KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PRASEJAHTERA

Purnama Sari

Sari


Tujuan diadakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) kepada kaum perempuan yang termasuk ke dalam masyarakat prasejahtera di Dusun Gunungsari RT 05, memberikan pelatihan kreatifitas sebagai media peluang usaha dan melakukan pendampingan usaha. Adapun manfaat dari kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat berwirausaha bagi masyarakat prasejahtera melalui pembentukan kelompok usaha bersama, memberdayakan potensi masyarakat prasejahtera khususnya kaum perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga melalui peningkatan usaha ekonomi kreatif dan meningkatkan pendapatan ekonomi lokal dan wilayah pada umumnya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut: (1) Focus Group Discussion (FGD) untuk tahap evaluasi awal untuk mengatahui potensi peserta dalam membuat suatu produk yang akan dijadikan media usaha; (2) Metode ceramah untuk tahap sosialisasi program KUBE; (3) Metode demonstrasi untuk tahap pelatihan keterampilan pembuatan produk.Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat diambil beberapa kesimpula, yaitu: (1) Terbentuknya Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang beranggotakan ibu-ibu rumah tangga yang termasuk ke dalam masyarakat prasejahtera di RT 05 Dusun Gunungsari; (2) Produk makanan kue kering, keripik pisang dan keripik singkong merupakan produk yang dijadikan media usaha bagi para peserta; (3) Pendampingan usaha dengan memberikan pemahaman mengenai bagaimana mengelola dan mengembangkan usaha kecil. Kata Kunci: Kelompok Usaha Bersama, Masyarakat Prasejahtera

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF (English)

Referensi


Bachtiar & Jamaludin. 2011. Eefektivitas Program Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin. Makasar: Universitas Hasanudin.

Ditejn Sumber Daya Sosial & Pengentasan Kemiskinan. 2014. Pembentukan Kelompom Usaha Bersama Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Jakarta.

Karsidi, R. 2005. Sosiologi Pendidikan. Surakarta: LPP UMS & UNS Pers.

Marwanti. 2011. UpayaMeningkatkanKemampuanBerbahasaAnakMelaluiPermainanKalengBersuara di Taman Kanak-kanak Islam Bakti VI Kelompok A Tahun Ajaran 2011/2012. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yiniarti, E. 2014. Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Prasejahtera Di Kelurahan Harapan Jaya Bandar Lampung. IbM Ristekdikti. Politeknik Negeri Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v3i2.688

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.