IMPLEMENTASI PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENGEKSPLORASI KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MAHASISWA

Nur Eva Zakiah, Ai Tusi Fatimah, Yoni Sunaryo

Sari


Kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan penting pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa setelah penerapan project-based learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengamati fenomena partisipan dalam aktivitas pembelajaran. Partisipan sebanyak 43 orang calon guru matematika yang mengikuti perkuliahan strategi belajar mengajar, bekerja dalam kelompok (sekitar 4-5 orang) memperoleh proyek tentang membuat video pembelajaran. Kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif ditunjukkan oleh mahasiswa ketika proses merencanakan produk, membuat produk, menyajikan dan mengevaluasi produk. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah mahasiswa dapat mengetahui tingkat pemahaman mereka dari hasil karya yang telah dibuatnya. Hal ini dapat membantu mahasiswa untuk merencanakan membuat bahan ajar berikutnya dengan tepat. Tugas proyek yang dilakukan secara berkelompok dapat mempromosikan ide-ide kreatif. Hal ini sangat membantu mahasiswa untuk membangun kepercayaan diri menghasilkan karya yang inovatif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: skills for the future. Taylor & Francis Group, LLC. Hal: 39–43. DOI: 10.1080/00098650903505415. ISSN: 0009-8655 (print).

Boss, S., Larmer, J., & Mergendoller, J. (2013). PBL for 21st century success: teaching critical thinking, collaboration, communication, and creativity. Buck Institute for Education 18 Commercial Boulevard, Novato, California 94949 USA. ISBN: 978-0-9740343-6-2 (print).

Fatimah, A. T., & Zakiah, N. E. (2018). Kelancaran prosedural matematis dalam pemecahan masalah konteks pemasaran. Mathline, 3, 141–150.

Guilford, J. P. (1975). Creativity: A quarter century of progress. Perspectives in Creativity, 37–59.

Husamah, H. (2015). Thinking skills for environmental sustainability perspective of new students of biology education department through blended project based learning model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 110–119. doi: 10.15294/jpii.v4i2.3878.

Isabekov, A., & Sadyrova, G. (2018). Project-based learning to develop creative abilities in students. In J. Drummer, G. Hakimov, M. Joldoshov, T. Köhler, & S. Udartseva (Eds.), Vocational teacher education in central asia: developing skills and facilitating success. Cham: Springer International Publishing, 43–49, doi: 10.1007/978-3-319-73093-6_4.

Kivunja, C. (2015). Teaching students to learn and to work well with 21st century skills: unpacking the career and life skills domain of the new learning paradigm. International Journal of Higher Education 4(1). http://dx.doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1.

Kokotsaki, D, Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. doi: 10.1177/1365480216659733.

Litbang Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013: Pergeseran paradigma belajar abad-21. Retrieved from http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-kurikulum/243-kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21.

Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Özdas, F., & Batdi, V. (2017). A thematic-based meta analytic study regarding the effect of creativity on academic success and learning retention. Journal of Education and Training Studies, 5(3), 53. doi: 10.11114/jets.v5i3.2043.

Partnership for 21st Century. (2015). Framework for 21st century learning. Retrieved from http://www.p21.org/storage/documents/docs/P21_Framework_Definitions_New_Logo_2015.pdf

Satiadarma, M. P., & Waruwu, F. E. (2003). Mendidik kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Silver, E. A., Down, J. M., Leung, S. S., & Kenny, P. A. (1996). Posing mathematical problems. an exploratory study. Journal Research Mathematics Education, 27(3), 155–162.

Torrance, P., Ball, O., & Safter, H. T. (1992) Torrance test of creative thinking. Streamlined scoring guide figural A and B. Bensenville Illinois: Scholastic Testing Service, Inc. 4p.

Zakiah, N. E. (2017). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Pedagogy 2(2), 11–29.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111–120.

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020a). Self regulated learning for social cognitive perspective in mathematics lessons. J. Phys.: Conf. Ser. 1613 012049. doi:10.1088/1742-6596/1613/1/012049.

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020b). Hybrid-PjBL: Creative thinking skills and self-regulated learning of pre-service teachers. J. Phys.: Conf. Ser. 1521 032072. doi:10.1088/1742-6596/1521/3/032072.

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020c). Management of authentic assessment in mathematics lessons to develop 4C skills. J. Phys.: Conf. Ser. 1613 012050. doi:10.1088/1742-6596/1613/1/012050.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: