PERUBAHAN PERKEMBANGAN RITEL DI INDONESIA DI ERA “NEW NORMAL” STUDI KASUS JATINANGOR

Eka Purna Yudha, Nadila Indarwati, Vini Aisyah Aminingrum, Siti Nurul Khotimah

Abstract


Pandemi COVID-19 telah menyebabkan terjadinya perubahan perilaku konsumen, Hal ini mengganggu banyak sektor-sektor yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat, terutamanya sektor pertanian. Sektor pertanian ini menjadi sorotan karena memiliki kaitan dengan ketahanan pangan nasional. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian survei. Penelitian survei merupakan penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Hasil survey yang telah kami lakukan di Jatinangor menyatakan gambaran ritel yang di inginkan konsumen saat COVID 19 ini yaitu Pembukaan Ritel sesuai Protokol Kesehatan, Ritel memiliki stock barang kebutuhan paling banyak diminati, Ritel menyediakan tempat cuci tangan di area toko , Waktu tutup ritel ditambahkan untuk menghilangkan keramaian Dan dalam menghadapi New Normal ini ritel di Indonesia khusus di jatinangor sendiri sudah mulai berbenah untuk mengikuti kebijakan-kebijakan prosedur kesehatan dalam memasuki new normal ini. Aturan umum yang berlaku ialah, sediakan fasilitas cuci tangan, desinfektan berkala setiap empat jam sekali, wajib gunakan masker,pastikan pekerja berperilaku hidup bersih dan sehat, cek suhu badan perkerja dan pengunjung, pasang informasi tentang pembatasan jaga fisik, cuci tangan dan memakai masker, bagi yang suhu badan ditas 37,3 derajat celcius setelah dua kalo dicek tidak diperkenankan masuk.

Full Text:

PDF

References


Al Mani, Syifa, and Eka Purna Yudha. "The competitiveness of Indonesian cashew nuts in the global market." JEJAK 14.1 (2021): 93-101

Achmad Suryana. Desember 2014. Forum Penelitian Agro Ekonomi. Volume 32 No 02 Halaman 123-135.

Bagus Ramadhan. Mei 2020. Perilaku Konsumen Indonesia saat COVID-19.

CNN Indonesia. 2020. INFOGRAFIS: Aturan New Normal Ritel dari Kemenkes. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200525183656-95-506801/infografis-aturan-new-normal-ritel-dari-kemenkes di akses pada tanggal 12 juni 2020

Fajar B. Hirawan, dkk.2020. Kebijakan Pangan di Masa Pandemi COVID-19. CSIS Commentaries DMRU-048-ID https://csis.or.id di akses pada tanggal 12 juni 2020.

FAO dan WHO.2020. COVID-19 dan Keamanan Pangan: Panduan untuk otoritas yang berwenang atas sistem pengawasan keamanan pangan nasional https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/covid19/covid-19-dan-keamanan-pangan.pdf?sfvrsn=88696ca0_2 diakses pada tanggal 11 juni 2020.

Heri Suharyanto. November 2011. Jurnal social humaniora vol. No 02.

Indotelko. 2018. Membangkitkan bisnis ritel dengan digitalisasi. https://www.indotelko.com/read/1540176577/membangkitkan-bisnis-ritel-digitalisasi diakses pada tanggal 13 Juni 2020.

Kontan. 2020. Ini perubahan perilaku konsumen Indonesia saat pandemi corona. https://nasional.kontan.co.id/news/ini-perubahan-perilaku-konsumen-indonesia-saat-pandemi-corona diakses pada tanggal 12 Juni 2020.

Nurislaminingsih, Rizki, Neneng Komariah, and Eka Purna Yudha. "Pemetaan Pengetahuan Lokal Sunda di Kampung Naga-Tasikmalaya." Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi 6.2 (2022): 217-230

Sarwoko, Endi. Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Merek Aqua Berkaitan dengan Penerapan Program CSR (Corporate Social Responsibility. Jurnal Ekonomi MODERNISASI Fakultas Ekonomi-Universitas Kanjuruhan Malang.

Syafirah. 2017. PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA HOLLAND BAKERY MANADO. Jurnal EMBA Vol 5. No. 2.

Tjondro Resmiati . 2020.Menyambut New Normal, Toko dan Pasar di Jatinangor Mulai Buka. MEDIA INDONESIA. https://mediaindonesia.com/read/detail/316418-menyambut-new-normal-toko-dan-pasar-di-jatinangor-mulai-buka di akses pada tanggal 12 juni 2020

Utomo, T. J. (2011). Persainganbisnisritel: tradisional vs modern. FokusEkonomi: JurnalIlmiahEkonomi, 6(1). http://digilib.unila.ac.id/11359/16/BAB%20II.pdf Diakses pada tanggal 12 Juni 2020 pada pukul 16.00.

Yudha, Eka Purna, et al. "Rural development policy and strategy in the rural autonomy era. Case study of Pandeglang Regency-Indonesia." Human Geographies 14.1 (2020): 125-147.

Yudha, Eka Purna, et al. "PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN RITEL GOJEK LAYANAN GO-MART, GO-SHOP, DAN GO-MED SEBELUM DAN SESUDAH

Yudha et al. 2022. Perilaku Konsumen Pasar Tradisional dan Ritel Modern Selama Pandemi di Kabupaten Garut. Jurnal Ekobistek. Vol. 11 No. 4 Hal: 7-14

Yudha, et al. 2023. “CONSUMER BEHAVIOR CHANGES IN SHOPPING AFTER THE COVID-19 PANDEMI”. Jurnal Apresiasi Ekonomi 11.1 (2023): 218-225.

Yudha, Eka Purna; Azura, Chiquitita Qinthar; Ramadhani, Nadhifa Zahra; Hendarliana, Asri Nurrizka; ,PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN RITEL PADA KONDISI NEW NORMAL PANDEMI COVID-19 DI BANDUNG,Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, Volume 9, Nomor 2, Tahun 2023: 2421-2430

Yudha, E. P., Tedjalaksana, V., & Putri, C.K. E., 2023. Dampak Modernisasi Terhadap Kesejahteraan Petani. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis VII Volume 7, Nomor 1, Tahun 2023 : 62- 67

Yudha EP, Syamsiyah N, Pardian P, Dina RA. Rural areas are more resilient than urban areas to the COVID19 pandemic. Is it true? (Lessons from Indonesia). Human Geographies – Journal of Studies and Research in Human Geography. Vol. 17, No. 2, 2023, 171-192

Yudha, E. P., Zahira, G., & Gabero, S. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 11(1), 240-250.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License