ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGUNJUNG DI AGROWISATA OMAH SALAK KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN

Agus Subhan Prasetyo, Mukson mukson, Mar’atul Karimah

Abstract


Agrowisata diartikan sebagai rangkaian wisata yang memanfaatkan sektor pertanian mulai dari hulu sampai hilir yang dijadikan tempat rekreasi beredukasi. Salah satu agrowisata yang menawakan rekreasi edukasi adalah Agrowisata Omah Salak. Paket yang ditawarkan oleh Agrowisata Omah Salah cukup berfariasi, akan tetapi pengunjung omah salak masih fluktuasi dan cenderung menurun, Kondisi ini menujukkan bahwa kebelanjutan jalannya agrowisata tergantung pada jumlah pengunjung, sehingga dalam pengembanganya harus mempertimbangkan keginginan dan kepuasan dari pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor - faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung Agrowisata Omah Salak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus dengan sampel 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner yang sudah dipersiapkan Data dianalisis menggunakan skor dengan skala likert dan dianalisismenggunakan analisis regresi linear berganda. Alat analisis menggunakan bantuan program SPSS for windows ve.16.0. dan Microsoft excel.Hasil analisis menunjukan dimensi pelayanan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Variabel tangibles, reliability, dan assurance secara parsial berpengaruh signifikan, sedangkan variabel responsiveness dan emphaty secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung Agrowisata. Sebesar 71% kepuasan pengunjung Agrowisata Omah Salak dapat dijelaskan oleh faktor dimensi pelayanan, sedangkan sisanya 29% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar dimensi pelayanan

Full Text:

PDF

References


Aini, N. B. Q., Gayatri, S., & Preasetyo, A. S. 2021. Pengaruh unsur modal sosial terhadap keberhasilan pokdarwis di desa pandansari. 1–12.

Amalina, D. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Wisatawan Berkunjung ke Objek Wisata Religi Masjid Agung Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu. J. Online Mahasiswa FISIP Universitas Riau. 4 (2): 1-19.

Irmanda, MC.S. 2011. Analisis pengaruh keberagaman program wisata, mutu program wisata, dan mutu pelayanan terhadap kepuasan wisatawan dalam meningkatkan positif words of mouth (studi pada Agrowisata Kebun Buah Plantera Fruit Paradise, Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal). Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro, Semarang. Tesis.

Kotler, dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Lestari, B., D. Manumono. dan Ambarsari, A. 2016. Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Agrowisata ( studi kasus di Wisata Agro Tambi PT Perkebunan Tambi Wonosobo ). J. MASEPI. 1 (1) : 1-17

Mondy, R.W. 2010. Human Resource Management Eleventh Edition. Prentice Hall, New Jersey.

Prawiranata, A., Edy, Y., Andriani, K. 2016. Pengaruh keramahtamahan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (Survei pada pelanggan villa Agrowisata Kebun Teh Wonosari Lawang, Malang). J. Administrasi Bisnis. 32 (1) : 114-120.

Stevianus. 2014. Pengaruh Atraksi Wisata, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. J. Ekonomi Bisnis. 19 (3) : 39-48.

Suprihatin, D.N., J. Sutrisno. dan E.W. Riptanti. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Taman Agrowisata Sondokoro PTPN IX Karanganyar. J. Agrista. 5 (3) : 313-323.

Tjiptono F, 2008. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Yoeti O.A. 2008. Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi dan Implementasi. PT Kompas Media Nusantara, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License