PENGARUH PENGAWASAN OLEH KEPALA SATUAN INTELEJEN KEAMANAN (INTELKAM) TERHADAP PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) DI KEPOLISIAN RESORT TASIKMALAYA KOTA

Agus Predi Muharom

Sari


Penelitian yang penulis lakukan berawal dari adanya masalah bahwa kurang optimalnya pengawasan oleh Kepala Satuan Intelejen Keamanan (INTELKAM) dalam pelaksanaan pelayanan pembuatan SKCK, antara lain: (1) Pembuatan SKCK dinilai dari segi waktu cukup lama oleh sebagian masyarakat, dikarenakan minimnya petugas dan sarana yang ada; (2) Tidak adanya ruang tunggu yang memadai menyebabkan antrian berdesak-desakan diantara para pembuat SKCK khususnya ketika Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) diperlukan untuk melamar pekerjaan.Berdasarkan masalah tersebut, maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana pengawasan Kepala Satuan INTELKAM di Kepolisian Resort Tasikmalaya Kota? (2) Bagaimana pelayanan pembuatan SKCK di Kepolisian Resort Tasikmalaya Kota? (3) Bagaimana pengaruh pengawasan Kepala Satuan INTELKAM terhadap pelayanan pembuatan SKCK di Kepolisian Resort Tasikmalaya Kota?Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 27.307 orang. Terdiri dari Kasat Intelkam sebanyak 1 orang, seluruh petugas pelayanan pembuatan SKCK    pengumpulan data menggunakan  Library research dan Field research. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Pengawasan Kasat Intelkam diperoleh rata-rata skor sebesar 322,3. Angka tersebut termasuk pada kategori baik dengan persentase sebesar 64,46%; (2) Pelayanan pembuatan SKCK diperoleh rata-rata skor sebesar 243,8. Angka tersebut termasuk pada kategori cukup dengan persentase sebesar 48,76%; dan (3) Pengaruh pengawasan Kasat Intelkam terhadap pelayanan pembuatan SKCK berdasarkan uji korelasi diperoleh nilai r sebesar 0,153 maka mempunyai hubungan positif atau searah dengan derajat keeratan termasuk kategori sangat rendah. Berdasarkan uji koefesien determinasi diperoleh nilai sebesar 2,34%. Pengawasan Kasat Intelkam secara parsial berpengaruh terhadap Pelayanan Pembuatan SKCK 2,34%. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung (4,370) > ttabel (1,660), berarti bahwa Pengawasan Kasat Intelkam secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap besarnya Pelayanan Pembuatan SKCK di Kepolisian Resort Tasikmalaya Kota terbukti. Kata Kunci: Pengaruh Pengawasan, Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) 

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF (English)

Referensi


A.S. Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Atmosudirdjo Prajudi. 1982. Administrasi dan Management Umum. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Fandy Tjiptono. 2006. Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Andi Offcet.

Gary Dessler. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks.

Griffin, Ricky W. 2004. Manajemen (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Hasibuan Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Pengertian Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Toko Gunung Agung.

Husnaini. 2001. Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

J. Winardi. 2000. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Johanes Supranto. 2000. Teknik Pengukuran Kepuasan Pelanggan, Yogyakarta: Andi Offset.

Kadarman. 2001. Manajemen Strategik. Jakarta: Gunung Agung.

Kamus Besar bahasa Indonesia. 2008. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.

Mathis Robert L. dan Jackson Jhon H. Human Resource Management. Alih Bahasa. Jakarta: Salemba Empat.

Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Nasution, M.N. 2003. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ratminto dan Septi, Winarsih Atik. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Robbins dan Coulter. 2005. Manajemen. Jakarta: Prenhallindo

Ruky, Ahmad. S. 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Baedhowi. 2007. Revitalisasi Sumber Daya Aparatur dalam Rangka

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Bisnis & Birokrasi Vol.15, No.2 (Mei).

Dwina Febriani. 2005. Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Motivasi Kerja di Lingkungan Pusat Pendidikan Administrasi Lembaga Diklat POLRI (PUSDIKMIN). Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Peraturan Perundang-undangan:

Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia

Surat Keputusan KAPOLRI No. Pol: SKEP/ 816/ IX/ 2003 Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v3i1.646

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.