E-LKPD Matematika Berbasis React: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Heni Kusmayanti, Budi Murtiyasa

Sari


Kurangnya perangkat pembelajaran yang mampu memikat  serta  mempermudah peserta didik mengakses pendidikan pada masa perkembangan teknologi ini mengakibatkan rendahnya kecakapan peserta didik dalam menyelesaikan masalah soal non rutin. Sehingga perlu dikembangkannya lembar kerja peserta didik yang berwujud elektronik atau E-LKPD berorientasi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) untuk menghadapi hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengembangakan serta menguji keefektifan E-LKPD berorientasi REACT sehingga bisa menumbuhkan kecakapan peserta didik menyelesaikan masalah soal non rutin. Penelitian dan pengembangan ini mempergunakan acuan pengembangan ADDIE dengan langkah analysis (menganalisis), design (mendesain), development (mengembangkan), implementation (mengimplementasikan), evaluation (mengevaluasi). Penelian ini dilakukankan bulan November sampai dengan bulan Desember 2023 dengan melibatkan kelas VIII D di SMP Negeri 3 Mojosongo. Perangkat penelitian pengembangan ini meliputi lembar validasi ahli (ahli materi dan media), kuesioner tanggapan peserta didik juga guru, dan tes kecakapan pemecahan masalah siswa. Analisis data yang diperlukan peneliti menggunakan kombinasi angka dan uraian kalimat (statistics descriptive).  Hasil yang didapat setelah analisis data adalah E-LKPD berorientasi REACT yang mengacu pada kurikulum, kebutuhan peserta didik, dan sumber bahan ajar sehingga E-LKPD berbasis REACT terbukti valid sesuai dengan tahapan pengembangan ADDIE. Dari hasil analisis data diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,000  <  0,05 sehingga  H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, penerapan E-LKPD berorientasi REACT berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Referensi


Achsin, M. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah pada PBL Pendekatan Kontekstual dalam Tinjauan Inventori Kesadaran Metakognitif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 150, 696–704.

Aditia, M. T., & Muspiroh, N. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat Dan Islam (Salingtemasis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X Di Sma Nu (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Scientiae Educatia, 2(2), 1–20. Diakses dari

https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/478

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. JPD:Jurnal Pendidikan Dasar, 67–69.

Arifin, A. T., Kartono, & Sutarto, H. (2014). Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Jurnal Kreano, 5(1), 91–98.

Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Seminar NasionalPascasarjana UNNES, 1(1), 297–303. https://doi.org/10.22219/mej.v1i1.4550

Branch, R. M. B. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Darmawan, M. A., & Yuwaningsih, D. A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Matematika Berbasis Problem Solving Pokok Bahasan Pola Bilangan. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(4), 343–359. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i4.pp343-359

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n1.p%25p

Fatmala, K., Churiyah, M., & Nora, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating Dan Transferring). Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Mananjemen, 2(1), 27–40.

https://doi.org/10.20527/bipf.v3i2.753

Hardayanti, R., Nurhayati, & Suhendi, D. (2019). The Development Of Learner’s Work Sheet (LKPD) In Understanding The Folklore Text Based Onouth Sumatera Local Wisdom. International Conference on Literature, 947–961. https://doi.org/10.24815/.v1i1.14867

Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473–1483.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skills Matematika Siswa.

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal Cendekia, 1(2), 51–63.

Husna, N. H., Marzal, J., & Yantoro. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2022. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4914

Intani, T. R., & Hartono. (2015). Pengembangan LKS berbasis REACT untuk meningkatkan kemampuan memacahkan masalah siswa kelas VII SMP. Unnes Physics Education Journal, 4(2), 7–14.

Junitasari, Roza, Y., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Core untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 744–758.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.415

Meryansumayeka, Virgiawan, M. D., & Marlini, S. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Matematika. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 29–42.

Munika, R. D., Marsitin, R., & Sesanti, N. R. (2021). E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Disertai Kuis Interaktif Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 201–214. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.2.201-214

Nengsih, S., Septia, T., & Febriana, R. (2017). Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis penemuan terbimbing pada materi peluang untuk siswa kelas XI IPA. Jurnal Mosharafa, 6(2), 299–304.

Nurfatanah, Rusmono, & Nurjanah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Daerah. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 7(1), 546–551. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3135

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Rahmadani, H., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Teknologi Informasi di SMA IT Al Bayyinah Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 91–98. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.5230

Rini, A. P., Sutiarso, S., & Dahlan, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ATM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Beliefs Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(11), 1–12.

Sabaruddin. (2019). Penggunaan Model Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik Pada Materi Gravitasi Newton. Lantanida Journal, 7(1), 25–37.

https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.3795

Sariani, L. D., & Suarjana, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Melalui E-LKPD Interaktif Muatan Matematika Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 164–173. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46561

Sinatra, Y. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Pokok Bahasan Energi dan Perubahannya. Jurnal Teknik, 2(1), 5–20. Diakses dari

https://jurnal.stt.web.id/index.php/Teknik/article/view/21

Subiyakto, A., Rufiana, I. S., & Nurhidayah, D. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS)

Berbantuan Teknik Scaffolding. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 7–17.

https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.5673

Sujarweni, W. (2012). SPSS untuk Paramedi. Gava Media.

Sulistyaningsih, D., & Prihaswati, M. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi REACT terhadap kemampuan koneksi matematik. The 2nd University Research Coloquium 2015, 90–95.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Taidi, Z., Kapahang, A., & Mamuaja, M. N. (2019). Efektivitas Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di Kelas XI SMA Negeri 2 Langowan. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 1(2), 35–39. https://doi.org/10.37033/ojce.v1i2.84

Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1–9. Diakses dari https://osf.io/zd8n7/download

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 12–25. Diakses dari

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Trust, T., & Peksan, E. (2018). Using the ADDIE Model and Universal Design for Learning Principles to Develop an Open Online Course for Teacher Professional Development. Digital Learning in Teaching Education, 8(34), 219–233. https://doi.org/10.1080/21532974.2018.1494521

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132–141. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176

Yuliani, E. N., Arnawa, I. M., Musdi, E., & Hidayat, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 407–418.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4340

Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13664

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: