ETNOMATEMATIKA PADA LOPO SUKU BOTI DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng, Meryani Lakapu, Yohanes Ovaritus Jagom, Irmina Veronika Uskono

Sari


Lopo Boti adalah sebuah bangunan tradisional milik Suku Boti, salah satu suku tertua di Pulau Timor, NTT. Bangunan ini mengandung nilai-nilai filosofis yang tinggi dan berperan penting dalam kehidupan masyarakat Suku Boti. Penelitian ini adalah suatu penelitian kualitatif berdesain etnografi yang bertujuan untuk mengeksplorasi unsur-unsur matematis yang terkandung dalam Lopo Boti. Desain penelitiannya menggunakan desain etnomatematika oleh Alangui yang didasarkan pada empat pertanyaan dasar yaitu: where is it to look? how is it to look? what is it? what does it mean? Subjek penelitiannya yaitu masyarakat Suku Boti, khususnya Suku Boti Dalam, salah satu bagian dari Suku Boti yang masih memegang teguh tradisi Boti dalam hidup kesehariannya. Data dikumpulkan melalui observasi langsung di Desa Boti dan wawancara bersama subjek penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa unsur-unsur geometri meliputi unsur-unsur primitif, konsep jarak dalam ruang, kesebangunan, dan luas permukaan, serta unsur-unsur barisan dan deret aritmetika terkandung dalam Lopo Boti. Berdasarkan unsur-unsur tersebut maka beberapa kemampuan matematis yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika bermediakan Lopo Boti yaitu kemampuan merepresentasi, kemampuan visual-spasial, kemampuan berpikir kritis, kemampuan menginvestigasi, dan kemampuan memecahkan masalah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alangui, W. V. (2010). Stone walls and water flows: interrogating cultural practice and mathematics (The University of Auckland). Retrieved from https://researchspace.auckland.ac.nz/handle/2292/5732.

Andung, P., & Nope, H. (2017). Media rakyat sebagai media komunikasi pembangunan masyarakat suku boti. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2), 277-292. https://doi.org/10.24002/jik.v14i2.870.

Anwar, R. B., Yuwono, I., As’ari, A. R., Sisworo, & Rahmawati, D. (2016). Mathematical representation by students in building relational understanding on concepts of area and perimeter of rectangle. Educational Research and Reviews, 11(21), 2002-2008. https://doi.org/10.5897/err2016.2813.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics-an International Journal of Mathematics Education, 5(1), 44-48.

Dosinaeng, W. B. N. (2017). Analisis pemikiran matematis dalam permainan tradisional masyarakat lamaholot. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 491-498.

Dosinaeng, W. B. N. (2019). Analysis of students’ higher order thinking skills in solving basic combinatorics problems. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 133-147. https://doi.org/10.33654/math.v5i2.611.

Fadilah, E., & Afifah, D. S. N. (2014). Kecerdasan visual-spasial siswa smp dalam memahami bangun ruang ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Sidoarjo, 2(2), 151-158.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114-119.

Gay, L., Mills, G. E., & Airasian, P. (2012). Educational research, competencies for analysis and applications. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gurat, M. G. (2018). Mathematical problem-solving strategies among. ERIES Journal, 11(3), 53-64. https://doi.org/10.7160/eriesj.2018.110302.Introduction.

Hariastuti, R. M., Budiarto, M. T., & Manuharawati, M. (2019). From culture to classroom: study ethnomathematics in house of using banyuwangi. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(2), 76. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i2.60.

Jayanti, I. G. N. (2015). Budaya boti dan eksistensinya di era kekinian. Jurnal Penelitian Sejarah dan Nilai Tradisional, 22(1).

Kaur, B., Har, Y. B., & Kapur, M. (2009). Mathematical problem solving. Singapore: World Scientific Publishing Co.Pte.Ltd.

Kusuma, D. A. (2019). Peningkatan komunikasi matematis siswa menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika dengan penerapan mozart effect (studi eksperimen terhadap siswa sekolah menengah pertama). Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(1), 65-74. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1954.

Maryati, & Prahmana, R. C. I. (2019). Ethnomathematics: exploration of the muntuk community. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(6), 47-49.

Muhtadi, D., Sukiran, Warsito, & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese ethnomathematics: mathematical activities in estimating, measuring, and making patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185-198. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22342/jme.8.2.4055.

Ningsih, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas viii mtsn kabupaten kerinci. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 351-362. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.118

Ninu, J. J. A. S., Rihadi, S., & Tirtahusada, K. (2018). Gambaran penanganan ibu hamil dan bersalin pada suku boti dalam kecamatan ki’e, kabupaten timor tengah selatan. Jumal Widya Medika Surabaya, 4(1), 25-30.

Nuban, D. K. E. R., Hartiwiningsih, & Jamin, M. (2017). The legal aspects of boti’s tribe: “when the national law is not required”. International Journal of Business, Economics and Law, 13(4), 130-137.

Prasodjo, R., Musadad, D. A., Muhidin, S., Pardosi, J., & Silalahi, M. (2015). Advocate program for healthy traditional houses, ume kbubu, in a timor community: preserving traditional behavior and promoting improved health outcomes. Journal of Health Communication, 20(S1), 10-19. https://doi.org/10.1080/10810730.2015.1013390

Purnama, W., & Rohmah, M. S. (2018). Sejarah dan filsafat matematika (edisi revisi 2018). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Puspita, D., Tauho, K. D., Nusawakan, A. W., & Kinasih, A. (2016). Fungsi ume kbubu dan aktivitas penghuninya saat cuaca dingin di desa binaus, Kabupaten Timor Tengah Selatan-Nusa Tenggara Timur. KRITIS, Jurnal Studi Pembangunan Interdisiplin, 25(1), 1-9.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2013). Ethnomodelling as a research lens on ethnomathematics and modelling. Journal of Urban Mathematics Education, 6(2), 117-127. https://doi.org/10.1007/978-94-007-6540-5_10.

Rosidah, L. (2014). Peningkatan kecerdasan visual spasial anak usia dini melalui permainan maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 281-290.

Sandiningtyas, H., & Wiyono, B. B. (2018). Pendidikan berbasis budaya lokal suku boti: studi kasus di sdn-smpn satu atap oefau desa boti nusa tenggara timur. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 77-82. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p077.

Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui problem posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58

Situmeang, V. S. N. (2013). Ume kbubu: Household granary and food security in timor tengah selatan. University of Oregon.

Suddin, S. (2017). Resources of boti village (timor island) for the ecotourism development. Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 5(2), 107-112. https://doi.org/10.21776/ub.jitode.2017.005.02.06.

Sulaiman, H. (2019). Aktivitas matematika berbasis budaya pada masyarakat pesisir di pasar ikan gebang kabupaten cirebon. MaPan, 7(1), 61-73. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a5.

Suminar, E. (2018). Persepsi suku boti terhadap lingkungan hidup. Ensains Journal, 1(2), 89. https://doi.org/10.31848/ensains.v1i2.100.

Supriadi, Arisetyawan, A., & Tiurlina. (2016). Mengintegrasikan pembelajaran matematika berbasis budaya banten pada pendirian sd laboratorium upi kampus serang. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 1-18. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2510.

Turmudi. (2017). Kajian etnomatematika: belajar matematika dengan melibatkan unsur budaya. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 38-53.

Utami, N. W., Sayuti, S. A., & Jailani. (2019). Math and mate in javanese primbon: ethnomathematics study. Journal on Mathematics Education, 10(3), 341-356. https://doi.org/10.22342/jme.10.3.7611.341-356.

Yustinaningrum, B., Nurliana, & Rahmadhani, E. (2018). The ethnomathematics: exploration of gayo tribe local wisdom related to mathematics education. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012061.

Zaenuri, & Dwidayati, N. (2018). Menggali etnomatematika : matematika sebagai produk budaya. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 471-476. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Zara, T. (2008). Babylonian Mathematics: A brief study of some aspects of babylonian mathematics. Liberty University.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3443

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: