Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Betawi Di Cilandak Jakarta Selatan

Ariqah Anzila Qurani, Arif Rahman Hakim, Napis Napis, M. Tohimin Apriyanto, Muhamad Farhan

Sari


Seiring dengan trend pembelajaran matematika berbantuan budaya sebagai salah satu alternatif cara dari optimalisasi dalam mengembangkan berbagai kemampuan aspek kognitif dalam matematika sekaligus realisasi penerapan P5 di era kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan konsep etnomatematika pada beberapa batik betawi yang terdapat di kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Metode yang penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan datanya terdapat observasi, wawancara terhadap narasumber serta melakukan dokumentasi di tempat penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil subjek penelitian seperti Pengrajin Batik Betawi, Pengusaha Batik Betawi, Budayawan Batik Betawi, dan Tokoh Masyarakat yang berada di lingkungan kecamatan Cilandak. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengambilan data yang dilakukan dengan cara terjun ke lapangan yakni lingkungan kecamatan Cilandak. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa batik betawi dapat dijadikan materi bahkan media pembelajaran matematika di sekolah yakni pada materi geometri transformasi (translasi, rotasi, dan refleksi), bangun datar, bangun ruang, konsep elips, kurva, konsep titik, garis dan sudut serta konsep kesebangunan. Berdasarkan hasil dari penelitian, batik betawi di lingkungan Cilandak dapat dijadikan media pembelajaran pada tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Akhir (SMA).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, D. S. N., Putri, I. M., & Listiawan, T. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gajah Mada Motif Sekar Jagad Tulungagung. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(1), 101–112. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss1pp101-112

Ajmain, Herna, & Sitti Inaya Masrura. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12, 45–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/3910/2663

Amam, A., & Lismayanti, L. (2020). Perangkat Project-Based Learning berbantuan ICT: Optimalisasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecemasan Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 351–362. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.4160

Andri, Dwi Cahyadi Wibowo, Y. A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung Ii. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231–241. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.869

Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370

Aprianingrum, A. Y., & Nufus, A. H. (2021). Batik Indonesia, Pelestarian Melalui Museum. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik, 3(1), 1–14. https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/100/80

Asriyani, W. D., & Setyadi, D. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Daerah Kaliwungu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 348–360. https://jurnal.upk.ac.id/index.php/math/article/view/2151/1124

Farhan, M., Apriyanto, M. T., & Hakim, A. R. (2021). Etnomatematika : Eksplorasi Uma Lengge Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Derivat, 8(2), 98–106. https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/1965/1284

Fatimah, A. T., & Amam, A. (2018). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 77–90. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3756

Hanipah, N., Farahita, R., & Fadhillah, R. (2022). Penggunaan Alat Peraga Papan Transformasi Geometri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.56916/jp.v1i1.40

Irayanti, I., Yasin, U., Afrilistiani, M., & Indraswari, R. N. (2022). Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Jiwa Nasonalisme Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(01), 21–25. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i01.12212

Mahmudi, A., Kusumaningsih, W., & Mushafanah, Q. (2023). Analisis Penggunaan Media Konkret Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 2 Materi Pengukuran di Sd Supriyadi 02 Kota Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 4(1), 88–100. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1086/948

Manasikana, A., Anwar, M. S., Setiawan, A., Choirudin, & Darmayanti, R. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Islamic Center Tulang Bawang Barat Lampung. Jurnal Perspektif, 7(1), 34–49. https://doi.org/10.15575/jp.v7i1.216

Mawardini, I. D., & Ningsih, S. S. (2022). Pembelajaran Matematika Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Masa Pandemi Covid – 19. Jurnal Basicedu, 6(2), 2681–2686. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2426

Oktavianti, D., Hakim, A. R., Hamid, A., Nurhayati, N., & Mulyatna, F. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jakarta dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 29-44. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/14921

Rachmawati, M. P., & Sukirwan. (2023). Desain Pembelajaran Kesebangunan Bangun Datar Melalui Model Problem Learning Berbantuan Geogebra. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 93–102. https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/2681/1863

Rika, & Murtafi’ah, N. H. (2022). Implementasi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di SMP Pembina Menggala Tulang Bawang. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 1(3), 878–887. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/227/397

Rokhmawati, A., V.Y, I. A., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Rainbow Book Pada Materi Bangun Datar Kelas IV. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 85–94. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1780

Suanah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Desain Wix Materi Bangun Ruang Matematika SD Kelas V. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 243–252. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2412

Wantah, A., & Prastyo, H. (2022). Analisis Hambatan Belajar Siswa Smp Dalam Memahami Konsep Garis Dan Sudut. Jurnal Padegogik, 5(1), 54–73. https://doi.org/10.35974/jpd.v5i1.2722

Zahroh, H. R., Purnama, K. A., Asalauqi, M. F., Faridayanti, I., & Kusuma, J. W. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Ditinjau Dari Nilai Matematika Pada Motif Batik Banten. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 154–161. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6179/pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i2.15971

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: