Pengembangan Media Tiga Dimensi (3D) Bangun Ruang Pada Materi Dimensi Tiga

Sri Indah Dwirahmasari Yudha

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tiga dimensi (3D) bangun ruang pada materi dimensi tiga. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan langkah-langkah model Borg dan Gall. Teknik pengumpulan dan analisis data dengan uji coba skala kecil melalui peerteaching. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari analisis produk yang dikembangkan, validasi produk, dan uji coba produk. Hasil validasi menunjukkan bahwa media sangat valid dengan skor sebesar . Sedangkan hasil uji kepraktisan menunjukkan respon siswa sangat baik yaitu sebesar . Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa media dapat menunjang kegiatan belajar siswa dan memotivasi siswa untuk mempelajari materi. Penggunaan media pembelajaran ini sangat disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika materi dimensi tiga.Kata kunci:  media pengembangan, tiga dimensi bangun ruang, dimensi tiga

Referensi


Anawati, S., & Isnaningrum, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Media Pembelajaran Manipulatif Konsep Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan matematika, 1(1), 391–400.

Astutik, D., & Qohar, A. (2021). Development of Pool Garden Learning Media on the Topic of the Derivative of Polynomial Functions for Class XI Students. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042054

Budi, B. S., & Qohar, A. (2021). Pengembangan Media Putaran Peluang pada Materi Peluang Kelas VIII. Briliant : Jurnal Riset dan Konseptual, 6(3), 505–512. https://doi.org/10.28926/briliant .v6i3.639

Căprioară, D. (2015). Problem Solving - Purpose And Means Of Learning Mathematics In School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1859 – 1864. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.332

Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 106–113.

Karmiani, S. (2018). Penggunaan Media Komik Berbahasa Inggris Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Teluk Kuantan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6). https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6514

Lahdenperä, J., Rämö, J., & Postareff, L. (2022). Student-centred learning environments supporting undergraduate mathematics students to apply regulated learning: A mixed-methods approach. Journal of Mathematical Behavior, 66. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2022.100949

Mares, M. L., & Kretz, V. (2015). Media Effects on Children. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second Edi, Vol. 14). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.95006-2

Martin, A. S. (2022). Contributions of The Learning Through Activity Theoretical Framework to Understanding and Using Manipulatives in the Learning and Teaching of Mathematical Concepts. The Journal of Mathematical Behavior, 66. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2022.100945

Muhsetyo, G. (2010). Pembelajaran Matematika. Universitas Terbuka.

Mutia. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83–102. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.107.

Ningtyas, Y. D. W. K. (2019). Media Pembelajaran Matematika Dilengkapi Contoh Alat Peraga Manipulatif untuk tingkat SMP dan SMA. Mahameru Press.

Sari, D. P., & Karma, I. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Manipulatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SDN 3 Gunungsari Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 19–24.

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.5964

Subanji. (2013). Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. UM Press.

Ulyani, O., & Qohar, A. (2021). Development of Manipulative Media to Improve Students’ Motivation and Learning Outcomes on The Trigonometry Topic. AIP Conference Proceedings, 1–6. https://doi.org/10.1063/5.0043142

Ummah, S. K., & Azmi, R. D. (2020). Konstruksi Konsep Matematika Melalui Pembuatan Media Manipulatif Terintegrasi Teknologi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 43. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2653




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13169

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: