Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Proyek untuk Membentuk Kreativitas Motorik Matematik Siswa SMP pada Pokok Bahasan Transformasi Geometri

Mita Mita, Budi Manfaat, Nurma Izzati

Sari


Penelitian ini bertujuan 1) untuk menghasilkan sebuah perangkat instrumen penilaian berbasis proyek yang dapat membentuk kreativitas motorik siswa berupa Lembar Tugas Proyek pada materi transformasi geometri yang valid dan reliabel, serta 2) untuk mengetahui tingkat efektivitas siswa setelah menggunakan instrumen yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Subjek uji coba dari penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VIII E SMPN 1 Gempol dengan jumlah 32 siswa. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu 1) berdasarkan penilaian oleh validator ahli terhadap instrumen yang dikembangkan diperoleh rata-rata total validitas instrumen sebesar 3,81 termasuk kategori sangat valid, sedangkan hasil estimasi reliabilitas memperoleh nilai rata-rata Intraclass Correlation Coefficients (ICC) sebesar 0,711 yang termasuk kategori tinggi, serta 2) hasil perolehan skala menunjukkan bahwa siswa merespon positif terhadap semua indikatornya dan memperoleh rata-rata 78,12% yang termasuk ke dalam kriteria baik. Dalam hal ini, siswa merasa mempunyai kemampuan berkreasi yang lebih tinggi dan merasa bertanggung jawab atas tugasnya sehingga menjadi lebih aktif untuk melakukan berbagai kegiatan yang mengharuskan untuk menggerakkan anggota tubuhnya. Dengan demikian, dapat dikatakan instrumen penilaian berbasis proyek yang dikembangkan ini efektif untuk membentuk kreativitas motorik siswa pada pelajaran matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrida, Fuldiatman, & epinur. (2016). Pengembangan instrumen penilaian psikomotorik berbasis proyek pada materi hukum hess kimia dasar di program unggul pendidikan kimia unja. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 4-12.

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765

Amam, A., & Lismayanti, L. (2020). Perangkat Project-Based Learning berbantuan ICT : Optimalisasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecemasan Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 351–362.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, I., & Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Cicchetti, D. V. (1994). Guidelines, criteria, and rules of thumb for evaluating normed and standardized assessment instrument in psychology. Psychology Assessment, 284-290.

Diawati, C., Liliasari, Setiabudi, A., & Buchari. (2017). Pengembangan dan Validasi Asesmen Kinerja dalam Proyek Modifikasi Alat Praktikum Kimia Instrumen. Chemistry in Education, 70-75.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2011). Evaluasi hasil belajar pada tingkat satuan pendidikan. Surabaya: Unesa Unversity Press.

Samsudin. (2008). Pembelajaran motorik di taman kanak-kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Wahyuni, S. (2023). Analisis kesulitan siswa pada mata pelajaran transformasi geometri dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa. Journal Mathematics Education Sigma, 55-62.

Wardah, F. (2018). Skripsi: "Pengembangan Instrumen Authentic Assesment Berupa Penilaian Proyek Untuk Mengukur Kompetensi Keterampilan Siswa". Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Widoyoko, E. P. (2017). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaini, H. (2002). Desain pembelajaran perguruan tinggi. Yogyakarta: CTDS Sunan Kalijaga.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.12111

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: