Pengembangan Media Tiga Dimensi (3D) Bangun Ruang Pada Materi Dimensi Tiga

Sri Indah Dwirahmasari Yudha, Abd - Qohar

Sari


Studi ini merupakan penelitian pengembangan. Studi ini mempunyai tujuan sebagai pengembangan media pembelajaran tiga dimensi (3D) bangun ruang pada materi dimensi tiga. Penelitian yang dikembangkan menggunakan langkah-langkah model Borg dan Gall. Instrumen yang digunakan dalam studi ini meliputi media pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Lembar validasi media, dan angket siswa. Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini dengan uji coba skala kecil melalui peerteaching. Prosedur dalam studi ini meliputi analisis produk yang dikembangkan, validasi produk, dan uji coba produk. Hasil validasi menunjukkan bahwa media sangat valid dengan skor sebesar 87,5%. Sedangkan hasil uji kepraktisan menunjukkan respon siswa sangat baik yaitu sebesar 87,4%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa media dapat menunjang kegiatan belajar siswa dan memotivasi siswa untuk mempelajari materi. Penggunaan media pembelajaran ini sangat disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika materi dimensi tiga. Kata kunci:  media pengembangan, tiga dimensi bangun ruang, dimensi tiga       

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anawati, S., & Isnaningrum, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Media Pembelajaran Manipulatif Konsep Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan matematika, 1(1), 391–400.

Aprilia, H., & Putri, L. I. (2020). Penggunaan Media Diorama: Solusi Pembelajaran Matematika Materi Skala Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Jenjang Dasar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 143. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3402

Astutik, D., & Qohar, A. (2021). Development of Pool Garden Learning Media on the Topic of the Derivative of Polynomial Functions for Class XI Students. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042054

Budi, B. S., & Qohar, A. (2021). Pengembangan Media Putaran Peluang pada Materi Peluang Kelas VIII. Briliant : Jurnal Riset dan Konseptual, 6(3), 505–512. https://doi.org/10.28926/briliant .v6i3.639

Căprioară, D. (2015). Problem Solving - Purpose And Means Of Learning Mathematics In School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1859 – 1864. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.332

Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 106–113.

Lahdenperä, J., Rämö, J., & Postareff, L. (2022). Student-centred learning environments supporting undergraduate mathematics students to apply regulated learning: A mixed-methods approach. Journal of Mathematical Behavior, 66. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2022.100949

Leha.Mc, Y., Marsitin, R., & Fayeldi, T. (2019). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Media Manipulatif Dalam Pembelajaran Matematika. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3), 84–91. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3557

Mares, M. L., & Kretz, V. (2015). Media Effects on Children. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second Edi, Vol. 14). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.95006-2

Martin, A. S. (2022). Contributions of The Learning Through Activity Theoretical Framework to Understanding and Using Manipulatives in the Learning and Teaching of Mathematical Concepts. The Journal of Mathematical Behavior, 66. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2022.100945

Muchtadi, M., Haryadi, R., & Sapitri, M. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Anime Menggunakan Model Kooperatif Learning Pada Materi Lingkaran. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(1), 19. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8203

Muhsetyo, G. (2010). Pembelajaran Matematika. Universitas Terbuka.

Mutia. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83–102. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.107.

Ningtyas, Y. D. W. K. (2019). Media Pembelajaran Matematika Dilengkapi Contoh Alat Peraga Manipulatif untuk tingkat SMP dan SMA. Mahameru Press.

Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., Claudia Maharani, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Ompusunggu, V. D. K. (2022). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Smpnegeri 1 Paranginan. Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum (PSSH), 1(18), 4–5.

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education, 3(2), 207–215.

Putri, A. K., & Hidayati, K. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 97–106. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.14

Rabbani, M. I., Jihad, A., & Juariah. (2022). Urgensi Media Pembelajaran terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah. Gunung Djati Conference Series, 12, 50–54.

Sari, D. P., & Karma, I. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Manipulatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SDN 3 Gunungsari Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 19–24.

Setiyowati, N., Kurniadi, E., Suganda, V. A., & Harini, B. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii Pada Materi Koordinat Kartesius Dengan Pembelajaran Pemodelan Matematika Berbatuan Komik Pembelajaran. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(1), 53. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.6801

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.5964

Subanji. (2013). Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. UM Press.

Supartini, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 10(2), 277–293.

Ulyani, O., & Qohar, A. (2021). Development of Manipulative Media to Improve Students’ Motivation and Learning Outcomes on The Trigonometry Topic. AIP Conference Proceedings, 1–6. https://doi.org/10.1063/5.0043142

Ummah, S. K., & Azmi, R. D. (2020). Konstruksi Konsep Matematika Melalui Pembuatan Media Manipulatif Terintegrasi Teknologi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 43. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2653




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13169

Refbacks



##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: