DESKRIPSI KESALAHAN SISWA MEMECAHKAN SOAL BERBENTUK CERITA PADA MATERI SEGIEMPAT

Meli Susanti, Luvy Sylviana Zanthy, Nelly Fitriani

Sari


Soal cerita pada materi segiempat merupakan soal yang sering ditemui oleh siswa, namun kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal materi segiempat masih banyak melakukan kesalahan dan kekeliruan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan jawaban siswa masih sangat tinggi. Kesalahan terjadi pada pemahaman siswa dalam memahami permasalahan yang terdapat pada soal, sehingga siswa mengalami kekeliruan dalam menjawab soal dengan tidak menuliskan informasi yang terdapat pada soal, keliru menggunakan rumus, keliru pada saat mengoperasikan bilangan dan tidak melengkapi dengan kesimpulan jawaban. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menjawab soal cerita materi segiempat. Evaluasi kegiatan belajar dengan cara melihat hasil jawaban siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP IT Budi Luhur Kota Cimahi sebanyak 17 siswa dengan kemampuan bervariasi. Teknik pengambilan data dengan soal uraian sebanyak empat buah dan wawancara langsung dengan siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cooney, T. J., Davis, E. J., & Henderson, K. B. (1983). Dynamics of teaching secondary school mathematics. Waveland Pr Inc.

Dwidarti, U., Mampouw, Lygia, H., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322.

Evi, S. (2011). Pendekatan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, edisi khusus (2), 80.

Fauzi, A., Waluya, B., & Masrukan. (2019). Pembelajaran matematika dengan pendekatan realistic mathematics education (RME) berbasis soal open-ended untuk meningkatkan komunikasi. Phenomenon, 9(1), 87-98.

Fitriani, N. (2016). Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self confidence siswa smp yang menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jurnal Euclid, 2(2), 341–351.

Hanifah, A. N., Sa’adah, N., & Sasongko, A. D. (2019). Hubungan kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar siswa smk melalui model pembelajaran hypnoteaching. Teori dan Riset Matematika, 4(2), 121–130.

Martini, S., & Al, E. (2018). Pengaruh pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi dan self confidence siswa Smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 149–156. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228

Nadjib, A. (2014). Analisis kesalahan pemahan dalam materi segiempat menutut tingkat berpikir van hiele pada siswa smp negeri suppa kabupaten pinrang. Jurnal Pepatuzdu, 8(1), 19.

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari koneksi matematis materi limit fungsi. Wacana Akademika, 1(2), 151–164, https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2017). karakteristik instrumen penilaian hasil belajar matematika ranah kognitif yang dikembangkan mengacu pada model pisa. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130, https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Widyaningrum, Zulvia, A. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika materi aritmetika sosial ditinjau dari gaya belajar siswa kelas vii smp negeri 5 metro tahun pelajaran 2015/2016. Iqra, 1(2).

Yenni, & Sukmawati, R. (2019). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis berdasarkan minat belajar pada mata kuliah struktur aljabar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 75-82.

Yuharsono. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran aritmetika sosial dengan pendekatan matematika realistik dan model beljar kooperatif tipe stad. Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 92-106.

Yulia. (2019). Analisis pemahaman siswa terhadap konsep segi empat (studi kasus pada siswa kelas vii smp negri 1 sindue). Ilmiah Pendidikan Matematika Equals, 2(1), 24.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120.

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di stkip siliwangi bandung. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3200

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: