Sebuah Studi Mengenai Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Trigonometri Berdasarkan Tingkat Kecemasan Matematis
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ainurrizqiyah, Z., Mulyono, & Sutarto, H. (2015). Keefktifan Model PJBLdengan Tugas Creative MindmaUntuk Meningkatkan Koneksi MatematikaSiswa.Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 173–179. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7600
Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125–132. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43
Ardani, E. R., Sujiran, & Puspananda, D. R. (2021). Analisis Kecemasan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Edutama, 1. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1651/
Asdar, A., Fajar, F., & Rahmawati, R. (2021). Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Segi Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 5(1), 1–10.
Ashcraft, M. H. (2002). Math Anxiety : Personal, Educational, and Cognitive Consequences. Journal of Physics: Conference Series, 11(5), 181–185. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042099
Astuti, J., & Caswita, C. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Berdasarkan Kecemasan Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 95. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4476
Azizah, D. N., Hidayanto, E., & Sisworo, S. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Polya. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 256–267. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.8818
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.508
Ekawati, S. (2019). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 4 Lamasi Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Pedagogy Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 125–131. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v3i2.1192
Fadilah, N. N., & Munandar, R. D. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b), 459–467. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2757
Fadilah, R. R., Adisatuty, N., Studi, P., Matematika, P., Kuningan, U., Cut, J., & Dhien, N. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Regulated Learning. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 17–30. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i1.3699
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Hadin, H., Pauji, H. M., & Aripin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Mts Ditinjau dari Self Regulated Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 657–666. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p657-666
Haerudin, H., Anjani, D., & Ibrahi, D. (2021). Effect of Math Anxiety and Motivation Against Student Mathematical Connections Capabilities. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 3(1), 52-79.
Haryadi, R. (2016). Korelasi Antara Matematika Dasar Dengan Fisika Dasar. Jppm, 9(1), 124–127.
Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69-80.
Mahmood, S., & Khatoon, T. (2011). Development and validation of a mathematics anxiety scale for students. Asia Pacific Education Review, 12(4), 509–521. https://doi.org/10.1007/s12564-011-9150-4
Makrufah, S. (2022). Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematika. MATHEdunesa, 11(3), 868–883. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p868-883
Manalu, A. C. S., Septiahani, A., Permaganti, B., Melisari, M., Jumiati, Y., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK Pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 254–260. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.198
Muflihah, I. S., Ratnaningsih, N., & Apiati, V. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Gaya Berpikir Peserta Didik. Journal Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1), 68–77. https://doi.org/10.37058/jarme.v1i1.628
Nopriana, T., Herman, T., & Martadiputra, B. A. P. (2023). Digital Didactical Design: The Role of Learning Obstacles in Designing Combinatorics Digital Module for Vocational Students. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 17(2).
Nopriana, T., Asnawati, S., Herman, T., Martadiputra, B. A. P., & Dejarlo, J. O. (2024). Investigating ontogenic and didactical obstacles faced by vocational high school students in solving counting rules problems. International Journal of Didactic Mathematics in Distance Education, 1(2), 102–114. https://doi.org/10.33830/ijdmde.v1i2.9524
Nursalam, Angriani, A. D., Darmawati, Baharuddin, & Aminuddin. (2018). Developing Test Instruments for Measurement of Students’ High-Order Thinking Skill on Mathematics in Junior High School in Makassar. Journal of Physics: Conference Series, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012169
Prasetyo, F., & Dasari, D. (2023). Studi Literatur: Identifikasi Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 240–253. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3649
Rachmawati, S., Kusmaryono, I., & Wijayanti, D. (2021). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Program Linier Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Jurnal Pendidikan JP-SA, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v1i1.13665
Rahmi, M., & Subianto, M. (2020, February). First-grade junior high school students’ mathematical connection ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1460, No. 1, p. 012003). IOP Publishing.
Raniwati, D. M., & Destania, Y. (2019). Kecemasan Belajar Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal MATH-UMB.EDU, 6(3), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Safitri, R. R., Lukman, H. S., & Nurcahyono, N. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3469–3485. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1571
Sholeha, V. A., Risnawati, R., & Habibullah, H. (2021). An Analysis of Student Difficulties in Mathematics Learning in terms of Student Mathematical Connection Ability on Pythagoras Theorem. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 9(1), 12–19. https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i1.3510
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis pemahaman konsep perbandingan trigonometri pada siswa sma. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326-339.
Sukmadinata, N. S . (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Suryani, L., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis. Communnity Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1639–1645. https://doi.org/10.21009/jrpms.062.02
Syafri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika? Journal of Medives, 1(1), 59–65. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika
Tasni, N., & Susanti, E. (2017). Membangun koneksi matematis siswa dalam pemecahan masalah verbal. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 103–115. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.108
Tsani, M. A. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Pengaruh Tingkat Kecemasan Matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 297–306.https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.768
Wardani, N. (2022). The Effect of Mathematics Anxiety on Students ’ Learning Outcomes in Class X High School. NUCLEUS, 3(2), 155–161.
Warih, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan
Wulan, D. R., Rosita, C. D., & Nopriana, T. (2021). Kondisi psikologi siswa SMP dalam pembelajaran matematika pada masa pandemi covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 51-64.Pembelajarannya [KNPMP I] Universitas Muhammadiyah Surakarta, Knpmp I, 377–384.
Yuliani, T., Faradiba, S. S., & Hasana, S. N. (2023). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Jurnal Penelitin, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(24), 1–8.
Yusuf, A. A., Bito, N., Nurwan, N., & Zakaria, P. (2022). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.11028
Zahro, Y. A., & Purwaningsih, D. (2018). Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Terhadap Kemampuan Mengerjakan Soal Ujian Nasional. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 169–186. http://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/347
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i2.14201
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: