Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas XI Sma Muhammadiyah Bolo Dalam Perspektif Gaya Kognitif Intuitif Induktif

Nila Sari, Muhammad Salahuddin, Rizcky Juliawan

Sari


Tujuanl dari penelitianl ini ingin mengetahuil bagaimana kemampuan literasil matematika siswal XI SMA Muhammadiyah Bolo dalam perspektif gaya kognitif intuitif dan induktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Subjek yangl diteliti adalahl siswa kelasl XI SMAl yang terdirli dari 15 siswal yang bergayal kognitif intuitif danl induktif dengan menggunakanl tes Matchingl Familiar lFigure Test (MFFTl) Terdapat 13l soal berisil gambar yangl terdiri daril objek yangl berbeda. Setiapl item memilikil 8 variasil foto danl hanya satul foto yangl identik denganl foto lstandar. Dalam tesl ini, siswal harus memilihl dan menentukanl satu lgambar yang tersedial hinggal diperolehl hasil yangl tepat. Berdasarkan hasill penelitian danl wawancara, siswal dengan lkemampuan intuitif memikirkan secaral mendalam danl menyelidiki dalaml menyelesaikan lpermasalahan. Siswa denganl kemampuan kognitifl intuitif mampu menyelesaikanl soal denganl ketelitiannya danl dapat mengidentifikasil masalah denganl mengimbangi dalaml berbagai lsituasi. Berdasarkan hasill penelitian danl wawancara, siswal dengan gayal kognitif induktif ldapat menyelesaikan soall yang diberikanl dengan jawabanl yang cenderungl salah. Siswal dengan lkemampuan induktif ini cenderungl memiliki kecenderunganl untuk bertindakl tanpa berpikirl secara mendalaml atau mempertimbangkanl kosekuensi daril tindakan apal yang merekal ambil ataul lakukan. Hall tersebut yangl menyebabkan siswal kurang telitil dalam mengerjakanl suatu pekerjaanl sehingga jawabanl yang diberikanl itu cenderungl salah.

Referensi


A.(2020). The Role of mathematical literacy to improve high order Thinking skilis. Journal of physics: conference series, 1539 (1). https:// doi.org/ 10-1088/1742-6596/1539/110/1285.

Amir, Z. (2015). Mengungkap seni bermatemtika dalam pembelajaran. Suska Journal of mathematics Education. 1 (1). 60-78.

Haryanto, C., & Pujiastuti, E. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam Menyelesaikan soal open Ended Berdasarkan prosedur Newman pada pembelajaran model treffinger. Seminar Nasional matematika, 4.103-110. Retrieved. From https: //Journal . Unnes.ac. id/ sju/ Index. Pup/ prisma/urticle/ view/ 44983.

Imran, A. P., Kadir, K. & Anggo, M. (2019). Analisis literasimatematika Dan keyakinan matematika siswa SMA Negeri di kota Kendari. Jurnal pendidikan matematika, 159-168. Retievedfrom https: // www, neliti. Com/ Pubilcationg/ 317628/ analisis – literasi - Matematika -dan- keyakinan – matematika – Siswa -sma- Negeri – di kota Ken

Jazuli, A., & Putri, I. S. (2021). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Mts Ditinjau Dari Gaya Reflektif Dan Impulsif. Semadik, 3(1), 108–114. Https://Seminarmat.Ump.Ac.Id/Index.Php/Semadik/Article/View/307/34%0ahttps://Seminarmat.Ump.Ac.Id/Index.Php/Semadik/Article/View/307

Kamaruddin, D., Siswa, B., & Akmal, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 10–19

Kehi, Y. J. M. Z. & Waluya, S. B. (2019). Kontribusi Etnomatematika Sebagai masalah kontekstual dalam mengembangkan Literasi matematika. Prisma, prosiding seminar Nasional Matematika, 2. 190-296.

Kusumawardani, D. R., Wardono. & Kertosono. (2018) Pentingnya Penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan Literasi matematika. Prisma, prosiding seminar Nasional Matematika, 1(1). 588-595.

Laamena, C. M.& Laurens, T. (2021). Matematical literacy Ability and Metacognitive characteristis, of mathematics pre- service Teacher. Infinity Journal. 10 (2). 259. https:// doi.org/ 10- 22460/ infinity. Vloi2. P259-270

Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Yogyakarto: Deepublish

Maslihah, S. Waluya. S. B., Rochmad, & Suyitno,

Mutlu, M., & TemiZ. BK. (2013). Sclence process Skilis of Students Hoving field dependent and field Independent Cognitive Styles. Educational Research and Reviews. 8 (11). 766-776. Doi :10. 5897/ERR 2012. 7104.

Nurmutia, H. E. (2019). Pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan Pemecahan masalah matematis siswa, Edulhatika: Jurnal Riset pendidikan matematika. 2. (2). 98-103.

OECD, (2919). PISA 2018 Assessment and Analytical framework, PISA, OECD Publishing, peris, https: //dai.org /101787/b25efab-8-en:

Payadnya, I. P. A. A.,& Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta analisis statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Purwanti, R. D., Pratiwi. D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran berbantuan geogebra terhadap Pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya Kognitif. Al- Jabar; Jurnal pendidikan matematika. 7 (1). 115-122.

Rosyada, A., & Rosyidi, A. H. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Terbuka

Rukin, (2019). Metodologi penelitian kualitatif, takalar; yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Salim, & Haidir. 2019. Penelitian pendidikan metode, pendekatan Dan jenis (I.S Ahzar, Ed). Jakarta: kencana. Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus. R (2020). Pengaruh Kemampuan penalaran, Efikasi diri dan kemampuan Memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep Matematika, JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). 4 (1). 44-60.

Subaidah, P., Valentino, E., Wijayanti, E., & Pendidikan Matematika Stkrodi. (2017). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika. Jurnal Buana Matematika, 7(1), 7–12.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu Sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan (I. B. A. L. Manuba. Ed). Bali: Nilacakra.

Taufik, A., (2020). Deskripsi pembelajaran matematika dengan metode Socrates dalam pendekatan kontekstual di SMP-ELIPS: J. (2014). Qunlitative data Analisis, A. Methodes Sourcebook. Edition S. USA: Pubilcationg.

Wijayanti, Tri. (2021). Kemampuan literasi matematika siswa Dalam menyelesaikan soal HOTS materi sistem Persamaan linear dua variabel kelas Viii di MTSN 2

Zakariah, M. A., Afriani. V. & Zakariah. M. (2020). Metodologi Penelitian kuantitatif, kualitatif, Acion Research, Research and development (RND). Kolaka, pondok Pesantren Al mawaddah warrahmah Kolaka.

Zakkia, A., Isnarto. Asih. T. S. N. & Wardono, (2019). Kemampuan Literasi matematika siswa pada pembelajaran brain Based learning. PRISMA. Prosiding seminar Nasional. Matematika, 2. 34-39




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i1.16661

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: