E-LKPD Matematika Berbasis React: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Heni Kusmayanti, Budi Murtiyasa

Sari


ABSTRAKKurangnya perangkat pembelajaran yang mampu memikat  serta  mempermudah peserta didik mengakses pendidikan pada masa perkembangan teknologi ini mengakibatkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik. Sehingga perlu dikembangkannya lembar kerja peserta didik yang berwujud elektronik atau E-LKPD berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk menghadapi hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengembangakan serta menguji keefektifan E-LKPD berorientasi REACT sehingga bisa menumbuhkan kemampuan peserta didik menyelesaikan masalah matematis. Penelitian dan pengembangan ini mempergunakan acuan pengembangan ADDIE dengan langkah analysis (menganalisis), design (mendesain), development (mengembangkan), implementation (mengimplementasikan), evaluation (mengevaluasi). Penelian ini dilakukankan bulan Juli sampai dengan bulan Desember 2023 dengan melibatkan kelas VIII D di SMP Negeri 3 Mojosongo. Perangkat penelitian pengembangan ini meliputi lembar validasi ahli (ahli materi dan media), kuesioner tanggapan peserta didik juga guru, dan tes kemampuan  pemecahan masalah siswa. Analisis data yang diperlukan peneliti menggunakan kombinasi angka dan uraian kalimat (statistics descriptive).  Hasil yang didapat setelah analisis data adalah E-LKPD berorientasi REACT yang mengacu pada kurikulum, kebutuhan peserta didik, dan sumber bahan ajar sehingga E-LKPD berbasis REACT terbukti valid sesuai dengan tahapan pengembangan ADDIE. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa  H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, penerapan E-LKPD berbasis REACT meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achsin, M. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah pada PBL Pendekatan Kontekstual dalam Tinjauan Inventori Kesadaran Metakognitif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 150, 696–704. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21684

Aditia, M. T., & Muspiroh, N. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat Dan Islam (Salingtemasis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X Di Sma Nu (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Scientiae Educatia, 2(2), 1–20. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/478

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. JPD:Jurnal Pendidikan Dasar, 67–69.

Arifin, A. T., Kartono, & Sutarto, H. (2014). Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Jurnal Kreano, 5(1), 91–98.

Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Seminar NasionalPascasarjana UNNES, 1(1), 297–303. https://doi.org/10.22219/mej.v1i1.4550

Branch, R. M. B. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Darmawan, M. A., & Yuwaningsih, D. A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Matematika Berbasis Problem Solving Pokok Bahasan Pola Bilangan. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(4), 343–359. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i4.pp343-359

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n1.p%25p

Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473–1483.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skills Matematika Siswa.

Husna, N. H., Marzal, J., & Yantoro. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2022. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4914

Munika, R. D., Marsitin, R., & Sesanti, N. R. (2021). E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Disertai Kuis Interaktif Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 201–214. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.2.201-214

Nurfatanah, Rusmono, & Nurjanah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Daerah. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 7(1), 546–551. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3135

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Putri, D. A., Fitraini, D., & Revita, R. (2019). Pengembangan Modul Matematika berbasis REACT untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 345. https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.8816

Rahmadani, H., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Teknologi Informasi di SMA IT Al Bayyinah Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 91–98. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.5230

Ritonga, S. M. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Siswa SMP Negeri 28 Medan Melalui Pembelajaran Inkuiri Dengan Strategi REACT. AXIOM, VI(1), 1–10.

Sabaruddin. (2019). Penggunaan Model Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik Pada Materi Gravitasi Newton. Lantanida Journal, 7(1), 25–37. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.3795

Sinatra, Y. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Pokok Bahasan Energi dan Perubahannya. Jurnal Teknik, 2(1), 5–20. https://jurnal.stt.web.id/index.php/Teknik/article/view/21

Subiyakto, A., Rufiana, I. S., & Nurhidayah, D. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantuan Teknik Scaffolding. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 7–17. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.5673

Sujarweni, W. (2012). SPSS untuk Paramedi. Gava Media.

Sulistyaningsih, D., & Prihaswati, M. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi REACT terhadap kemampuan koneksi matematik. The 2nd University Research Coloquium 2015, 90–95.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Taidi, Z., Kapahang, A., & Mamuaja, M. N. (2019). Efektivitas Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di Kelas XI SMA Negeri 2 Langowan. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 1(2), 35–39. https://doi.org/10.37033/ojce.v1i2.84

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 12–25. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Trust, T., & Peksan, E. (2018). Using the ADDIE Model and Universal Design for Learning Principles to Develop an Open Online Course for Teacher Professional Development. Digital Learning in Teaching Education, 8(34), 219–233. https://doi.org/10.1080/21532974.2018.1494521

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132–141. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176

Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616

Zein, F. A., & Musyarofah. (2024). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Interaktif Menggunakan Wizer.me Pada Pembelajaran IPS. Prima Magistra, 5(1), 57–68.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13664

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: