Desain E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets Pada Materi Perbandingan Senilai

Nur Asma Riani Siregar, Susanti Susanti, Satria Tu Bagus, Resti Amirozaliana

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah pada materi perbandingan senilai, serta belum tersedianya bahan ajar yang dapat membantu peserta didik di SMP Negeri 14 Tanjungpinang belajar mengkonstruksi konsep materi secara interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif yang dapat membantu peserta didik belajar aktif membangun pemahamannya pada materi perbandingan senilai. Bahan ajar yang dihasilkan ialah media pembelajaran digital E-LKPD interaktif pada materi perbandingan senilai. E-LKPD dikembangkan melalui tiga tahapan penelitian yaitu define, design, dan development. Penilaian kelayakan E-LKPD didasarkan pada penilaian validitas oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Data validitas E-LKPD dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket. Validitas media dianalisis dengan menggunakan teknik analisis persentase. Hasil analisis valiadsi menunjukkan bahwa E-LKPD interaktif yang dikembangkan mencapai kategori sangat valid sebagai bahan ajar pada materi perbandingan senilai. Tingkat kesesuaian pada aspek materi mencapai 84,28%, pada aspek media mencapai 84,17%, dan pada aspek bahasa mencapai 82,85%. Implikasi dari hasil penelitian ini ialah media pembelajaran yang dikemas secara interaktif dan melibatkan peserta didik pada proses eksplorasi pengetahuan baru dapat menjadi alternatif bahan ajar untuk membantu memahami pengetahuan baru.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiko, H. S. S. (2019). Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Akademika : Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 7(2), 67.

Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis efektivitas media pembelajaran e-Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910

Asmaryadi, A. I., Darniyanti, Y., & Nur, N. (2022). Pengembangan bahan ajar e-LKPD berbasis MIKIR dengan menggunakan live worksheets pada muatan IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(6), 7377–7385.

Costadena, M. P., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.45848

Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan software Geogebra pada materi transformasi geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80-91

Faijah, N., Nuryadi, N., & Hetty Marhaeni, N. (2022). Efektiivitas Penggunaan Game Edukasi Quizwhizzer Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Teorema Phytagoras. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 117. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.194

Farman, Hali, F., & Rawal, M. (2021). Development of E-LKPD Using Live Worksheets for Online Mathematics Learning during Covid-19. Jurnal of Mathematics Education, 6(1), 36–42.

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan situs liveworksheets untuk mengembangkan LKPD interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277

Fauzy, A., Jaenal, E., Danny, F., Hidayat, W., Hendriana, H., Putra, H. D., Sugandi, A. I., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2023). Bahan Ajar Berbantuan Geogebra dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Design Research. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 257–268. https://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.11596

Gaffar, A. A., & Sugandi, M. K. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Makromedia Flash Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal.Unma.Ac.Id, 4(1), 57–63. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/1599

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Hayati, H. S., Astuti, P., & Febrian, F. (2022). Electronic Student Worksheets Based on Rigorous Mathematical Thinking for Sequence and Series Materials in Senior High School. Jurnal Gantang, 7(2), 185–197. https://doi.org/10.31629/jg.v7i2.5331

Husna, N. H., Marzal, J., & Yantoro. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2085–2095.

Julfianto, M., Suanto, E., & Siregar, S. N. (2022). Developing problem based learning device to grow students’ mathematical critical thinking ability. Jurnal Gantang, 7(2), 173–184. https://doi.org/10.31629/jg.v7i2.5318

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Kusmayanti, H., & Murtiyasa, B. (2024). E-LKPD Matematika Berbasis React: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 09(01), 27–38.

•349

Nur Asma R.S, Susanti Susanti, Satria T. B, Resti Amirozaliana

Novelza, I. D., & Handican, R. (2023). Systematic Literature Review: Apakah Media Pembelajaran Mampu Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika? Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.269

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3817

Puspitasari, A. I., & Lestari, K. E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Sistem Koordinat Kelas VIII SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 259–270. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7170

Qudwatullathifah, R. N., Ismuwardani, Z., Guntur, M., Musyarrofah, S., & Ningsih, N. I. S. (2023). Efektivitas Platform Pembelajaran Matematika Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 590–599. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3225

Rahmah, N. (2018). Belajar bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54

Ramadhona, R., Siregar, N. A. R., & Alpindo, O. (2023). The Practicality of Plane and Space Geometry Textbook as Teaching Materials in Mathematics Education Department of UMRAH. Jurnal Gantang, 8(1), 65–73. https://doi.org/10.31629/jg.v8i1.5658

Romadhani, D., & Harahap, N. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Website Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1222–1239. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1340

Safriadi. (2017). Prosedur Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Jurnal MUDARRISUNA, 7(1), 62.

Sari, I. P. (2017). E-learning menggunakan claroline. Research and Development Journal Of Education, 4(1), 75–87.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik: Konsep dan Aplikasi. Rajawali Pers.

Suryandari, Y., Hendrayan, A., & Hariyadi, R. (2023). Pengembangan Media E-LKPD Berbasis Live Worksheet Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(Desember), 700–707.

Suryani, E., & Rini, Z. R. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis SETS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), 158–167. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p158-167

Tiharita, R. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Media Internet dalam Pembelajaran melalui Blended Learning. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II(c). https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.917

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874

Wati, D. A., Hakim, L., & Lia, L. (2021). Pengembangan E- Lkpd Interaktif Hukum Newton Berbasis Mobile Learning Menggunakan Live Worksheets di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 72–80.

Wulansari, R. D., & Nuryadi. (2022). Efektivitas Penggunaan E-LKPD Berbasis Problem Based

•350

Teorema: Teori dan Riset Matematika,09(02), 339-350, September 2024

Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 338–344. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i2.16382

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: