Pengembangan Media Pembelajaran Fukudrat Solver Berbasis Matlab Pada Materi Fungsi Kuadrat

Alamul Yaqin, M. Ivan Ariful Fathoni, Anisa Fitri

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media pembelajaran Fukudrat Solver yang berbasis GUI Matlab, valid dan layak digunakan untuk pembelajaran di sekolah pada materi fungsi kuadrat. Penelitian ini dilakukan di SMK Al-Kyai Sukosewu dari tanggal 31 Mei hingga 8 Juni 2024. Untuk penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall sepuluh tahap yang telah dimodifikasi menjadi enam tahap: (1) penelitian dan pengumpulan informasi; (2) persiapan; (3) pengembangan produk; (4) pengujian lapangan awal; (5) revisi produk awal; dan (6) pengujian lapangan skala besar. Menurut temuan, validasi ahli media dan ahli materi masing-masing memperoleh rata-rata skor dengan kriteria "Media Sangat Valid Digunakan". Dan skor rata-rata dengan kriteria "Media Sangat Layak Digunakan" dari hasil angket respon 20 siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Fukudrat Solver berbasis GUI Matlab untuk materi fungsi kuadrat valid dan layak digunakan baik secara mandiri maupun dalam pembelajaran di kelas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alhidayatuddiniyah, T. W., Handayani, S., & Huda, D. N. (2023). Pemanfaatan Software Matlab Pada Pokok Bahasan Hukum Coulomb Guna Meningkatkan Minat Belajar. 7, 9184–9190.

Amalia, M. (2022). Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Society 5.0. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1–6), 1–6. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Cindarbumi, F. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran “Kolaboratif Aktif (Ka)” Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pelajaran Matematika Pada Peserta Didik Program Kejar Paket C Pkbm Ki Hajar Dewantara Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Journal of Mathematics Education and Science, 1(April), 15–20. https://doi.org/10.32665/james.v1iapril.12

Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Fitri, A; Fathoni, M. I. A. & S. A. C. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Alternatif Media Pembelajaran untuk Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Inovatif.

Ghassani, D. A., Nursa, A., Septira, F., & Effendi, M. (2023). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Kurikulum Merdeka. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.2983

Guarango, P. M. (2022). Pengembangan Media Literasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 4 Panji Anom. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.

Hidayat, F., Manik, R. E., & Waruwu, O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Matlab sebagai Visualisasi pada Materi Gerak Parabola. Unnes Physics Education Journal, 11(1), 13–20.

Hidayatullaily, S., Syaharuddin, Meikantari, A. D., Muharani, D. R., Adawiyah, R., Khairunnisa, J., & Hilmiyah, S. (2022). Pengembangan Media Simulasi dan Solusi Persoalan Aljabar Menggunakan GUI Matlab. Prosiding MAHASENDIKA, 2, 158–166.

Kurnia, F. (2022). Pendidikan Berbasis Teknologi. Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami, 10(2), 205–221. https://doi.org/10.55757/tarbawi.v10i2.307

Maydiantoro, A. (2019). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Metode Penelitian, 10, 1–8. http://repository.lppm.unila.ac.id/34333/1/Model-Model Penelitian dan Pengembangan.pdf

Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 197. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2028

Salmina, M. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis GUI Matlab The Effect Of The Use Of Matlab GUI Based Learning Media On Student’s Interest And Learning Outcomes In Trigonometric Materials Universitas Bina. Jurnal Dimensi Matematika, 4(2), 316 – 325.

Sari, A. C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Dengan Model Pembelajaran Think Talk Write. Journal of Mathematics Education and Science, 1(April), 7–13. https://doi.org/10.32665/james.v1iapril.11

Soim Daimah, U. (2023). SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. 04(02), 131–139. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i2.15658

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: