STRATEGI DYNAMIC GOVERNANCE DALAM PENYELENGARAAN PEMERINTAHAN PROVINSI JAWA BARAT

Lukman Munawar Fauzi, Asep Bambang Iryana

Sari


Menuju pemerintahan daerah kelas dunia merupakan salah satu satu unsur dan alasan penting bagi pemerintahan Jawa Barat. Oleh karena itu berbagai program dan kegiatan di lingkup pemerintahan harus senantiasa berorientasi pada kepentingan publik seiring berbagai tantangan dan tuntutan kebutuhan Jawa Barat. Pemenuhan terhadap kepentingan publik secara substantif  sudah selayaknya memperhatikan konsep-konsep baru sesuai dengan perkembangan zaman yang ada namun menjadi alasan penting untuk tetap juga sesuai dengan kaidah dan kondisisosial yang ada di Jawa Barat. Namun dalam realitanya masalah dan berbagai tantangan bagi Pemerintahan Jawa Barat sudah lama menjadi pusat perhatian masyarakat seiring banyaknya permasalahan pelayanan publik, dan belum optimalnya masalah pemerintahan lainnya dalam kondisi Ini mengisyaratkan bahwa program-program pemerintah belum sepenuhnya menjawab permasalahan yang ada. Beberapa faktor penyebab belum optimalnya strategi pemerintahan Jawa Barat adalah Pertama, satu budaya organisasi pemerintah, meliputi : integritas, korupsi, kemampuan dan prestasi, pasar yang berkeadilan (market), kemudahan dalam  menyesuaikan ideology dan kepercayaan,  aktivitas dan peran pemerintah, perencanaan, kebijakan pemerintah, pertumbuhan stabilitas, kebijakan serta kemandirian dan pola pikir. Kata Kunci : Strategi Pemerintahan dan Dynamic Governance

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF (English)

Referensi


Andrew Tan et.al. 2004. ”Principle of Governance: Preserving Ours Fundamentals, Preparing for the Future”. Special study report prepared by a group of Administratif Officers. Singapore.

Boon Siong Neo, Geraldine Chen. 2007. Dynamic Governance, Embedding Culture, Capabilities and Change in Singapore. World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd

Creswell, John W., Qualitative Inquiry and Research Design, New York: Sage Publications, 1998.

Dwiyanto, Agus, Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2010.

Joseph Nye.2004). “Government, Governance, and Accountability” Ethos. Civil Service College.

Kaufmann Daniel, Aart Kraay, dan Massimo Mastruzzi (2004).

Governance Matters III; Governance Indicators for 1996, 1998, 2000 and 2002,” World Bank Economic Review. Vol 18.

Kooiman, Jan. 2007). Governing as Governance. SAGE Publication India Pvt Ltd.

Leopald, David and Marc Stear (editor). 2008. Political Theory, Methods and Approaches. Oxford University Press Inc.,New York.

Lewis, Carol W and Stuart C. Gilman (2005) The Ethic Challenge in Public Service (second edition). JOSSEY-BASS USA.

Morphet, Janice. 2008. Modern Local Government. SAGE Publication Asia-Pacifik. Pte. Ltd.

Mulyadi, Dedi. 2015. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik (Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik). Bandung: Alfabeta

Perry, James L and Annie Hondeghem. 2008. Motivation In Public Management. The Call of Public Service. Oxford University Press Inc.,New York.

Robbins, Stephen, P., 1994, Teori Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi, Terjemahan Jusuf Udaya, Arcan, Jakarta.

Salusu., 1998, Pengambilan Keputusan Stratejik: Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit, P.T, Grasindo, Jakarta.

Saragih, Juli, Panglima., 2003, Desentralisasi Fiskal dan keuangan daerah Dalam Otonomi, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Siagian, Sondang. P., 2000.Manajemen Stratejik, P.T. Bumu Aksara, Jakarta

Steiner, George. A., dan Miner, John M., 1988, Kebijaksanaan dan Strategi terjemahan Ticoalu dan Dharma, Agus, edisi Kedua Erlangga, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v3i3.749

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.