Etnomatematika: Eksplorasi Geometri Transformasi melalui Kerajinan Ulap Doyo dan Badong Tencep Kutai Kartanegara
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.831
Bustan, A. W., Salmin, M., & Talib, T. (2022). TRANSFORMASI GEOMETRI PADA BATIK MALEFO. JUPITEK, 4(2), 87–94. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp87-94
Butar, R. B., Palinggi, Y., & Ningsih, K. E. (2023). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Usaha Ulap Doyo Pokant Takaq Di Tenggarong Dilihat Dari Aspek Finansial. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 22(2), 35–48. https://doi.org/10.53640/jemi.v22i2.1134
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Di Antara Lima Pendekatan (1st ed.). PUSTAKA PELAJAR.
D’ambrosio, U. (2014). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. FLM Publishing Association, 5(1), 44–48.
Darhim, & Rasmedi, A. (2012). Geometri Transformasi (E. Purwanto, N. Hikmah, & B. Pratiwi (eds.); 1st ed.). Universitas Terbuka.
Doli, M., Sa’o, S., & Mei, A. (2018). Eksplorasi Matematika Simbol Geometri Pada Tenun Lawo Nggela Lio. Scientifica Coloqula, 1(1), 1–9. https://uniflor.ac.id/e-journal/index.php/jupika/article/view/249/432
Hasibuan, H. A., & Hasanah, R. U. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Ornamen Interior Balairung Istana Maimun Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1614–1622. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1371
Indriastuti, H. (2021). Ulap Doyo : Produk Regiosentris Kalimantan Timur (J. Peranginangin (ed.); 1st ed.). JP PUBLISHING Imprint Rizmar Berkarya Bersama.
Khasanah, B. A., & Fadila, A. (2018). Pengembangan LKPD Geometri Transformasi Dengan Motif Tapis Lampung. JURNAL E-DuMath, 4(2), 59–64. https://doi.org/10.26638/je.734.2064
Malalina, M., Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2020). Ethnomathematics of fish catching exploration in Musi River. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012007
Nugraha, Y. S. (2019). Ethnomathematical review of Toraja’s typical carving design in geometry transformation learning. Journal of Physics: Conference Series, 1280(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/4/042020
Prastika, C., Anwar, & Abidin, Z. (2021). Ethnomathematics exploration of the rattan handicrafts that can be applied in mathematics learning in secondary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012073
Rahman, S. A., Elsa, E., Fatimah, L., Hasanah, R. S., & Kosasih, U. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri Transformasi pada Bangunan Ikonik Kota Soreang. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 217-233. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.5221
Risky Indah Yuniara, H. P. (2020). Eksplorasi Kultural Matematis Pada Aktivitas Bertenun Adat Baduy. Jumlahku, 6(1), 66–77. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.948
Roza, Y., Siregar, S. N., & Solfitri, T. (2020). Ethnomathematics: Design mathematics learning at secondary schools by using the traditional game of Melayu Riau. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012051
Ruswana, A & Nailah, L N. (2023). PENGENALAN ETNOMATEMATIKA KEPADA ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN KELURAHAN KERTAHARJA. Journal of Community Service (JCOS), 1(2), 1-6.
Sugianto, A., Abdullah, W., Sumarlam, & Widodo, S. T. (2019). Reog Ponorogo art exploration as mathematics learning resources: An ethnomathematics study. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012095
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung (3rd ed.).
Sulistyowati, D., & Khotimah, R. P. (2022). An exploration of ethnomathematics at Sewu Temple in Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(2), 177–190.
Wijaya, R., Zakiah, N. E., & Sunaryo, Y. (2023). EKSPLORASI KONSEP-KONSEP BANGUN DATAR PADA BUDAYA KAMPUNG KUTA. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(2), 509-523.
Wulan, E. R., Inayah, A. M., Khusnah, L., & Rohmatin, U. (2021). Etnomatematika: Geometri Transformasi dalam Konteks Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 187–203.
Yulistiyani, D. R., Nuraida, I., & Zakiah, N. E. (2023). Pemanfaatan Etnomatematika Kerajinan Anyaman Pandan Rajapolah dalam Pembelajaran Matematika. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(2), 577-586.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.10360
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: