PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG PAJAK DAERAH TERHADAP PENCAPAIAN TARGET PAJAK REKLAME TAHUN 2014 OLEH DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA TASIKMALAYA

Asep Agung Nugraha

Sari


Penelitian yang penulis lakukan berawal dari adanya masalah bahwa (1) Adanya pembatasan tempat reklame yang disediakan oleh pemerintah daerah sehingga masih banyak wajib pajak yang khawatir terhadap pemasangan reklamenya, hal ini berdampak pada penurunan realisasi penerimaan pajak reklame. Dengan adanya kebijakan tersebut berdampak pada industri dan para pengusaha membatasi pemasangan reklame (2) Kelalaian wajib pajak reklame untuk orang/ pribadi, sehingga terbukti adanya penurunan capaian realisasi penerimaan pajak reklame pada tahun anggaran 2014. Pada periode tahun anggaran 2014 realisasi hanya mencapai 80,82%.Berdasarkan masalah tersebut, maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi kebijakan tentang pajak daerah pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Tasikmalaya? (2) Bagaimana pencapaian target pajak reklame pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Tasikmalaya? (3) Bagaimana pengaruh implementasi kebijakan tentang pajak daerah terhadap pencapaian target pajak reklame pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Tasikmalaya? Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 782 orang. Terdiri dari seluruh pegawai pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Tasikmalaya sebanyak 82 orang dan wajib pajak reklame sebanyak 700 orang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Library research dan Field research. Sedangkan untuk menentukan hubungan menggunakan rumus koefisien korelasi dan menentukan pengaruh dengan rumus koefisien determinasi dengan menggunakan Software IBM SPSS Versi 23.Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Implementasi Kebijakan tentang Pajak Daerah pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Tasikmalaya diperoleh rata-rata skor sebesar 307,75 atau 69,16% termasuk pada kategori baik (2) Pencapaian Target Pajak Reklame pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Tasikmalaya diperoleh rata-rata skor sebesar 337,83 atau 75,92%. Angka tersebut termasuk pada kategori baik (3) Pengaruh implementasi kebijakan tentang pajak daerah terhadap pencapaian target pajak reklame pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Tasikmalaya dengan uji korelasi diperoleh nilai r sebesar 0,364 nilai tersebut mempunyai hubungan positif atau searah dengan derajat keeratan termasuk kategori rendah. Kata Kunci: Pengaruh Implementasi Kebijakan, Pajak Daerah, Pencapaian Target  

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF (English)

Referensi


Agustino, Leo. 2006. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

_______________. 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Azhari A. Samudra. 2005. Perpajakan di Indonesia, Keuangan, Pajak dan

Retribusi. Jakarta: Hecca Publishing.

Dharma, A. 1991. Manajemen Prestasi Kerja. Jakarta: Rajawali.

Dunn, William N. 2000. Analisa Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Perss.

Hadari, Nawawi dan Martini. 1990. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Jones, Charles O. 1991. Pengantar Kebijakan Publik. Penerjemah Ricky Istamto. Jakarta: Rajawali.

Komaruddin. 1994. Esiklopedia Manajemen. edisi kesatu. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardiasmo. 2008. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Nasution, M.N. 2003. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Putra, Fadillah. 2003. Paradigma Kritis dalam Studi Kebijakan Publik, Perubahan dan Inovasi Kebijakan Publik dan Ruang Partisipasi Masyarakat dalam Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Universitas Sunan Giri Surabaya.

Siahaan Marihot P. 2005. Pajak dan Retribusi Daerah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Subarsono, AG. 2005. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana. 2004. Metode Statistika, Edisi Revisi. Cetakan Keenam. Bandung: Tarsito.

Sugiyanto, Basit. 2011. Penatausahaan Barang Milik Negara : Relevansinya

dengan Pelaporan Keuangan Pemerintah, Yogyakarta: Balai Diklat Keuangan Yogyakarta.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sumaryadi, I Nyoman. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan

Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Citra Utama

Surakhmad, Winarno. 2000. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Bandung: Tarsito.

Tilaar, H.A.R. dan Riant Nugroho. 2008. Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Wahab, Abdul. 2008. Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke implementasi

Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Winardi. 1992. Promosi dan Reklame. Bandung: Mandar Maju.

Winarno, Budi. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.

Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah

Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 5 Tahun 2003 tentang Pajak Reklame

Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 5 Tahun 2003 tentang Pajak Reklame

Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 6 Tahun 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v3i1.647

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.