INOVASI STRATEGI PEMASARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA USAHA PADA UKM PRODUK OLAHAN PANGAN DI KABUPATEN DAN KOTA BOGOR

Popong Nurhayati, Sudradjat Sudradjat, Iin Solihin

Abstract


Produk olahan pangan adalah salah satu bentuk diversifikasi produk pertanian yang dipandang memiliki nilai tambah, sehingga diharapkan  ampu memberikan kepuasan kepada konsumennya dan sekaligus meningkatkan omzet penjualan produsennya. UKM produk olahan pangan di Kabupaten dan Kota Bogor sedang menawarkan solusi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen berupa produk olahan pangan khas Bogor atau produk yang berpotensi menjadi unggulan Bogor melalui penerapan strategi pemasaran. Penelitian bertujuan untuk: 1) Mengetahui pola keinovatifan penerapan strategi pemasaran oleh UKM produk olahan pangan di Kabupaten dan Kota Bogor, 2) Menganalisis dampak inovasi strategi pemasaran terhadap kinerja UKM (omzet penjualan), dan 3) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk olahan pangan hasil inovasi strategi pemasaran. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten dan Kota Bogor, terhadap 30 UKM pengolah pangan yang menggunakan bahan baku lokal atau menghasilkan produk olahan pangan khas Kabupaten/Kota Bogor. Responden lain adalah konsumen akhir sebanyak 70 orang pada dua lokasi UKM terpilih. Penentuan responden dilakukan secara purposive. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara kepada responden, dipandu dengan kuesioner. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan regresi berganda dan analisis CSI (Customer Satisfaction Index). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan inovasi strategi pemasaran dari komponen process memiliki nilai rata-rata tertinggi sebesar 85,83 persen; 2) Omzet penjualan UKM dipengaruhi secara signifikan oleh variabel product dan price; 3) Tingkat kepuasan konsumen terhadap produk olahan pangan hasil inovasi strategi pemasaran pada dua UKM terpilih sama-sama berkategori puas; belum sangat puas

Full Text:

PDF

References


Kasali, R. 1998. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting dan Positioning. Jakarta (ID):

PT Gramedia.

Kotler, P. 1993. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian.

Jakarta (ID): Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Rangkuti, F. 2006. Measuring Customer Satisfaction: Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan

Kepuasan Pelanggan. Jakarta (ID): PT Gramedia Pustaka Utama.

Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor (ID):

Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License