Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Betawi Di Cilandak Jakarta Selatan
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afifah, D. S. N., Putri, I. M., & Listiawan, T. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gajah Mada Motif Sekar Jagad Tulungagung. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(1), 101–112. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss1pp101-112
Ajmain, Herna, & Sitti Inaya Masrura. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12, 45–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/3910/2663
Amam, A., & Lismayanti, L. (2020). Perangkat Project-Based Learning berbantuan ICT: Optimalisasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecemasan Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 351–362. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.4160
Andri, Dwi Cahyadi Wibowo, Y. A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung Ii. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231–241. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.869
Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
Aprianingrum, A. Y., & Nufus, A. H. (2021). Batik Indonesia, Pelestarian Melalui Museum. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik, 3(1), 1–14. https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/100/80
Asriyani, W. D., & Setyadi, D. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Daerah Kaliwungu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 348–360. https://jurnal.upk.ac.id/index.php/math/article/view/2151/1124
Farhan, M., Apriyanto, M. T., & Hakim, A. R. (2021). Etnomatematika : Eksplorasi Uma Lengge Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Derivat, 8(2), 98–106. https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/1965/1284
Fatimah, A. T., & Amam, A. (2018). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 77–90. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3756
Hanipah, N., Farahita, R., & Fadhillah, R. (2022). Penggunaan Alat Peraga Papan Transformasi Geometri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.56916/jp.v1i1.40
Irayanti, I., Yasin, U., Afrilistiani, M., & Indraswari, R. N. (2022). Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Jiwa Nasonalisme Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(01), 21–25. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i01.12212
Mahmudi, A., Kusumaningsih, W., & Mushafanah, Q. (2023). Analisis Penggunaan Media Konkret Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 2 Materi Pengukuran di Sd Supriyadi 02 Kota Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 4(1), 88–100. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1086/948
Manasikana, A., Anwar, M. S., Setiawan, A., Choirudin, & Darmayanti, R. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Islamic Center Tulang Bawang Barat Lampung. Jurnal Perspektif, 7(1), 34–49. https://doi.org/10.15575/jp.v7i1.216
Mawardini, I. D., & Ningsih, S. S. (2022). Pembelajaran Matematika Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Masa Pandemi Covid – 19. Jurnal Basicedu, 6(2), 2681–2686. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2426
Oktavianti, D., Hakim, A. R., Hamid, A., Nurhayati, N., & Mulyatna, F. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jakarta dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 29-44. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/14921
Rachmawati, M. P., & Sukirwan. (2023). Desain Pembelajaran Kesebangunan Bangun Datar Melalui Model Problem Learning Berbantuan Geogebra. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 93–102. https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/2681/1863
Rika, & Murtafi’ah, N. H. (2022). Implementasi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di SMP Pembina Menggala Tulang Bawang. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 1(3), 878–887. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/227/397
Rokhmawati, A., V.Y, I. A., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Rainbow Book Pada Materi Bangun Datar Kelas IV. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 85–94. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1780
Suanah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Desain Wix Materi Bangun Ruang Matematika SD Kelas V. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 243–252. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2412
Wantah, A., & Prastyo, H. (2022). Analisis Hambatan Belajar Siswa Smp Dalam Memahami Konsep Garis Dan Sudut. Jurnal Padegogik, 5(1), 54–73. https://doi.org/10.35974/jpd.v5i1.2722
Zahroh, H. R., Purnama, K. A., Asalauqi, M. F., Faridayanti, I., & Kusuma, J. W. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Ditinjau Dari Nilai Matematika Pada Motif Batik Banten. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 154–161. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6179/pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i2.15971
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: