ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMK KELAS XI PADA MATERI VEKTOR SELAMA PANDEMI COVID-19

Ena Suhena Praja, Setiyani Setiyani, Lena Kurniasih, Farhan Ferdiansyah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman matematis siswa di masa pandemi. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring yang merupakan hal baru bagi siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMK kelas XI pada materi vektor. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI salah satu SMK di kota Cirebon yang berjumlah dua orang laki-laki. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif jenis studi kasus dengan menganalisis jawaban siswa dan hasil wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan lembar wawancara. Tes digunakan untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang kemampuan pemahaman matematis siswa, sedangkan wawancara digunakan untuk mengecek jawaban terhadap soal yang telah dikerjakan oleh siswa. Hasil yang diperoleh adalah siswa yang berkemampuan tinggi memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi dengan persentase 90%, sedangkan siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang dengan persentase 56,7%. Dengan kata lain, siswa yang berkemampuan tinggi memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi sedangkan siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arnidha, Y. (2017). Analisis pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar dalam penyelesaian bangun datar. JPGMI: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, 3(1), 53-61. https://ojs.stitmultazam.ac.id/index.php/JPGMI/article/view/22.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Fuadi, R. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 47-54. http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/4305

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skill matematik siswa. Bandung: PT Rafika Aditama.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 85-99. Doi: https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.p85-99.

Kadarisma, G., Sari, I. P., & Senjayawati, E. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis inkuri untuk meningkatkan hots siswa sma pada materi trigonometri. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 239–248. Doi: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3725.

Kemendikbud. (2020). Surat edaran mendikbud: pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid-19. [Online] Diakses: 16 Oktober 2020 Tersedia: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Marwiyah, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan. (2020). Profil kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar v-a-k pada materi bangun ruang sisi datar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 294–307. Doi: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3738.

Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi bentuk aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251-262. doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.24.

Murtianto, Y. H., Muhtarom., & Setiyaningrum, E. D. (2019). Pemahaman konsep logaritma siswa sma ditinjau dari kemampuan matematika. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 13(1), 36-41. Doi: http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v13i1.5087

National Council of Teachers of Mathematics. (1989). Curriculum and evaluation standards for school mathematics. Reston, Virginia: NCTM. INC.

Nursaadah, I., & Amelia, R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. Numeracy Journal, 5(1), 1-9. Doi: https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.288.

Permendiknas. (2006). Uu no 22 tahun 2006 standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas.

Sari, R. K. (2019). Analisis problematika pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama dan solusi alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 23-31. Doi: https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510

Sari, W. P., Suyanto, E., & Suana, W. (2017). Analisis pemahaman konsep vektor pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(2), 159-168. Doi: https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1743

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa smp. Infinty: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 150-163. Doi: https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.p150-163

Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(1), 9-13. Doi: https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.p150-163

Susilo, B. E., Darhim., & Prabawanto, S. (2019). Kesulitan belajar mahasiswa pada materi aplikasi integral untuk luas daerah dalam perspektif disposisi matematis. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 86-93. Doi: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19373

Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika sma ii. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57-71. Doi: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20-26. Doi: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4539

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: