PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKURI UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA SMA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Gida Kadarisma, Indah Puspita Sari, Eka Senjayawati

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya HOTS siswa pada materi trigonometri pada siswa SMA di salah satu sekolah swasta di Cimahi, siswa merasa kesulitan dalam memahami materi trigonometri dikarenakan bahan ajar yang digunakan belum memfasilitasi proses berpikir tingkat tinggi siswa, sehingga diperlukan pengembangan bahan ajar yang berbasis inkuiri agar HOTS siswa semakin meningkat. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengembangkan LKS berbasis Inkuiri pada materi trigonometri. Metode penelitian ini adalah metode pengembangan dengan desain 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develope), dan penyebaran (desiminate), namun karena keterbatasan waktu penelitian ini tidak sampai pada tahap penyebaran. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas  X di salah satu SMA swasta di Kota Cimahi  sebanyak 32 siswa.  Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes HOTS untuk mengukur efektivitas bahan ajar serta lembar validasi untuk mengukur validitas bahan ajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa LKS yang dikembangkan dinyatakan valid dengan rata-rata nilai validitas dari validator ahli sebesar 3,4 serta efektivitas dari peningkatan kemampuan HOTS sebesar 35,3%. Adapun implikasi dari penelitian ini yaitu guru dapat menggunakan LKS berbasis inkuiri ini sebagai bahan ajar pada materi trigonometri agar kemampua HOTS siswa meningkat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adami, M. A., Amali, P., & Yurnetti. (2018). Bahan ajar beroientasi pemecahan masalah untuk mencapai HOTS. Pillar of Physics Education, 11(2), 17–24.

Ahmadi, Y., & Kadarisma, G. (2020). Pelatihan menulis karya ilmiah bagi guru. Seminar Nasional REKARTA, 2–7.

Ahmatika, D. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendakatan inquiry/discovery. Euclid, 3(1), 394–403.

Aisyi, F. K., Elvyanti, S., Gunawan, T., & Mulyana, E. (2013). Pengembangan bahan ajar TIK SMP mengacu pada pembelajaran berbasis proyek. INVOTEC, IX(2), 117–128.

Anderson, L., & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen: revisi taksonomi pendidikan bloom. Pustaka Pelajar.

Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 17–26.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (high order thinking skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. Prisma, 1, 170–176.

Fatimah, A. T., & Zakiah, N. E. (2018). Kelancaran prosedural matematis dalam pemecahan masalah konteks pemasaran. Mathline, 3, 141–150.

Fitriani, N., Kadarisma, G., & Amelia, R. (2020). Pengembangan desain didaktis untuk mengatasi learning obstacle pada materi dimensi tiga. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika UPGRIS Semarang, 9(2), 231–241.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa smp berdasarkan teori belajar ausubel. 11, 182–192.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International mathematics and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.

Jusniani, N. (2016). Pendekatan inkuiri dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp kelas vii. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 119–126.

Kadarisma, G. (2016). Improving students’ logical thinking mathematic skill through learning cycle 5e and discovery learning. Proceeding of 3rd International Conference on Research Implementation Education of Mathematics and Science.

Kadarisma, G., & Ahmadi, Y. (2019). Pelatihan penggunaan media pembelajaran berbasis ict kepada guru sekolah dasar. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40.

Kadarisma, G., Senjayawati, E., & Amelia, R. (2019). Pedagogical content knowledge pre-service mathematics teacher. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1).

Kristianingsih, D. D., & Wijayati, N. (2016). Education pengembangan lks fisika bermuatan generik sains untuk meningkatkan higher order thinking (HOTS) siswa. Journal of Innovative Science, 5(1), 73–82.

Mahendratama, F. J. (2019). Analisis kemampuan siswa sma dalam menyelesaikan soal hots materi trigonometri ditinjau dari gaya belajar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 5(2), 123–131.

Muakhirin, B. (2015). Peningkatan hasil belajar ipa melalui pendekatan pembelajaran inkuiri pada siswa sd. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 1(18).

Mulbasari, A. (2016). Bahan ajar berbasis inquiry untuk mendorong aktivitas berpikir kritis matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 187–198.

Musfiqi, S., & Jailani. (2014). Pengembangan bahan ajar matematika yang berorientasi pada karakter dan higher order thinking skill (hots). Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 45–59.

Perdani, H. N., & Azka, R. (2019). Teknologi dan pembelajaran matematika generasi milenial. Proseding Sendika, 5(1), 508–514.

Putri, Y. B. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis alqurun teaching model (atm) pada materi teorema pythagoras. Universitas Bandar Lampung.

Resnick, L. (1987). Education and learning to think. National Academy Press.

Saputra, H. (2016). Pengembangan mutu pendidikan menuju era global: Penguatan mutu pembelajaran dengan penerapan hots (high order thinking skills). SMILE’s Publishing.

Sariningsih, R., & Kadarisma, G. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pendekatan saintifik berbasis etnomatematika. P2M STKIP Siliwangi, 3(1), 53–56.

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi hots pada kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9.

Sudjana, N. (2008). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Sinar Baru Algesido.

Sumarti, S., Rahayu, Y. S., & Madlazim, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk melatih literasi sains siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 822.

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan pbl untuk mengembangkan hots siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189.

Tjiptiany, E., As’ari, A., & Muksar, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri untuk membantu siswa sma kelas x dalam memahami materi peluang. Jurnal Pendidikan-Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942.

Utari, T., Hobri, & Oktavianingtyas, E. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) matematika berorientasi scientific approach untuk menumbuhkan kemampuan higher order thinking (hot) pokok bahasan persamaan lingkaran pada siswa sma kelas xi. Kadikma, 8(2), 13–23.

Wardhani, I., Hobri, & Oktavianingtyas, E. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa matematika berorientasi scientific approach untuk menumbuhkembangkan kemampuan hot pokok bahasan trigonometri pada siswa sma kelas x. Kadikma, 8(2), 1–12.

Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2019). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis berdasarkan minat belajar pada mata kuliah struktur aljabar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 75–82.

Zakiah, N. E. (2016). Meningkatkan kemampuan metakognitif siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan open-ended. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(1).

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020). Hybrid-PjBL: Creative thinking skills and self-regulated learning of preservice Teachers. J. Phys.: Conf. Ser. 1521 032072.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3725

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: