Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self-Confidence Dalam Menyelesaikan Soal Segitiga dan Segiempat Berbasis Budaya Lokal

Muhamad Risky, Mariyanti Elvi, Nurul Hilda Syani Putri

Sari


Pendidikan matematika memiliki peran fundamental dalam mengembangkan intelektual siswa, dengan komunikasi matematis menjadi kunci penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-confidence dalam menyelesaikan soal segitiga dan segiempat berbasis budaya lokal di MTs Negeri Tanjungpinang. Studi menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas VIII-6, mengumpulkan data melalui observasi, tes kemampuan komunikasi matematis, skala self-confidence, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan tingkat self-confidence siswa terdistribusi dalam tiga kategori: 18% tinggi, 52% sedang, dan 30% rendah. Siswa dengan self-confidence tinggi mampu memenuhi seluruh indikator komunikasi matematis, meliputi mengekspresikan ide matematis dalam gambar, menghubungkan konsep matematika dengan benda nyata, memahami dan mengevaluasi ide matematis, serta menyatakan peristiwa sehari-hari dalam simbol matematis. Siswa berkategori self-confidence sedang hanya mampu memenuhi sebagian indikator, sedangkan siswa dengan self-confidence rendah tidak dapat memenuhi indikator komunikasi matematis. Penelitian menyimpulkan adanya hubungan signifikan antara self-confidence dan kemampuan komunikasi matematis, dengan implikasi pentingnya pengembangan strategi pedagogis yang memperhatikan aspek psikologis siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya geometri.

Referensi


Addin, S. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Di SMPK Karitas II Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Mitra Manajemen, 5(10), 718–735. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/578/509

Afifah, R. N., Sunaryo, Y., & Ruswana, A. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(3), 735–742.

Aini, A. N., & Setianingsih, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Confidence. MATHEdunesa, 11(3), 812–825. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p812-825

Aprilianto, M. R., Sholikhakh, R. A., Tegal, U. P., No, J. H., & Tengah, J. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Dengan Pembelajaran Daring. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 77–88.

Belli, R., & Annurwanda, P. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Confidence ( Kepercayaan Diri ) Pada Materi Statistika Kelas XII Analysis of Student ’ s Mathematical Communication Skills in Terms of Self Confidence in Class XII Statistics Material. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(1), 43–55.

Biton, Y. (2025). Learning mathematics through peer assessment : “ How can we assess something that we ourselves don ’ t know how to solve ? ”. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 21(1), 2557.

Cevikbas, M., Greefrath, G., & Siller, H. S. (2023). Advantages and challenges of using digital technologies in mathematical modelling education – a descriptive systematic literature review. Frontiers in Education, 8(April), 1–17. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1142556

Dewi, P. S. I. Y., Kurniati, N., & Wahidaturrahmi. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 122–131. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.41

Dewi, R. S., Sundayana, R., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 463–474. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.830

Erayani, F. N., Sridana, N., Arjudin, A., & Baidowi, B. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1875–1884. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.845

Fitriani, T. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Pada Materi Lingkaran. Journal Of Social Science Research Volume, 4(1), 9202–9212.

Gusteti, M. U., Rahmalina, W., Azmi, K., Wulandari, S., Mulyati, A., Hayati, R., Wahyuni, Z., Alfath, M. R., & Azizah, N. (2023). Geogebra : transformasi teknologi yang menyulap pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 3695–3704. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1866%0A

Hapsoh, H., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di desa sukaresmi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2226

Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.889

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020-2024. Kemendikbud.

Kusi, P., Boateng, F. O., & Teku, E. (2025). The effect of technology integration on college of education students ’ achievement in quadratic equations : The perspective of photo math utilization. EURASIA: Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 21(1).

Kusuma, D. A. (2019). Peningkatan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika Dengan Penerapan Mozart Effect (Studi eksperimen terhadap siswa Sekolah Menengah Pertama). TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 65. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1954

Markus, M., Tanya, S., Papers, W., Möbius, M. M., Niederle, M., Niehaus, P., & Rosenblat, T. S. (2022). Managing self-confidence : Theory and experimental evidence. 11.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. NCTM.

Oktaviyanthi, R., Agus, R. N., & Lestari, I. (2020). Short preliminary analysis of student teachers’ mathematical knowledge of limit of a function. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012058

Purnomo, R. W. A., & Wahyudi, W. (2021). Peran Self Confidence Bagi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Edupedia, 5(2), 99. https://doi.org/10.24269/ed.v5i2.1109

Puspita, D. A., Anggoro, B. S., & Pratiwi, D. D. (2024). Riset Keterhubungan: Bagaimana Self confidence dan Resiliensi Matematis Mempengaruhi Penalaran dan Kecerdasan Numerik Siswa. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(September), 1174–1189.

Robiah, S., & Nuraeni, R. (2023). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa mts pada materi himpunan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 215–228. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3095

Solihah, S., Amam, A., & Zakiah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Self Confidence Siswa Dengan Menggunakan Model Brain-Based Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 48. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4490

Suastra, I. W., Bagus, I., Arnyana, P., & Mandalika, U. P. (2024). Etnomatematika : Eksplorasi Budaya Sasak “ Nyongkolan ” Sebagai Sumber Belajar Matematika bahwa matematika tidak hanya bersifat universal tetapi juga dapat dipengaruhi oleh pemahaman konseptual siswa dan memotivasi mereka untuk belajar lebih aktif . Selai. Media Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FSTT UNFDIKMA, 12(2), 141–158.

Syah, J. M., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kampung Paledang Suci Kaler pada Materi Segiempat dan Segitiga. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 373–384. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.911

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Triana, C. R., & Rahmi, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Lingkaran: Analisis Deskriptif Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP IT Insan Utama 2. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 19. https://doi.org/10.24014/juring.v4i1.10491

Yuliani, L. D., Amam, A., & Nuraida, I. (2024). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Museum Bumi Alit. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(1), 101–110. https://doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.12041

Zaditania, A. P., & Ruli, R. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 328–336. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1997




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i1.17806

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: