Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Konseptual Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) Siswa SMA

Tiana Sutyani, Neneng Aminah, Ferry Ferdianto, Yulia Citra

Sari


ABSTRAKPentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis kontekstual siswa tidak sesuai dengan fakta yang ada. Realita di lapangan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kontekstual bervariasi dan banyak yang masih rendah. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor psikologis siswa yang berkaitan dengan perbedaan dalam menerima dan memproses informasi dalam memecahkan masalah yang disebut gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis kontekstual siswa SMA ditinjau dari gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah kelas X berjumlah 6 yang dipilih dengan metode purposive sampling. Proses pemecahan masalah siswa diperoleh dengan instrumen TKPMMK dan wawancara yang telah divalidasi, sedangkan klasifikasi tipe Gaya kognitif FI dan FD siswa ditentukan dengan tes standar GEFT. Persentase jumlah gaya kognitif siswa FD pada kelas penelitian adalah 55,88% sedangkan FI sebesar 44,12%. Selain itu, hasil penelitian FI-K dan FI-S memiliki kemampuan yang baik dalam memecahkan masalah kontekstual, Kemampuan pemecahan masalah matematis kontekstual FI-L dan FD-K tergolong cukup, sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematis kontekstual FD-S dan FD-L tergolong kurang. Dengan kata lain siswa dengan gaya kognitif field independent memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis kontekstual baik dan cukup, sedangkan siswa bergaya kognitif field dependent memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis kontekstual cukup dan kurang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, K. N. (2017). Proses Berpikir Mahasiswa Laki-laki dan Perempuan Dengan Gaya Kognitif Field Independent Dalam Memecahkan Masalah. Inspiramatika, 3(1), 16–23. http://e- jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/166

Aminah, N., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2020). Integrasi Teknologi Dalam Pengajaran Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 87–100. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.122

Armin, R., & Iriana, A. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Pengoperasian Perkalian Bersusun Di Kelas IV SD Negeri 2 Baubau Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 4(2), 156–161. https://osf.io/46g5f/

Arni, N. C. (2019). Profil Berpikir Metaforis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 7(2), 85–96. https://doi.org/10.25139/smj.v7i2.1520

Asmah, N. F., & Rahaju, E. B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Program Linear Siswa Sma Bergaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3), 720–731.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fajari, A. F. N., Kusmayadi, T. A., & Iswahyudi, G. (2017). Profil Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent- Independent Dan Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(6), 639–648. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3535

Febrianti, T., Zakiah, N. E., & Ruswana, A. M. (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 420-427.

Ferdianto, F., Leonardus Sukestiyarno, Y., & Junaedi, I. (2022). Mathematical Thinking Process On Numeracy Literacy Problems For Middle School Students. Journal of Positive School Psychology, 6(8), 6909–6923. https://journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/11007

Haryanti, S. (2023). Gaya Belajar Kognitif & Struktur Berpikir (Defragmentasi) pada Matematika. In Media Sains

Tiyana Sutyani, Neneng Aminah, Ferry Ferdianto & Yulia Citra •321

Indonesia. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2768

Hayati, L. S., Zamnah, L. N., & Zakiah, N. E. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kecerdasan Logis Siswa SMP. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 358-365.

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumaro, U. (2018). The Role of Problem_based Learning to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self Confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291-200.

Irwansyah, Sukarma, I. ketut, & Yulianti, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Matematika Model Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada. Jurnal Ilmiah Mandalika Education, 01(02), 52–63.

Khoiriyah, N. (2013). Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Prosiding Seminar Nasional.

Lestari, S. D., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–128. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i2.1937

Liliana, I., Dewi, K., Zaenuri, Z., & Dwijanto, D. (2022). Learning Styles and Cognitive Styles of Prospective Mathematics Teachers in Matrix Algebra Courses. International Conference on Science, Education and Technology (ISET), 8(1), 86–91.

Mairing, J. P. (2017). Kemampuan siswa SMA dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 15–26.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano%0AProfil

Pradiarti, R. A., & Subanji, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 379–390. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1506

Pratiwi, D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.

Prawita, B. N., Amrullah, Salsabila, N. H., & Hayati, L. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Siswa SMP-IT Yarsi Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 335–343. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.180

Putri, S., Husna, A., & Agustyaningrum, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1548–1561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.506

Rahmatika, Krairiani, & Akmal, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 10–19.

Rakhmawati, U. (2019). Analisis Pengetahuan Prosedural Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Pada Siswa SMP. Jurnal Ekuivalen, 38(1), 48–53.

Rohmani, D., Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90–102. https://doi.org/10.26737/var.v3i2.2401

Ruswana, A. M. (2017). Penerapan Pembelajaran Peer Instruction with Stuctured Inquiry (PISI) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal THOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1).

Sah, R. W. A., Laila, A. R. N., Setyawati, A., Darmayanti, R., & Nurmalitasari, D. (2023). Misconception Analysis of Minimum Competency Assessment (AKM) Numeration of High School Students from Field Dependent Cognitive Style. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(1), 58–69. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14112

Saputri, M. A. A. (2020). Pemahaman Konsepntual dan Prosedural Siswa Kelas XI DPIB 1 SMK Sore Tulungagung dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Kognitif Tahun Ajaran 2019/2020.

Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X Sma N 1 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100. https://doi.org/10.33087/phi.v2i2.37

Simatupang, N. J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Strategi Problem Based Learning di SMK

Negeri 1 Bungo. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 160–166.

S




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.11582

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: