Analisis Kemampuan Pemahaman Sejarah Trigonometri Terhadap Siswa SMP

Yulyanti Harisman, Aisyah Alya

Sari


Sejarah trigonometri sangat penting bagi siswa untuk mempelajari materi trigonometri. Salah satu cabnag matematika yaitu trigonometri. Trigonometri berasal dari bahasa Yunani berarti trigonon yang artinya tiga sudut dan metro artinya “mengukur,” yang membahas sudut segitiga dan fungsi trigonometri. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman siswa SMP. Studi kasus ini adalah penelitian kualitatif yang melibatkan lima siswa SMP. Instrumen dalam penelitian ini adalah 1) rasa ingin tahu penulis mengenai sejarah trigonometri 2) pengisian kuisioner mengenai kemampuan pemahaman siswa SMP terkait sejarah trigonometri. Penelitian ini menggunakan teknik meta review. Hasil dari penelitian ini memberikan pemahaman siswa  SMP terkait sejarah trigonometri Yunani. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438

Andriyanto, & Bella, C. (2021). Peran Ilmu Matematika dalam Sejarah. Duniailmu.Org, 1(3), 1–11.

Argaswari, D. P. A. D. (2018). Integrasi Sejarah Matematika untuk Meningkatkan Atensi Siswa. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 59. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.950

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer. 3(1), 1–9.

Danoebroto, S. W. (2020). Kaitan antara Etnomatematika dan Matematika Sekolah: Sebuah Kajian Konseptual. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(1), 37–48. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v7i1.171

Dhani, M. I., & Rahayu, W. (2023). Literatur Review : Contextual Teaching and Learning ( CTL ) dalam Pembelajaran Matematika. 10(2), 118–135.

Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126

Fajar, D. M., & Tinggi, B. P. (2020). Bunga Rampai Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Sains dan Islam (D. M. Fajar (ed.)).

Fatimah, S. Eva, N. dkk. (2021). Flow sebagai Prediktor Keterlibatan Akademik pada Mahasiswa. Buku Abstrak Seminar Nasional, April, Systematic Review dan Meta-Analysis. In Seminar Na.

Firmansyah, M., & Artikel, I. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. 3(2).

Hakim, A. R. & M. F. (2023). Sejarah Matematika: Perkembangan Bilangan Matematika Empiris. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 80, 471–478.

Hasan, N. S. (2020). Al Battani dan Kontribusinya dalam Bidang Matematika. 11190210000120.

Herlina, T. (2022). Pendekatan Ontologis, Epistimologis, Dan Aksiologi Sebagai Filsafat Ilmu Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Dunia Ilmu, 2(1), 1–9. http://duniailmu.org/index.php/repo/article/view/65

Ii. (2013). Pengembangan Buku Elektronik Trigonometri dengan Mengintegrasikan Penalaran Matematis, Teknologi, Sejarah, dan Aplikasi Trigonometri. 6–13.

Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 356–360.

Kamalia, F. F., Islam, U., & Agung, S. (2020). Analisis Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. 3(1), 28–35.

Kholili, A., Shoffa, S., & Soemantri, S. (2021). Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Sis




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13159

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: