Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran STEM

Aldelia Destiana Putri, Sri Hastuti Noer, Mella Triana

Sari


Kemampuan representasi matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran abad ke-21 untuk menghadapi tantangan global. Oleh karena itu, penelitian eksperimen semu ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan STEM. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 44 Bandar Lampung sebanyak 185 siswa yang terdistribusi ke dalam enam  kelas yaitu kelas 8.1 hingga kelas 8.6. Sampel penelitian ini adalah kelas 8.5 sebanyak 29 siswa dan kelas 8.6 sebanyak 29 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan kelas 8.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas 8.5 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan STEM lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

Referensi


Adinda, Mulia, S., Irfan, & Gusmaneli. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding Dalam Membentuk Kemandirian Peserta Didik . Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 34–41. https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.763

Awab, Z. A., Kosim, N., & Putri, M.N.(2021). Pembelajaran berbasis proyek pada pelajaran MatematikaSekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1),77-82. Diakses dari https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3708

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033/H/Kr/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering And Mathematic) untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 11-22. https://doi.org/ 10.24246 /j.js.2021.v11.i1.p11-22

Deswantari, E., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2020). Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Poligon. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 46-63. https:// ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Devi, P. K., Herliani, E., Setiawan, R., Yanuar, Y., & Karyana, S. (2018). Materi IHT Instruktur Pembelajaran Berbasis STEM. Kerjasama SEAMEO QITEP in Science dengan PPPPTK BOE.

Dwita, L., & Susanah, S. (2020). Penerapan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam Pembelajaran Matematika di SMK pada Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti. MATHEdunesa, 9 (2), 276–286. https://doi. org/10.26740/mathedunesa. v9n2. p276, 286

Fatmala, R., & Kumala, F. Z. (2023). The Effect of Self-Concept on Student’s Mathematics Representation Ability. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 46-54. http://dx.doi.org/10. 36709/jpm.v14i1.21

Fincham, E., Gašević, D., Jovanović, J., & Pardo, A. (2018). From Study Tactics to Learning Strategies: An Analytical Method for Extracting Interpretable Representations. IEEE Transactions on Learning Technologies, 12(1), 59-72. https://doi.org/10.1109/TLT.2018.2823317

Fitriyani, A., Toto, T., & Erlin, E. (2020). Implementasi model PjBL-STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 1-6. http://dx.doi.org/10.25157/ jpb.v8i2.4375

Indriani, K. W. A. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa pada materi bangun datar melalui model pembelajaran proyek terintegrasi STEM. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 51-62. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2462

Ishak, A. M. F., Israwaty, I., & Halik, A. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru. Pinisi Journal Of Education, 1(1), 38-58. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/26603

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064-1074. https://doi.org/10.31004/ basicedu.v6i1.2124

Karim, A., Savitri, D., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika , 1 (2), 63-75. https://doi.org/10.46306 /lb.v1i2.17

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-Based Learning: A Review Of The Literature. Journal Improving Schools, 19(3), 267-277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733

Kumala, F. Z. (2021). Pengaruh penggunaan youtube terhadap minat dan motivasi belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(2), 107-116. https://doi.org/10.37058/jp3m. v7i2.3365

Lisarani, V., & Qohar, A. (2021). Representasi Matematis Siswa Smp Kelas 8 dan Siswa SMA Kelas 10 dalam Mengerjakan Soal Cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1-7. https:// doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page1-7

Mainali, B. (2021). Representation in Teaching and Learning Mathematics. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 9(1), 1-21. https://doi.org/10.46328/ ijemst.1111

Mawaddah, S., & Mahmudi, A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Penggunaan Project-Based Learning Terintegrasi Stem. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 167-182. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3179

Muhali. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 25-50. https:// doi.org/10.36312/esaintika. v3i2.126

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Menghadapi Revolusi Industry 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 453-460). Diakses dari https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/ view/325

Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 34-45. https:// doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751

Noer, S. H., Triana, M., Gunowibowo, P., Asnawati, R., & Vetama, W. (2024). An empirical analysis: The impact of project-based learning on students' mathematical reflective thinking skills and self-concept. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 7(3), 466-480. https://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v7i3.21111

Novira, R., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 287-292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Nugroho, H. (2024). Pendekatan Stem Berbantuan Geogebra Pada Materi SPLDV untuk Meningkatkan Representasi Matematis. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i1

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. PISA, OECD Publishing. Paris. https://doi.org/10.1787/5f07c 754-en.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. PISA, OECD Publishing. Paris. https://doi.org/10. 1787/53f23881-en.

Pratiwi, D. A., & Rifalianti, R. (2021). Model pembelajaran yang mendukung kemampuan representasi Matematis di masa pandemi covid-19. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 106-113. Diakses dari https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/ view/3724

Purwaningsih, E., Sari, S. P., Sari, A. M., & Suryadi, A. (2020). The Effect of Stem-Pjbl and Discovery Learning on Improving Students ’ Problem-Solving Skills of The Impulse and Momentum Topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 465–476. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.26432. Diakses pada 5 Juli 2024.

Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). Implementasi STEM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5490

Ramanisa, H., Khairudin, K., & Netti, S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 34-38. https://doi.org/10.30598/ jumadikavol 2iss1year 2020page34-38

Ridwan, N. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Tingkat Pendidikan Tinggi. el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 105-118. Diakses dari https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah

Rohana, R., Sari, E. F. P., & Nurfeti, S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Materi Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 679-691. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3365

Rusminati, SH, & Juniarso, T. (2023). Studi literatur: STEM untuk menumbuhkan keterampilan abad 21 di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan , 5 (3), 10722-10727. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1974

Sawu, M. R. F., Sukarso A., Lestari, T. A., & Handayani, B. S. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran STEM dalam membangun Disposisi Kreatif dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, x(x), 1-12. https://doi.org/10.29303 /jjppipa.v1i1.264.

Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 3(2). https://doi.org/10.26877/ jipmat.v3i2.2748

Santia, I., Purwanto., Akbar, S., Sudirman., dan Subanji. (2019). Exploring Mathematical Representation in Solving ILL-Structured Problems: The Case of Quadratic Function. Journal on Mathematics Education. Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1229913

Sulastri, S., & Cahyani, G. P. (2021). Pengaruh project based learning dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran online di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), 372-379. Diakses dari https://doi.org/10.26740/ jpak.v9n3. p372-379

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234. Diakses dari https://journal.institutpendidikan. ac.id/index.php/ mosharafa

Suprayitno, T. (2019). Pendidikan di Indonesia: Belajar dari Hasil PISA 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan. Diakses dari http://repositori.kemdikbud. go.id/id/eprint/16742

Susanti, E., & Kurniawan, H. (2020). Design Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan STEM (science, technology, engineering, mathematics). AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 37-52. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.5292

Susanti, E., & Kurniawan, H. (2020). Design Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan STEM (science, technology, engineering, mathematics). AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 37-52. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.5292

Tati, T., Firman, H., & Riandi, R. (2017). The Effect of STEM Learning through the Project of Designing Boat Model toward Student STEM Literacy. Journal of Physics: International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE), 012157. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012157

Tsai, H. Y., Chung, C. C., & Lou, S. J. (2017). Construction and development of iSTEM learning model. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 15-32. https://doi.org/10.12973/ ejmste/78019

Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning dengan pendekatan STEM terhadap hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113-120. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561

Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., & Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552-563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419

Young, S. P. (2018). How to equip students to be problem solvers through STEAM The emphasis of scientific thinking, computational thinking, and emotional thinking. JSSE Research Report, 32(8), 3-6. https://doi.org/ 10.14935/jsser.32.8_3




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i1.18467

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: