Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMK Kesehatan Galang Insan Mandiri

Arianto Putra, Marah Doly Nasution, Tua Halomoan Harahap

Sari


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 di kelas X SMK Kesehatan Galang Insan Mandiri materi SPLTV dengan subjek penelitian sebanyak 52 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group desain. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, dimana satu kelas menggunakan model pembelajaran PBL dan Kelas yang lainnya menggunakan model pembelajran CTL. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-efficacy. Analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua model pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Namun, terdapat perbedaan yang signifkan dalam tingkat peningkatan antara kedua model pembelajaran tersebut. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya memperhatikan pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa di sekolah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema : Teori Dan Riset Matematika, 2(1), 39. Https://Doi.Org/10.25157/Teorema.V2i1.765

Asfiyah, S. (2021). Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti. Quality Journal Of Empirical Research In Islamic Education, 9(1), 103. Https://Doi.Org/10.21043/Quality.V9i1.10136

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pbl Untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Mea.

Farihah, U. (2021). Media Pembelajaran Matematika: Vol. Pertama (I. D. M. P. Wahyuni, Ed.; Pertama). Lintas Nalar,Cv.

Fitra Ningsih, W., & Isnaria Rizki Hayati, Dan. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Prose Dan Hasil Belajar Matematika. In Journal On Teacher Education Research & Learning In Faculty Of Education Journal On Teacher (Vol. 1).

Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2015). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Representasi Matematika Siswa Kelas Vii Smp Nurhasanah Medan. Jurnal Edu Tech, 1(1), 1–19.

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan Mipa, Fakultas Mipa, Universitas Negeri Yogyakarta, 1–6.

Hermanto, B. (2020a). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. Https://Doi.Org/10.21831/Foundasia

Hermanto, B. (2020b). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. Https://Doi.Org/10.21831/Foundasia

Kamal, S. (2015). Implementasi Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 01(Januari-April), 56–64.

Khoerunnisa, P., Syifa, &, & Aqwal, M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Fondatia

Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smp (Vol. 4, Issue 1).

Mahdayani, R. (2016). Analisis Kesulitan Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika, Aljabar, Statistika Dan Geometri. Jurnal Pendas Mahakam, 01(Juni), 86–98.

Nurullita, S. L., Amam, A., & Zakiah, N. E. (2022). Pengembangan Instrumen Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berbasis Makanan Khas Daerah Ciamis. J-Kip (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(3), 725. Https://Doi.Org/10.25157/J-Kip.V3i3.8753

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V5i2.1939

Penelitian, J. I., Roby, O., & Guntara, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. 1(8).

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. 21(1), 33–54. Https://Doi.Org/10.21831/Hum.V21i1

Rizal, M. S. (2018). Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 4(2). Http://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Pd

Rizky Utari, D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 1–7.

Sakban, S., Nurmal, I., & Bin Ridwan, R. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal Of Administration And Educational Management (Alignment), 2(1), 93–104. Https://Doi.Org/10.31539/Alignment.V2i1.721

Sri Sumartini, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Vol. 5, Issue 2).

Subaini, Irvan, & Nasution, M. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. In Glugur Darat Ii, Kec. Medan Tim (Vol. 5, Issue 2).

Sulistiani, E. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan Mea.

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. Https://Doi.Org/10.17509/Historia.V2i1.11206

Ummi Arifah Dan Abdul Aziz Saefudin. (2017). Menumbuhkambangkan Kemampuan Pemahamam Konsep Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery. Union, Jurnal Pendidikan Matematik, 5, 1–10.

Wahyunanto Prihono, E., Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, F., Ambon Jl Tarmizi Taher, I. H., Cengkeh, K., Merah Atas, B., Ambon, K., & Penulis, K. (2019). Validitas Instrumen Kompetensi Profesional Pada Penilaian Prestasi Kerja Guru. 18(2), 897–910. Http://Jurnal.Iain-Bone.Ac.Id/Index.Php/Ekspose




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13844

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: