Sebuah Studi Mengenai Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Trigonometri Berdasarkan Tingkat Kecemasan Matematis

Tri Nopriana, Ayu Tiaraningsih, Nurul Ikhsan Karimah

Sari


Kecemasan matematika perlu diperhatikan setelah masa pandemi Covid-19 dimana siswa melaksanakan pembelajaran secara daring. Salah satu kemampuan yang penting dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan koneksi matematis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kecemasan matematika siswa dan mengetahui kemampuan koneksi matematis ditinjau dari kecemasan matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan berdasarkan kategori kecemasan matematika. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas XI SMA (usia 17-18 tahun) yang telah mempelajari perbandingan trigonometri. Adapun instrumen yang digunakan yaitu angket kecemasan matematis, tes koneksi matematis dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa dengan kecemasan tinggi kesulitan memahami materi, siswa dengan kecemasan sedang cemas tidak bisa mengerjakan soal dan siswa dengan kecemasan rendah takut jika sulit memahami materi. Siswa dengan kecemasan tinggi dan sedang mampu memenuhi dua indikator koneksi matematis: antar topik dan dengan kehidupan sehari-hari. Siswa dengan kecemasan rendah mampu memenuhi semua indikator, termasuk koneksi dengan disiplin ilmu lain. Peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat menyusun pembelajaran yang menarik untuk mengurangi kecemasan siswa, karena berdasarkan hasil penelitian keberhasilan siswa dalam mencapai kemampuan koneksi dicapai oleh siswa yang memiliki kecemasan rendah. Sehingga, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk merancang pembelajaran matematika yang menyenangkan dan kondusif dengan tujuan meminimalisir kecemasan siswa.Kata kunci: kecemasan matematika, koneksi matematis, perbandingan trigonometri, siswa SMA.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainurrizqiyah, Z., Mulyono, & Sutarto, H. (2015). Keefktifan Model PJBLdengan Tugas Creative MindmaUntuk Meningkatkan Koneksi MatematikaSiswa.Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 173–179. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7600

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125–132. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43

Ardani, E. R., Sujiran, & Puspananda, D. R. (2021). Analisis Kecemasan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Edutama, 1. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1651/

Asdar, A., Fajar, F., & Rahmawati, R. (2021). Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Segi Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 5(1), 1–10.

Ashcraft, M. H. (2002). Math Anxiety : Personal, Educational, and Cognitive Consequences. Journal of Physics: Conference Series, 11(5), 181–185. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042099

Astuti, J., & Caswita, C. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Berdasarkan Kecemasan Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 95. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4476

Azizah, D. N., Hidayanto, E., & Sisworo, S. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Polya. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 256–267. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.8818

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.508

Ekawati, S. (2019). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 4 Lamasi Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Pedagogy Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 125–131. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v3i2.1192

Fadilah, N. N., & Munandar, R. D. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b), 459–467. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2757

Fadilah, R. R., Adisatuty, N., Studi, P., Matematika, P., Kuningan, U., Cut, J., & Dhien, N. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Regulated Learning. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 17–30. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i1.3699

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Hadin, H., Pauji, H. M., & Aripin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Mts Ditinjau dari Self Regulated Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 657–666. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p657-666

Haerudin, H., Anjani, D., & Ibrahi, D. (2021). Effect of Math Anxiety and Motivation Against Student Mathematical Connections Capabilities. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 3(1), 52-79.

Haryadi, R. (2016). Korelasi Antara Matematika Dasar Dengan Fisika Dasar. Jppm, 9(1), 124–127.

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69-80.

Mahmood, S., & Khatoon, T. (2011). Development and validation of a mathematics anxiety scale for students. Asia Pacific Education Review, 12(4), 509–521. https://doi.org/10.1007/s12564-011-9150-4

Makrufah, S. (2022). Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematika. MATHEdunesa, 11(3), 868–883. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p868-883

Manalu, A. C. S., Septiahani, A., Permaganti, B., Melisari, M., Jumiati, Y., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK Pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 254–260. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.198

Muflihah, I. S., Ratnaningsih, N., & Apiati, V. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Gaya Berpikir Peserta Didik. Journal Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1), 68–77. https://doi.org/10.37058/jarme.v1i1.628

Nopriana, T., Herman, T., & Martadiputra, B. A. P. (2023). Digital Didactical Design: The Role of Learning Obstacles in Designing Combinatorics Digital Module for Vocational Students. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 17(2).

Nopriana, T., Asnawati, S., Herman, T., Martadiputra, B. A. P., & Dejarlo, J. O. (2024). Investigating ontogenic and didactical obstacles faced by vocational high school students in solving counting rules problems. International Journal of Didactic Mathematics in Distance Education, 1(2), 102–114. https://doi.org/10.33830/ijdmde.v1i2.9524

Nursalam, Angriani, A. D., Darmawati, Baharuddin, & Aminuddin. (2018). Developing Test Instruments for Measurement of Students’ High-Order Thinking Skill on Mathematics in Junior High School in Makassar. Journal of Physics: Conference Series, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012169

Prasetyo, F., & Dasari, D. (2023). Studi Literatur: Identifikasi Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 240–253. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3649

Rachmawati, S., Kusmaryono, I., & Wijayanti, D. (2021). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Program Linier Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Jurnal Pendidikan JP-SA, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v1i1.13665

Rahmi, M., & Subianto, M. (2020, February). First-grade junior high school students’ mathematical connection ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1460, No. 1, p. 012003). IOP Publishing.

Raniwati, D. M., & Destania, Y. (2019). Kecemasan Belajar Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal MATH-UMB.EDU, 6(3), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Safitri, R. R., Lukman, H. S., & Nurcahyono, N. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3469–3485. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1571

Sholeha, V. A., Risnawati, R., & Habibullah, H. (2021). An Analysis of Student Difficulties in Mathematics Learning in terms of Student Mathematical Connection Ability on Pythagoras Theorem. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 9(1), 12–19. https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i1.3510

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis pemahaman konsep perbandingan trigonometri pada siswa sma. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326-339.

Sukmadinata, N. S . (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Suryani, L., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis. Communnity Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1639–1645. https://doi.org/10.21009/jrpms.062.02

Syafri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika? Journal of Medives, 1(1), 59–65. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Tasni, N., & Susanti, E. (2017). Membangun koneksi matematis siswa dalam pemecahan masalah verbal. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 103–115. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.108

Tsani, M. A. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Pengaruh Tingkat Kecemasan Matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 297–306.https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.768

Wardani, N. (2022). The Effect of Mathematics Anxiety on Students ’ Learning Outcomes in Class X High School. NUCLEUS, 3(2), 155–161.

Warih, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan

Wulan, D. R., Rosita, C. D., & Nopriana, T. (2021). Kondisi psikologi siswa SMP dalam pembelajaran matematika pada masa pandemi covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 51-64.Pembelajarannya [KNPMP I] Universitas Muhammadiyah Surakarta, Knpmp I, 377–384.

Yuliani, T., Faradiba, S. S., & Hasana, S. N. (2023). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Jurnal Penelitin, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(24), 1–8.

Yusuf, A. A., Bito, N., Nurwan, N., & Zakaria, P. (2022). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.11028

Zahro, Y. A., & Purwaningsih, D. (2018). Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Terhadap Kemampuan Mengerjakan Soal Ujian Nasional. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 169–186. http://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/347




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i2.14201

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: