakteristik Puskesmas Sukaraja Kabupaten Sukabumi sebagai pelaksana Program Pelayanan Kesehatan dalam Rangka Penurunan AKI dan AKB sudah sesuai dengan kebijakan, bahkan juga sesuai dengan permasalahan yang ada.

Kata Kunci


Implementasi, Pelayanan Kesehatan, AKI dan AKB

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : Rineka Cipta.

Ashshofa, Burhan, (2017) Metode Penelitian Hukum, Jakarta: Rineka Cipta.

Budiharto, Widodo. (2016). Teori dan Implementasi. (Terj : Syahida) Edisi Revisi.Yogyakarta : Penerbit Andi

Cheema, S. Shabbir dan Rondinelli, Dennis A. (2017). (dialihbahasakan : Subarsono) Implementing Decentralization Programmes in Asia: Local Capacity for Rural Development. Nagoya: UNCRD.

Edwards III, George C. (2015). (dialihbahasakan : Agustino) Implementing Public Policy. Washington: Cogressional Quaerterly Inc.

Grindle, Marilee. S. (1980). (diterjemahkan oleh : Agustino 2015) Politics and Policy Implementation in the Third World. New Jersey: Princeton University Press

Hamdi, Muchlis. 2016. Kebijakan Publik: Proses, Analisis, dan Partisipasi. Cet. 1.Edisi Revisi Bogor: Ghalia Indonesia

Hartiningrum, Ummi,dkk. (2017). Asuhan Kebidanan pada Kehamilan Fisiologis.Jakarta: Salemba Medika

Hodgetts, M dan Casio, Rodge (Alihbahasa : Azwar, Asrul) (2017). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta

Lavey, Samuel & Loomba, Paul N. (2017). (diterjemahkan oleh : Soekidjo Notoatmodjo) Health care administration a managerial prespective. Phil:J.P. Lippineett Comp.

Mazmanian, Daniel A and Paul A. Sabatier. (2016). (Terjemahan : Waluyo) Implementation and Public Policy, Scott Foresman and Company, USA.

Mazmanian, Daniel A and Paul A. Sabatier. (1983). (Terjemahan : Wahab 2014) Implementation and Public Policy, Scott Foresman and Company, USA.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, Deddy (2017), Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik, Alfabeta, Bandung

Praptianingsih, Sri (2017) Kedudukan Hukum Perawat dalam Upaya Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Pressman, J. Laswell. and Wildavsky, Kaplan (2017). (dialihbahasakan : Nugroho) Implementation. Barkley and Los Angeles: University of California Press

Ridwan, Taufik & Tachjan, Isril (2017). Kebijakan Publik : Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. PT Gramedia. Elex Widiasarana Indonesia.

Saifudin, Abdul Bari. (2016). Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal Neonatal. PT. Bina Pustaka Jakarta

Sangaji, Etta Mamang dan Sopiah. (2016). “Metodologi Penelitian”. ANDI. Yogyakarta

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kebijakan (penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitain Evaluasi) Penerbit : Alfabeta. Bandung

Suwito, Andi (2017) Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta

Solichin, Ahmad. (2017). (Terjemahan : Waluyo) Evaluasi Kebijakan Publik. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Syaukani, dkk., (2015). (Alih Bahasa : Pratama Putra) Otonomi Daerah dalam Negara kesatuan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, cet III

Syafiie, Inu Kencana, (2016). (Terj: A. Tahir) Ilmu Administrasi Publik, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Thoha, Miftah. (2018). Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Jakarta. Prenada Media Grup.

Triwibowo, (2017) Etika Pelayanan Kesehatan dalam Perspektif Undang-Undang Kesehatan, Rajawali Pers, Jakarta.

Van Meter, Donal dan Van Horn, Carl E. 1975. (Terjemahan : Waluyo, 2016) The Policy Implementation Process Conceptual Frame Work. Journal Administration and Society.

Veronica Komalawati, (2017) Hukum dan Etika Dalam Praktik Dokter, (Edisi Revisi) Pustaka Sinar Harapan, Bandung

Undang-Undang Dan Peraturan Lainnya

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan R.I. 2016 Departemen Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2009 (Depkes RI)

Peraturan Menteri Kesehatan No. HK. 02. 02 /MENKES /148 I /2010 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Perawat. Pasal 1 ayat (1) Permenkes RI No. 97 Tahun 2014

Peraturan Pemerintah 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian UU Kesehatan 2009 Pasal 52, 53 dan 54 ayat (2) dan ayat (1) UU Rumah Sakit 2011 Pasal 29 ayat (1) huruf (b) WHO (World Health Organization,) 2017

Tesis dan Desertasi

Helmizar 2015 berjudul “Evaluasi Kebijakan Jaminan Persalinan (Jampersal) Dalam Penurunan Angka Kematian Ibu Dan Bayi Di Indonesia”

Isniani, Fitri 2016 berjudul “Implementasi Program Jamian Persalinan (Jampersal) di RSUD Panembahan Senopati Kabupaten Bantul”.

Purnamasari, Sofia, Mangesti, Yovita Arie Tresno Novianto, Widodo (2018) dengan judul Implementasi Kebijakan Penurunan Angka Kematian Ibu Di Kabupaten Banyumas

Rendi Sugianto 2016 berjudul “Implementasi Program Desa Siaga dalam menurunkan AKI dan AKB Di Kelurahan Jeruk Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya”.

Sofiah, Sri Kusumo Hapsari dan Sumardiyono. 2016. Implementasi Pencegahan Kematian Ibu dan Anak melalui Pendekatan Strategi Komunikasi pada Program EMAS (Expanding Maternal and Neonatal Survival)

Sumber Lainnya

Warta Kesehatan Ibu, Edisi 4. di akses Tanggal 13 April 2019 Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Tahun 2018


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.