Etnomatematika: Eksplorasi Geometri Transformasi melalui Kerajinan Ulap Doyo dan Badong Tencep Kutai Kartanegara

Nur Fathaillah Pajrin, Emi Pujiastuti, Sugiman Sugiman

Sari


Ulap Doyo dan Badong Tencep merupakan kerajinan yang dibuat dari tanaman doyo dan dituangkan dalam bentuk berbagai macam kerajinan khas kota tenggarong. Melalui kerajinan Ulap Doyo dan Badong Tencep, tenaga ajar lokal dapat menggunakan sebagai salah satu upaya untuk memfasilitasi tuntutan dimensi berkebhinekaan global pada kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan aspek budaya Ulap Doyo dan Badong Tencep dan dihubungkan dengan materi geometri transformasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik milik miles and huberman seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan melalui pembahasan yang dihubungkan dengan teori-teori pendukung sebagai cara keabsahan data, yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep geometri transformasi yang dapat dilihat melalui kerajinan Ulap Doyo dan Badong Tencep, seperti konsep translasi yang ditemukan pada motif perahu, tumpar, dan jemak. Untuk konsep refleksi ditemukan pada motif perahu, tumpar, lembuswana, dan jemak. salah satu bagian motif tumpar, konsep rotasi yang dilihat pada motif lembuswana, dan konsep dilatasi yang ditemukan pada motif jemak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.831

Bustan, A. W., Salmin, M., & Talib, T. (2022). TRANSFORMASI GEOMETRI PADA BATIK MALEFO. JUPITEK, 4(2), 87–94. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp87-94

Butar, R. B., Palinggi, Y., & Ningsih, K. E. (2023). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Usaha Ulap Doyo Pokant Takaq Di Tenggarong Dilihat Dari Aspek Finansial. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 22(2), 35–48. https://doi.org/10.53640/jemi.v22i2.1134

Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Di Antara Lima Pendekatan (1st ed.). PUSTAKA PELAJAR.

D’ambrosio, U. (2014). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. FLM Publishing Association, 5(1), 44–48.

Darhim, & Rasmedi, A. (2012). Geometri Transformasi (E. Purwanto, N. Hikmah, & B. Pratiwi (eds.); 1st ed.). Universitas Terbuka.

Doli, M., Sa’o, S., & Mei, A. (2018). Eksplorasi Matematika Simbol Geometri Pada Tenun Lawo Nggela Lio. Scientifica Coloqula, 1(1), 1–9. https://uniflor.ac.id/e-journal/index.php/jupika/article/view/249/432

Hasibuan, H. A., & Hasanah, R. U. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Ornamen Interior Balairung Istana Maimun Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1614–1622. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1371

Indriastuti, H. (2021). Ulap Doyo : Produk Regiosentris Kalimantan Timur (J. Peranginangin (ed.); 1st ed.). JP PUBLISHING Imprint Rizmar Berkarya Bersama.

Khasanah, B. A., & Fadila, A. (2018). Pengembangan LKPD Geometri Transformasi Dengan Motif Tapis Lampung. JURNAL E-DuMath, 4(2), 59–64. https://doi.org/10.26638/je.734.2064

Malalina, M., Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2020). Ethnomathematics of fish catching exploration in Musi River. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012007

Nugraha, Y. S. (2019). Ethnomathematical review of Toraja’s typical carving design in geometry transformation learning. Journal of Physics: Conference Series, 1280(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/4/042020

Prastika, C., Anwar, & Abidin, Z. (2021). Ethnomathematics exploration of the rattan handicrafts that can be applied in mathematics learning in secondary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012073

Rahman, S. A., Elsa, E., Fatimah, L., Hasanah, R. S., & Kosasih, U. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri Transformasi pada Bangunan Ikonik Kota Soreang. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 217-233. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.5221

Risky Indah Yuniara, H. P. (2020). Eksplorasi Kultural Matematis Pada Aktivitas Bertenun Adat Baduy. Jumlahku, 6(1), 66–77. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.948

Roza, Y., Siregar, S. N., & Solfitri, T. (2020). Ethnomathematics: Design mathematics learning at secondary schools by using the traditional game of Melayu Riau. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012051

Ruswana, A & Nailah, L N. (2023). PENGENALAN ETNOMATEMATIKA KEPADA ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN KELURAHAN KERTAHARJA. Journal of Community Service (JCOS), 1(2), 1-6.

Sugianto, A., Abdullah, W., Sumarlam, & Widodo, S. T. (2019). Reog Ponorogo art exploration as mathematics learning resources: An ethnomathematics study. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012095

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung (3rd ed.).

Sulistyowati, D., & Khotimah, R. P. (2022). An exploration of ethnomathematics at Sewu Temple in Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(2), 177–190.

Wijaya, R., Zakiah, N. E., & Sunaryo, Y. (2023). EKSPLORASI KONSEP-KONSEP BANGUN DATAR PADA BUDAYA KAMPUNG KUTA. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(2), 509-523.

Wulan, E. R., Inayah, A. M., Khusnah, L., & Rohmatin, U. (2021). Etnomatematika: Geometri Transformasi dalam Konteks Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 187–203.

Yulistiyani, D. R., Nuraida, I., & Zakiah, N. E. (2023). Pemanfaatan Etnomatematika Kerajinan Anyaman Pandan Rajapolah dalam Pembelajaran Matematika. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(2), 577-586.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.10360

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: