Pengembangan Media Tiga Dimensi (3D) Bangun Ruang Pada Materi Dimensi Tiga
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anawati, S., & Isnaningrum, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Media Pembelajaran Manipulatif Konsep Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan matematika, 1(1), 391–400.
Aprilia, H., & Putri, L. I. (2020). Penggunaan Media Diorama: Solusi Pembelajaran Matematika Materi Skala Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Jenjang Dasar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 143. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3402
Astutik, D., & Qohar, A. (2021). Development of Pool Garden Learning Media on the Topic of the Derivative of Polynomial Functions for Class XI Students. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042054
Budi, B. S., & Qohar, A. (2021). Pengembangan Media Putaran Peluang pada Materi Peluang Kelas VIII. Briliant : Jurnal Riset dan Konseptual, 6(3), 505–512. https://doi.org/10.28926/briliant .v6i3.639
Căprioară, D. (2015). Problem Solving - Purpose And Means Of Learning Mathematics In School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1859 – 1864. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.332
Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 106–113.
Lahdenperä, J., Rämö, J., & Postareff, L. (2022). Student-centred learning environments supporting undergraduate mathematics students to apply regulated learning: A mixed-methods approach. Journal of Mathematical Behavior, 66. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2022.100949
Leha.Mc, Y., Marsitin, R., & Fayeldi, T. (2019). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Media Manipulatif Dalam Pembelajaran Matematika. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3), 84–91. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3557
Mares, M. L., & Kretz, V. (2015). Media Effects on Children. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second Edi, Vol. 14). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.95006-2
Martin, A. S. (2022). Contributions of The Learning Through Activity Theoretical Framework to Understanding and Using Manipulatives in the Learning and Teaching of Mathematical Concepts. The Journal of Mathematical Behavior, 66. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2022.100945
Muchtadi, M., Haryadi, R., & Sapitri, M. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Anime Menggunakan Model Kooperatif Learning Pada Materi Lingkaran. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(1), 19. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8203
Muhsetyo, G. (2010). Pembelajaran Matematika. Universitas Terbuka.
Mutia. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83–102. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.107.
Ningtyas, Y. D. W. K. (2019). Media Pembelajaran Matematika Dilengkapi Contoh Alat Peraga Manipulatif untuk tingkat SMP dan SMA. Mahameru Press.
Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., Claudia Maharani, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Ompusunggu, V. D. K. (2022). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Smpnegeri 1 Paranginan. Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum (PSSH), 1(18), 4–5.
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education, 3(2), 207–215.
Putri, A. K., & Hidayati, K. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 97–106. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.14
Rabbani, M. I., Jihad, A., & Juariah. (2022). Urgensi Media Pembelajaran terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah. Gunung Djati Conference Series, 12, 50–54.
Sari, D. P., & Karma, I. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Manipulatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SDN 3 Gunungsari Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 19–24.
Setiyowati, N., Kurniadi, E., Suganda, V. A., & Harini, B. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii Pada Materi Koordinat Kartesius Dengan Pembelajaran Pemodelan Matematika Berbatuan Komik Pembelajaran. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(1), 53. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.6801
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.5964
Subanji. (2013). Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. UM Press.
Supartini, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 10(2), 277–293.
Ulyani, O., & Qohar, A. (2021). Development of Manipulative Media to Improve Students’ Motivation and Learning Outcomes on The Trigonometry Topic. AIP Conference Proceedings, 1–6. https://doi.org/10.1063/5.0043142
Ummah, S. K., & Azmi, R. D. (2020). Konstruksi Konsep Matematika Melalui Pembuatan Media Manipulatif Terintegrasi Teknologi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 43. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2653
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13169
Refbacks
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: