Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Web Google Sites Berbantuan GeoGebra Untuk Mengeksplor Kemampuan Abstraksi Reflektif
Sari
Tujuan penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis web Google Sites untuk mengeksplor kemampuan abstraksi reflektif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang dosen matematika, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 14 orang mahasiswa semester 6 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di salah satu perguruan tinggi di Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model Luther-Sutopo melalui 6 tahapan dalam model pengembangan Luther-Sutopo yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara tidak terstruktur, angket dan tes kemampuan abstraksi reflektif. Instrumen yang digunakan lembar validasi ahli materi, ahli media, dan soal tes kemampuan abstraksi reflektif. Hasil penelitian menurut ahli materi dan ahli media dikategorikan “layak”, ujicoba produk kepada 10 orang mahasiswa dengan hasil kategori “sangat layak”. Hasil penelitian terhadap 14 orang mahasiswa semester 6 diperoleh nilai rata-rata kemampuan abstraksi reflektif pada post-test sebesar 62,14 dengan kategori cukup. Hasil pengujian Effect Size (ES) diperoleh nilai 2,06 dengan kategori “Strong Effect”. Dapat disimpulkan bahwa menghasilkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis web Google Sites layak digunakan untuk mengeksplor kemampuan abstraksi reflektif mahasiswa pada materi bangun ruang kubus.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i1.18500
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: