ANALISIS PENGUATAN KAPASITAS PEMERINTAH DESA DALAM PENGEMBANGAN OBYEK WISATA BUDAYA DI KABUPATEN CIAMIS

Ari Kusumah Wardani, Slamet Riyadi

Sari


Era desentralisasi saat ini telah menjadikan Pemerintah Daerah berpusat pada penyelenggaraan pelayanan publik yang baik terhadap masyarakat, baik dalam pelayanan administrasi sampai kepada pelayanan dasar. Namun permasalahan muncul, dimana masih banyak masyarakat perdesaan yang tergolong pra sejahtera. Selain itu, kualitas dari SDM masyarakat perdesaan yang secara kompetensi belum seluruhnya mempunyai tingkat kompetensi yang berdaya saing. Inilah yang menjadi tantangan bagi Pemerintah Desa sebagai motor dari pembangunan yang berbasis kemasyarakatan. Potensi sumber daya yang ada di perdesaan didominasi oleh kualitas Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat dikembangkan menjadi sebuah potensi ekonomi bagi masyarakat perdesaan. Di Kabupaten Ciamis terdapat beberapa potensi wisata yang berada di wilayah perdesaan. Hal tersebut tentunya dapat dijadikan potensi ekonomi berbasis kemasyarakatan yang dapat dikembangkan oleh Pemerintah Desa sebagai bagian dari Pendapatan Asli Desa (PADes). Kapasitas Pemerintah Desa dalam menjalankan roda pemerintahan di Desa tentunya, hal ini dapat dijadikan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan. Hal tersebut menjadi urgensi agar penelitian tentang penguatan kapasitas Pemerintah Desa dalam mengembangkan obyek wisata yang berada di wilayah perdesaan, khususnya yang ada di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran dari Pemerintah Desa yang berada di Kabupaten Ciamis dalam mengembangkan potensi dan obyek wisata, khususnya wisata budaya yang menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal masyarakat perdesaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yakni menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif Hasil penelitian ini menunjukkan Pemerintah Desa cukup berperan aktif dalam pengembangan obyek wisata budaya. Hal tersebut ditunjukkan dengan munculnya kelompok masyarakat yang mengusung konsep Community Based Tourism (CBT) dan Smart Tourism yang ditandai dengan banyaknya sosial media yang mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Ciamis.

Kata Kunci


Pemerintah Desa, Wisata Budaya, Kearifan Lokal, Smart Tourism, Pendapatan Asli Desa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik (BPS). (2015) Proporsi Kontribusi Pariwsata terhadap PDB 2015. [Online] Tersedia: https://www.bps.go.id/dynamictable/2018/05/18/1329/proporsikontribusi-pariwisata-terhadap-pdb-2015.html [12 Agustus 2019].

Chariri. A. (2009). Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitatif. [Online] Tersedia: http://eprints.undip.ac.id/577/ [12 Agustus 2019].

Kirom N.R. Dkk. (2016). Faktor-faktor Penentu Daya Tarik Wisata Budaya dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan.1.(3).536-546.

Nursetiawan, I., & Garis, R. R. (2019). Identifikasi Potensi Desa Wisata Di Kabupaten Ciamis Berbasis Community Based Tourism. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(4), 339-349.

Prafitri G.R dan Damayanti M. (2016). Kapasitas Kelembagaan dalam Pengembangan Desa Wisata (Studi Kasus: Desa Wisata Ketenger, Banyumas. Jurnal Pembangunan Kota (JPK).4.(1).76-86.

Pusdalisbang Jabar. (2014). Angka IPM tahun 2010-2014. [Online] Tersedia: http://www.pusdalisbang.jabarprov.go.id/pusdalisbang/indikatormakro-7.html [12 Agustus 2019].

Rahajeng, Anggi. (2008). Analisis Faktor Keputusan Wisata Budaya, Sejarah dan Alam Yogyakarta: Persepsi Wisatawan Domestik. Jurnal Ekonomi Pembangunan.13.(1).33-49.

Susyanti D.W. (2014). Potensi Desa Melalui Potensi Pariwisata Pedesaan. Epigram: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Humaniora.11.(1).65-70.

Ulumiyah, Ita. Dkk. (2013). Peran Pemerintah Desa dalam Memberdayakan Masyarakat Desa (Studi pada Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang).

Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa

Utama, I Gusti B.R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Yusuf, Syahrial. (2014). Entrepreneurship: Teori dan Praktik Kewirausahaan yang Telah Terbukti. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia. Jurnal Administrasi Publik (JAP).1.(5).890-899




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v6i4.4548

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.