Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran STEM
Sari
Referensi
Adinda, Mulia, S., Irfan, & Gusmaneli. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding Dalam Membentuk Kemandirian Peserta Didik . Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 34–41. https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.763
Awab, Z. A., Kosim, N., & Putri, M.N.(2021). Pembelajaran berbasis proyek pada pelajaran MatematikaSekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1),77-82. Diakses dari https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3708
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033/H/Kr/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka
Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering And Mathematic) untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 11-22. https://doi.org/ 10.24246 /j.js.2021.v11.i1.p11-22
Deswantari, E., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2020). Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Poligon. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 46-63. https:// ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Devi, P. K., Herliani, E., Setiawan, R., Yanuar, Y., & Karyana, S. (2018). Materi IHT Instruktur Pembelajaran Berbasis STEM. Kerjasama SEAMEO QITEP in Science dengan PPPPTK BOE.
Dwita, L., & Susanah, S. (2020). Penerapan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam Pembelajaran Matematika di SMK pada Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti. MATHEdunesa, 9 (2), 276–286. https://doi. org/10.26740/mathedunesa. v9n2. p276, 286
Fatmala, R., & Kumala, F. Z. (2023). The Effect of Self-Concept on Student’s Mathematics Representation Ability. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 46-54. http://dx.doi.org/10. 36709/jpm.v14i1.21
Fincham, E., Gašević, D., Jovanović, J., & Pardo, A. (2018). From Study Tactics to Learning Strategies: An Analytical Method for Extracting Interpretable Representations. IEEE Transactions on Learning Technologies, 12(1), 59-72. https://doi.org/10.1109/TLT.2018.2823317
Fitriyani, A., Toto, T., & Erlin, E. (2020). Implementasi model PjBL-STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 1-6. http://dx.doi.org/10.25157/ jpb.v8i2.4375
Indriani, K. W. A. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa pada materi bangun datar melalui model pembelajaran proyek terintegrasi STEM. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 51-62. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2462
Ishak, A. M. F., Israwaty, I., & Halik, A. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru. Pinisi Journal Of Education, 1(1), 38-58. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/26603
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064-1074. https://doi.org/10.31004/ basicedu.v6i1.2124
Karim, A., Savitri, D., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika , 1 (2), 63-75. https://doi.org/10.46306 /lb.v1i2.17
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-Based Learning: A Review Of The Literature. Journal Improving Schools, 19(3), 267-277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733
Kumala, F. Z. (2021). Pengaruh penggunaan youtube terhadap minat dan motivasi belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(2), 107-116. https://doi.org/10.37058/jp3m. v7i2.3365
Lisarani, V., & Qohar, A. (2021). Representasi Matematis Siswa Smp Kelas 8 dan Siswa SMA Kelas 10 dalam Mengerjakan Soal Cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1-7. https:// doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page1-7
Mainali, B. (2021). Representation in Teaching and Learning Mathematics. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 9(1), 1-21. https://doi.org/10.46328/ ijemst.1111
Mawaddah, S., & Mahmudi, A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Penggunaan Project-Based Learning Terintegrasi Stem. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 167-182. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3179
Muhali. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 25-50. https:// doi.org/10.36312/esaintika. v3i2.126
Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Menghadapi Revolusi Industry 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 453-460). Diakses dari https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/ view/325
Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 34-45. https:// doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819
Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751
Noer, S. H., Triana, M., Gunowibowo, P., Asnawati, R., & Vetama, W. (2024). An empirical analysis: The impact of project-based learning on students' mathematical reflective thinking skills and self-concept. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 7(3), 466-480. https://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v7i3.21111
Novira, R., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 287-292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Nugroho, H. (2024). Pendekatan Stem Berbantuan Geogebra Pada Materi SPLDV untuk Meningkatkan Representasi Matematis. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i1
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. PISA, OECD Publishing. Paris. https://doi.org/10.1787/5f07c 754-en.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. PISA, OECD Publishing. Paris. https://doi.org/10. 1787/53f23881-en.
Pratiwi, D. A., & Rifalianti, R. (2021). Model pembelajaran yang mendukung kemampuan representasi Matematis di masa pandemi covid-19. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 106-113. Diakses dari https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/ view/3724
Purwaningsih, E., Sari, S. P., Sari, A. M., & Suryadi, A. (2020). The Effect of Stem-Pjbl and Discovery Learning on Improving Students ’ Problem-Solving Skills of The Impulse and Momentum Topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 465–476. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.26432. Diakses pada 5 Juli 2024.
Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). Implementasi STEM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5490
Ramanisa, H., Khairudin, K., & Netti, S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 34-38. https://doi.org/10.30598/ jumadikavol 2iss1year 2020page34-38
Ridwan, N. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Tingkat Pendidikan Tinggi. el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 105-118. Diakses dari https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah
Rohana, R., Sari, E. F. P., & Nurfeti, S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Materi Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 679-691. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3365
Rusminati, SH, & Juniarso, T. (2023). Studi literatur: STEM untuk menumbuhkan keterampilan abad 21 di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan , 5 (3), 10722-10727. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1974
Sawu, M. R. F., Sukarso A., Lestari, T. A., & Handayani, B. S. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran STEM dalam membangun Disposisi Kreatif dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, x(x), 1-12. https://doi.org/10.29303 /jjppipa.v1i1.264.
Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 3(2). https://doi.org/10.26877/ jipmat.v3i2.2748
Santia, I., Purwanto., Akbar, S., Sudirman., dan Subanji. (2019). Exploring Mathematical Representation in Solving ILL-Structured Problems: The Case of Quadratic Function. Journal on Mathematics Education. Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1229913
Sulastri, S., & Cahyani, G. P. (2021). Pengaruh project based learning dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran online di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), 372-379. Diakses dari https://doi.org/10.26740/ jpak.v9n3. p372-379
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234. Diakses dari https://journal.institutpendidikan. ac.id/index.php/ mosharafa
Suprayitno, T. (2019). Pendidikan di Indonesia: Belajar dari Hasil PISA 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan. Diakses dari http://repositori.kemdikbud. go.id/id/eprint/16742
Susanti, E., & Kurniawan, H. (2020). Design Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan STEM (science, technology, engineering, mathematics). AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 37-52. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.5292
Susanti, E., & Kurniawan, H. (2020). Design Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan STEM (science, technology, engineering, mathematics). AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 37-52. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.5292
Tati, T., Firman, H., & Riandi, R. (2017). The Effect of STEM Learning through the Project of Designing Boat Model toward Student STEM Literacy. Journal of Physics: International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE), 012157. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012157
Tsai, H. Y., Chung, C. C., & Lou, S. J. (2017). Construction and development of iSTEM learning model. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 15-32. https://doi.org/10.12973/ ejmste/78019
Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning dengan pendekatan STEM terhadap hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113-120. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561
Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., & Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552-563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419
Young, S. P. (2018). How to equip students to be problem solvers through STEAM The emphasis of scientific thinking, computational thinking, and emotional thinking. JSSE Research Report, 32(8), 3-6. https://doi.org/ 10.14935/jsser.32.8_3
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i1.18467
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: