GAYA BELAJAR DAN MATHEMATICS SELF-CONCEPT TERHADAP MINAT AKADEMIK MAHASISWA

Nita Delima, Yanry Budianingsih

Sari


Gaya belajar dan Mathematics Self-Concept (MSC) dapat menjadi prediktor yang kuat dalam melakukan pilihan terhadap pendidikan dan pekerjaan seseorang. Sementara itu, minat akademik mahasiswa pada program studi yang dipilihnya saat ini mempengaruhi pada pencapaian prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan gaya belajar terhadap minat akademik mahasiswa pada pemilihan program studi. Selain itu, penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan MSC terhadap minat akademik mahasiswa pada pemilihan program studi. Gaya belajar yang diteliti dalam penelitian ini adalah gaya belajar Kolb. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen untuk mengukur gaya belajar berupa angket Learning Style Inventory (LSI), serta angket untuk mengukur MSC. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap minat akademik mahasiswa pada pemilihan program studi. Meskipun demikian, gaya belajar yang telah diukur dalam penelitian ini dapat digunakan untuk menentukan metode, teknik serta strategi belajar yang cocok untuk setiap mahasiswa. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan MSC terhadap minat akademik mahasiswa pada pemilihan program studi. Hal tersebut memberikan implikasi bahwa MSC dapat menjadi prediktor seseorang dalam memilih pendidikan yang diminatinya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adegoke, B. A. (2015). The big-fish-little-pond effect on mathematics self concept of junior school student in academically selective and non-selective schools. Journal of Studies in Education. 5 (2), 91-105.

ALQahtani, D. A., & Al-Gahtani, S.M. (2014). Assessing learning styles of saudi dental students using kolb’s learning style inventory. Journal of Dental Education, 78(6), 927-933.

Chen, C., Chiu, P., & Huang, Y. (2015). The learning style-based adaptive learning system architecture. International Journal of Online Pedagogy and Course Design, 5(2), 1-10.

Cimermanova, I. (2018). The effect of learning styles on academic achievement in different forms of teaching. International Journal of Instruction, 11(3), 219-232.

DePorter, B. & Hernacki, M. (2000). Quantum learning. Bandung: PT Kaifa.

Fuad, A. J. (2015). Gaya belajar kolb dan percepatan belajar. Makalah disajikan dalam Seminar Psikologi & Kemanusiaan Psychology Forum UMM.

Githua, B. N & Mwangi, J. G. (2003). Students’ mathematics self concept and motivation to learn mathematics: relationship and gender differences among kenya’s secondary-school student in nairobi and rift valley provinces. International Journal of Educational Development, 23(5), 487-499.

Hood, M., Creed, P. A., & Neumann, D. L. (2012). Using The expectancy value model of motivation to understand the relationship between student attitudes and achievement in statistics. Statistics Education Research Journal, 11(2), 72-85.

Ishak, N. B., & Awang, M. M. (2017). The relationship of student learning styles and achievement in history subject. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(3), 3372-3377.

Kaminski, D. A., Théroux, P. J., Lister, B. C., & Gabriele, G. A. (2005). Exploring the link between student learning styles & grades in an introductory thermal-fluids course. In Proceedings of the 2005 American Society for Engineering Education Annual Conference & Exposition (pp. 10.508.1-10.508.16).

Kamuche, F. U. (2011). Do learning & teaching styles affect students performance? an empirical study. Journal of Business & Economics Research (JBER), 3(9), 35-40.

Kolb, D.A., Boyatzis, R.E. & Mainemelis, C. (2000). Experiential learning theory: previous research and new directions. Dalam Sternberg, R.J. & Zhang, L.S. (Eds.). Perspectives on Cognitive, Learning, and Thinking Styles. NJ: Lawrence Erlbaum.

Kolb, A.Y. & Kolb, D. A. (2005). The kolb learning style inventory version 3.1.

Kvedere, L. (2012). Mathematics self-concept of the 9th grade srudent in latvia. Procedia-Social and Behavioral Science, 116, 2687-2690.

Nagy, G., Watt, H. M. G., Eccles, J.S., Trautwein, U., Ludtke, O., Baumert, J. (2010). The development of students’ mathematics self-concept in relation to gender: different countries, different trajectories? Journal of Research on Adolences, 20(2), 482-506.

OECD. (2013). PISA 2012 result: ready to learn: student’s engagement, drive and self–belief vol iii. OECD Publishing

Pratiwi, A., Widyarini, I & Yusainy, C. A. (2010). Konstruksi tes gaya belajar berdasarkan teori belajar eksperiensial david a. kolb. Jurnal Interaktif, 1(1), 1-14.

Rais, M. (2017). Eksplorasi gaya belajar mahasiswa dan kemampuan mengkonsepsi gambar teknik. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan teknologi dan Kejuruan, 4(2), 61-68.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sproesser, U., Engel, J. & Kuntze, S. (2016). Fostering self-concept and interset for statistics through specific learning environment. Statistics Education Research Journal, 15(1), 28-54.

Wilkinson, T., Boohan, M., & Stevenson, M. (2013). Does learning style influence academic performance in different forms of assessment?. Journal of Anatomy, 224(3), 304-308.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3296

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: