Analisis Resiliensi Matematis Siswa sebagai Self Assessment dalam Pembelajaran Matematika

Yanti Nurhayati, Khomsatun Ni'mah

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan resiliensi matematis siswa. Latar belakang dari penelitian ini adalah terdorongnya peneliti untuk mengetahui resiliensi matematis selain itu bahwa berdasarkan hasil pengamatan peneliti dalam keseharian belajar masih banyak siswa yang mudah menyerah, tidak tekun bahkan tidak percaya diri dalam memunculkan ide baru serta kurangnya rasa ingin tahu siswa dalam mengerjakan soal matematika apalagi dengan siswa laki-laki. Berdasarkan kajian literatur yang ditemukan oleh peneliti bahwa masalah-masalah yang dihadapi saat belajar salah satunya disebabkan oleh kemampuan resiliensi siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang. Analisis data yang digunakan adalah data hasil angket resiliensi matematis untuk kemudian dikategorikan berdasarkan tabel kategori resiliensi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil resiliensi matematis siswa pada tiap indikator kategori tinggi berada pada persentase 10% - 54%, pada tiap indikator pada kategori sedang berada pada persentase 38% - 56%, pada tiap indikator kategori rendah berada pada persentase 4% - 34%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, S. N., & Kusuma, A. B. (2021). Pentingnya Kemampuan Self-Efficacy Matematis serta Berpikir Kritis pada Pembelajaran Daring Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 313-320.

https://www.journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/2642/1770

Ainin, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matriks dan kaitannya dengan motivasi belajar matematika pada kelas xi. Euclid, 7(2), 137-147. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Euclid/article/view/3122

Alvira, L. D., Ahyaningsih, F., & Minarni, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Resiliensi Matematis Siswa SMP Gajah Mada Medan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2253-2269. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1621

Ansori, A., & Hindriyanto, Y. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Resiliensi Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 253-262.

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5582/3141

Anzika, F. D. Analisis Pengaruh Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Penalaran Analogi Matematik SIswa (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/59348/1/11160170000 041_FAKHRANA%20DINI%20ANZIKA.pdf

Asih, K. S., Isnarto, I., Sukestiyarno, S., & Wardono, W. (2019, February). Resiliensi matematis pada pembelajaran discovery learning dalam upaya meningkatkan komunikasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 862-868). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29281/12915

Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian Pustaka: Resiliensi dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104-110. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/2061/1366.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129-136. https://www.e journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/553/563

Fatimah, A. E., Purba, A., & Siregar, Y. A. (2020). Hubungan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada mata kuliah Matematika dasar. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 151-157.

Faturohman, I., Iswara, E., & Gozali, S. M. (2022). Self-Confidence Matematika Siswa dalam Penerapan Pembelajaran Online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 85-94. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv11n1_8/1025

Habibah, S. U., Fathani, A. H., & Nursit, I. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa yang memiliki kegemaran bidang seni kaligrafi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 1. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi.KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–28. https://kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/kmk/article/view/50

Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2020). Pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2601/1873

Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2017). Kecemasan matematika siswa SMA berdasarkan gender. Journal of Medives, 1(2), 92-99.

https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/485/776

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819-826.

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1630/274#

Meisella, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self Efficacy Siswa Sma Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas). http://repository.unpas.ac.id/37182/4/BAB%20I%20%281-10%29.pdf

Muhtarom, M., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2017). Pengembangan angket keyakinan terhadap pemecahan masalah dan pembelajaran matematika. JIPMat, 2(1). https://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1481/1242

Nufus, Z. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa MTsN (Doctoral dissertation, UIN Ar-raniry). https://repository.ar-

Nurmala, L. M., Zakiah, N. E., & Ruswana, A. M. (2023). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Resiliensi Matematis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 174-182.

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187-202. https://jurnal.unigal.ac.id/teorema/article/view/3619/3384

Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh konsep diri dan percaya diri terhadap kemampuan kemampuan berpikir kritis matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 73- 84. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5173/2854

Rosa, V., Halini, H., & Hamdani, H. (2021). Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Resiliensi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Alpha Euclid Edu, 2(1), 101-112.

http://dx.doi.org/10.26418/ja.v2i1.48050

Safitri, W. D., Susanto, H. P., & Mulyadi, M. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Resiliensi Matematis Siswa. Jurnal Edumatic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 31-43.

ejournal.stkippacitan.ac.i

Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial kelas VII. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 59-66. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/AYU/349

Sari, R. A., & Untarti, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Education Journal, 3(1), 30-39. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jm.v3i1.2577

Shindy, S., & Nurfitriyanti, M. (2020). Pengaruh Communication Skill dan Character Building terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4709/712

Sritresna, T. (2017). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa melalui model pembelajaran cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 419- 430. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv6n3_11/334

Sugandi, A. I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Resiliensi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Generatif. In Jurnal Perspektif Pendidikan(Vol. 11, Nomor 2, hal. 67–77). https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/393

Suparni, E., Nurfitriyanti, M., & Eva, L. M. (2021). Pengaruh Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 157-166. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/9179/Pengaruh%20Resiliensi%2 0Matematis%20terhadap%20Kemampuan%20Komunikasi%20Matematis.

Wulandari, A. (2022). Pengembangan Kemandirian Belajar Fisika Dengan Pendekatan Socioscientific Issue: A Socioscientific Issue Approach To The Development Of Independent Physics Learning. Jurnal Jaringan Penelitian Pengembangan Penerapan Inovasi Pendidikan (Jarlitbang), 191-200.

Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi resiliensi matematis terhadap kemampuan akademik mahasiswa pada mata kuliah statistika matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85-94. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv7n1_9/348




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.10866

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: