Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Geometri Transformasi Berbasis Budaya Sumatera Utara

Tanti Jumaisyaroh Siregar, Siti Salamah Br Ginting, Habib Al Ghifari Nasution

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar mata kuliah geometri transformasi berbasis budaya Sumatera Utara yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Teknik analisa data meliputi hasil validasi bahan ajar, analisis kepraktisan bahan ajar dan hasil post test hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahan ajar mata kuliah  geometri transformasi berbasis budaya Sumatera Utara ini dikatakan valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata validator baik dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa adalah 81,5 % berada pada kategori sangat valid. Hasil nilai rata-rata respon mahasiswa terhadap bahan ajar sebesar 78,94% yang memiliki kriteria praktis. Hasil tes hasil belajar mahasiswa menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 80,77%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Albab, I. U., Hartono, Y., & Darmawijoyo, D. (2014). Kemajuan Belajar Siswa pada Geometri Transformasi Menggunakan Aktivitas Refleksi Geometri. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3), Article 3. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2378

Apriani, W., & Hayati, R. (2022). Pengaruh Aplikasi Geogebra terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Geometri Transformasi. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3456

Astuti, R., Ardiawan, Y., & Nurmaningsih, N. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Geometri Dasar Berbasis Windows Geometry (Wingeom). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2068. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3435

Aswardi, A., Mukhaiyar, R., Elfizon, E., & Nellitawati, N. (2019). Pengembangan Trainer Programable Logic Gontroller Sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri Kota Payakumbuh. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(1.1), 51. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i1.104846

Bulu, V. R. (2022). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Geometri Berbasis Budaya Lokal Timor Tengah Selatan Terhadap Hasil Belajar Siswa. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.37792/hinef.v1i2.597

Fitriyani, I., Astuti, E. P., & Nugraheni, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Geometri Materi Bangun Datar pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.163-174

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Lawe, Y. U., Dopo, T., & Kaka, P. W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Budaya Lokal Ngada untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), Article 2.

Mahmudi, A., Sugiman, S., Hernawati, K., & Lestari, H. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 17(2). https://doi.org/10.21831/pythagoras.v17i2.26986

Mahpudin, & Yuliati, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Cirebon. Jurnal Sekolah Dasar, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v4i2.883

Masliah, S., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Geogebra pada Materi Transformasi Geometri. 6(4), 1587–1598. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17377

Ningsih, F., & Deswita, R. (2023). Developing an e-Module on Blended Learning-based Calculus Courses. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), Article 3. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.817

Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978

Nurmaya, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.941

Rahman, S. A., Elsa, Fatimah, L., Hasanah, R. S., & Kosasih, U. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri Transformasi pada Bangunan Ikonik Kota Soreang. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 217–233. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.5221

Senjayawati, E., Akbar, E. R., & Fauziyyah, H. (2023). Pengembangan Modul Ajar Geometri Analitik Berbasis Cognitive Load Theory untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematik Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6663

Sunita, N. W., Putri Sumaryani, N., & Parmithi, N. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa Menyelesaikan Soal dalam Mata Kuliah Geometri Transformasi Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7914198

Suprana, E., & Farida, N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Transformasi. Limacon: Journal of Mathematics Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.23960/limacon.v1i1.18868

Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106–116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17044

Swoboda, E., & Vighi, P. (2016). Early Geometrical Thinking in the Environment of Patterns, Mosaics and Isometries. Dalam E. Swoboda & P. Vighi, Early Geometrical Thinking in the Environment of Patterns, Mosaics and Isometries (hlm. 1–50). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-44272-3_1




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i2.15644

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: