Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self-Confidence Dalam Menyelesaikan Soal Segitiga dan Segiempat Berbasis Budaya Lokal
Sari
Referensi
Addin, S. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Di SMPK Karitas II Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Mitra Manajemen, 5(10), 718–735. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/578/509
Afifah, R. N., Sunaryo, Y., & Ruswana, A. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(3), 735–742.
Aini, A. N., & Setianingsih, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Confidence. MATHEdunesa, 11(3), 812–825. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p812-825
Aprilianto, M. R., Sholikhakh, R. A., Tegal, U. P., No, J. H., & Tengah, J. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Dengan Pembelajaran Daring. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 77–88.
Belli, R., & Annurwanda, P. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Confidence ( Kepercayaan Diri ) Pada Materi Statistika Kelas XII Analysis of Student ’ s Mathematical Communication Skills in Terms of Self Confidence in Class XII Statistics Material. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(1), 43–55.
Biton, Y. (2025). Learning mathematics through peer assessment : “ How can we assess something that we ourselves don ’ t know how to solve ? ”. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 21(1), 2557.
Cevikbas, M., Greefrath, G., & Siller, H. S. (2023). Advantages and challenges of using digital technologies in mathematical modelling education – a descriptive systematic literature review. Frontiers in Education, 8(April), 1–17. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1142556
Dewi, P. S. I. Y., Kurniati, N., & Wahidaturrahmi. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 122–131. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.41
Dewi, R. S., Sundayana, R., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 463–474. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.830
Erayani, F. N., Sridana, N., Arjudin, A., & Baidowi, B. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1875–1884. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.845
Fitriani, T. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Pada Materi Lingkaran. Journal Of Social Science Research Volume, 4(1), 9202–9212.
Gusteti, M. U., Rahmalina, W., Azmi, K., Wulandari, S., Mulyati, A., Hayati, R., Wahyuni, Z., Alfath, M. R., & Azizah, N. (2023). Geogebra : transformasi teknologi yang menyulap pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 3695–3704. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1866%0A
Hapsoh, H., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di desa sukaresmi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2226
Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.889
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020-2024. Kemendikbud.
Kusi, P., Boateng, F. O., & Teku, E. (2025). The effect of technology integration on college of education students ’ achievement in quadratic equations : The perspective of photo math utilization. EURASIA: Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 21(1).
Kusuma, D. A. (2019). Peningkatan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika Dengan Penerapan Mozart Effect (Studi eksperimen terhadap siswa Sekolah Menengah Pertama). TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 65. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1954
Markus, M., Tanya, S., Papers, W., Möbius, M. M., Niederle, M., Niehaus, P., & Rosenblat, T. S. (2022). Managing self-confidence : Theory and experimental evidence. 11.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. NCTM.
Oktaviyanthi, R., Agus, R. N., & Lestari, I. (2020). Short preliminary analysis of student teachers’ mathematical knowledge of limit of a function. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012058
Purnomo, R. W. A., & Wahyudi, W. (2021). Peran Self Confidence Bagi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Edupedia, 5(2), 99. https://doi.org/10.24269/ed.v5i2.1109
Puspita, D. A., Anggoro, B. S., & Pratiwi, D. D. (2024). Riset Keterhubungan: Bagaimana Self confidence dan Resiliensi Matematis Mempengaruhi Penalaran dan Kecerdasan Numerik Siswa. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(September), 1174–1189.
Robiah, S., & Nuraeni, R. (2023). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa mts pada materi himpunan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 215–228. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3095
Solihah, S., Amam, A., & Zakiah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Self Confidence Siswa Dengan Menggunakan Model Brain-Based Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 48. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4490
Suastra, I. W., Bagus, I., Arnyana, P., & Mandalika, U. P. (2024). Etnomatematika : Eksplorasi Budaya Sasak “ Nyongkolan ” Sebagai Sumber Belajar Matematika bahwa matematika tidak hanya bersifat universal tetapi juga dapat dipengaruhi oleh pemahaman konseptual siswa dan memotivasi mereka untuk belajar lebih aktif . Selai. Media Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FSTT UNFDIKMA, 12(2), 141–158.
Syah, J. M., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kampung Paledang Suci Kaler pada Materi Segiempat dan Segitiga. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 373–384. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.911
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Triana, C. R., & Rahmi, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Lingkaran: Analisis Deskriptif Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP IT Insan Utama 2. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 19. https://doi.org/10.24014/juring.v4i1.10491
Yuliani, L. D., Amam, A., & Nuraida, I. (2024). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Museum Bumi Alit. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(1), 101–110. https://doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.12041
Zaditania, A. P., & Ruli, R. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 328–336. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1997
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i1.17806
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: