IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA KELAS AWAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Adang Effendi, Ai Tusi Fatimah

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang implementasi model pembelajaran creative problem solving (CPS) pada siswa kelas awal sekolah menengah kejuruan (SMK). Penelitian ini menggunakan metode studikasus untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran CPS pada siswa SMK Perbankan Syariah kelas X di Ciamis, Indonesia. Siswa kelas awal merupakan siswa kelas X yang baru mengikuti pembelajaran pada topikmatematika. Data pada penelitian ini berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terhadap aspek sintaks, sistem sosial, peran guru, sistem pendukung, dampak-dampak instruksional dan pengiring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) diperlukan identifikasi masalah kelas awal dan tujuan pendidikan SMK untuk merencanakan implementasi model pembelajaran CPS di SMK, (2) sintaks model pembelajaran CPS dapat diimplementasikan secara bertahap pada siswa kelas awal dengan pengaturan sosial yang bertahap dan didukung dengan sistem pendukung yang tepat sehingga guru dapat berperan secara tepat dan memberi dampak instruksional dan pengiring seperti yang sudah direncanakan. Peneliti selanjutnya dapat mengimplementasikan model CPS pada spektrum keahlian SMK yang lainnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apiati, V., & Fatimah, A. (2017). Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan model creative problem solving (CPS). JP3M Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Vol. 3 No. 1: 71-76.

Bikmaz, F. H., Çeleb, Ö., Aslıhan, A. T. A., Eren, Ö. Z. E. R., Soyak, Ö., & Reçber, H. (2010). Scaffolding strategies applied by student teachers to teach mathematics. The International Journal of Research in Teacher Education, Vol.1 No. 3: 25-36.

Braun, S.S., Zadzora, K.M., Miller, A.M. et al. (2019). Predicting elementary teachers’ efforts to manage social dynamics from classroom composition, teacher characteristics, and the early year peer ecology. Soc Psychol Educ. 1-23. https://doi.org/10.1007/s11218-019-09503-8.

Effendi, A. (2016a). Implementasi Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa SMA. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY. 9-16.

Effendi, A. (2016b). Implementasi Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JPPM. Vol. 9 No. 2: 165-176.

Effendi, A. (2017). Implementation of Creative Problem Solving Model to Improve The High School Student’s Metacognitive. Journal of Physics: Conference Series. Ser. 812 012065. 1-6.

Fatimah, A. T., Amam, A., & Effendi, A. (2017). Konstruksi Pengetahuan Trigonometri Kelas X Melalui Geogebra dan LKPD. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Vol. 1 No. 2: 178-188.

Fatimah, A. T., Effendi, A., & Amam, A. (2018). Koneksi Matematis pada Konsep Ekonomi (Permintaan dan Penawaran). Teorema, 2(2),107-116.

Fatimah, A. T. & Amam, A. (2018). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan. JPPM, 11(2), 77-90.

Fatimah, A. T. & Zakiah, N. E. (2018). Kelancaran Prosedural Matematis Dalam Pemecahan Masalah Konteks Pemasaran. Mathline Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 141-150.

Fatimah, A. T., Pramuditya, S. A. & Wahyudin (2019). Imitative and creative reasoning for mathematical problem solving (in context horticultural agribusiness). Journal of Physics: Conf. Series 1157 042092: 1-6.

Fatimah, A.T. & Zakiah, N. E. (2019). Matematika Pada Kompetensi Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 31-47.

Hancock, D. R. & Algozzine, B. (2006). Doing Case Study Research. Newyork dan London: Theachers Collage Press.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Model of teaching-Model-model (8th ed.) Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Krulik Stephen & Rudnick Jesse A 1995 The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School (Boston : Temple University).

Pepkin, K. L. (2004) Creative Problem Solving In Math. Tersedia di: http://www.uh.edu/hti/ cu/2004/v02/04.htmfl [4 Februari 2007].

Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK.

Turmuzi, M. Sripatmi, S. Azmi, S. & Hikmah, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Pijar MIPA. Vol. 13 No. 1: 45-50.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wu, Q., Lei, P., DiPerna, J.C. et al. (2015). Identifying Differences in Early Mathematical Skills Among Children in Head Start. Int J of Sci and Math Educ. Vol 13 No. 6: 1403-1423.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2535

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: