Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Konseptual Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) Siswa SMA
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aini, K. N. (2017). Proses Berpikir Mahasiswa Laki-laki dan Perempuan Dengan Gaya Kognitif Field Independent Dalam Memecahkan Masalah. Inspiramatika, 3(1), 16–23. http://e- jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/166
Aminah, N., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2020). Integrasi Teknologi Dalam Pengajaran Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 87–100. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.122
Armin, R., & Iriana, A. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Pengoperasian Perkalian Bersusun Di Kelas IV SD Negeri 2 Baubau Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 4(2), 156–161. https://osf.io/46g5f/
Arni, N. C. (2019). Profil Berpikir Metaforis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 7(2), 85–96. https://doi.org/10.25139/smj.v7i2.1520
Asmah, N. F., & Rahaju, E. B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Program Linear Siswa Sma Bergaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3), 720–731.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fajari, A. F. N., Kusmayadi, T. A., & Iswahyudi, G. (2017). Profil Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent- Independent Dan Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(6), 639–648. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3535
Febrianti, T., Zakiah, N. E., & Ruswana, A. M. (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 420-427.
Ferdianto, F., Leonardus Sukestiyarno, Y., & Junaedi, I. (2022). Mathematical Thinking Process On Numeracy Literacy Problems For Middle School Students. Journal of Positive School Psychology, 6(8), 6909–6923. https://journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/11007
Haryanti, S. (2023). Gaya Belajar Kognitif & Struktur Berpikir (Defragmentasi) pada Matematika. In Media Sains
Tiyana Sutyani, Neneng Aminah, Ferry Ferdianto & Yulia Citra •321
Indonesia. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2768
Hayati, L. S., Zamnah, L. N., & Zakiah, N. E. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kecerdasan Logis Siswa SMP. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 358-365.
Hendriana, H., Johanto, T., & Sumaro, U. (2018). The Role of Problem_based Learning to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self Confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291-200.
Irwansyah, Sukarma, I. ketut, & Yulianti, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Matematika Model Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada. Jurnal Ilmiah Mandalika Education, 01(02), 52–63.
Khoiriyah, N. (2013). Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Prosiding Seminar Nasional.
Lestari, S. D., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–128. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i2.1937
Liliana, I., Dewi, K., Zaenuri, Z., & Dwijanto, D. (2022). Learning Styles and Cognitive Styles of Prospective Mathematics Teachers in Matrix Algebra Courses. International Conference on Science, Education and Technology (ISET), 8(1), 86–91.
Mairing, J. P. (2017). Kemampuan siswa SMA dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 15–26.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano%0AProfil
Pradiarti, R. A., & Subanji, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 379–390. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1506
Pratiwi, D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.
Prawita, B. N., Amrullah, Salsabila, N. H., & Hayati, L. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Siswa SMP-IT Yarsi Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 335–343. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.180
Putri, S., Husna, A., & Agustyaningrum, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1548–1561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.506
Rahmatika, Krairiani, & Akmal, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 10–19.
Rakhmawati, U. (2019). Analisis Pengetahuan Prosedural Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Pada Siswa SMP. Jurnal Ekuivalen, 38(1), 48–53.
Rohmani, D., Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90–102. https://doi.org/10.26737/var.v3i2.2401
Ruswana, A. M. (2017). Penerapan Pembelajaran Peer Instruction with Stuctured Inquiry (PISI) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal THOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1).
Sah, R. W. A., Laila, A. R. N., Setyawati, A., Darmayanti, R., & Nurmalitasari, D. (2023). Misconception Analysis of Minimum Competency Assessment (AKM) Numeration of High School Students from Field Dependent Cognitive Style. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(1), 58–69. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14112
Saputri, M. A. A. (2020). Pemahaman Konsepntual dan Prosedural Siswa Kelas XI DPIB 1 SMK Sore Tulungagung dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Kognitif Tahun Ajaran 2019/2020.
Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X Sma N 1 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100. https://doi.org/10.33087/phi.v2i2.37
Simatupang, N. J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Strategi Problem Based Learning di SMK
Negeri 1 Bungo. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 160–166.
S
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.11582
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: