PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA SOFTWARE PESONA EDU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Ai Juhaeroh

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi dari observasi awal menunjukkan hasil belajar matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 7 Tasikmalaya lebih dari 50% belum mencapai KKM dan pelaksanaan pembelajarannya masih berpusat kepada guru, sehingga mengakibatkan siswa menjadi pasif. Oleh karena tu, diperlukan upaya mengatasi persoalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan media software Pesona Edu. Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklusnya meliputi empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, serta refleksi. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi guna menilai aktivitas siswa dan tes untuk menilai hasil belajar matematika. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dilakukan analisismenggunakan metode deskriptif. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil belajar siswa meningkat dari nilai ketuntasan klasikal 25% dan rata-rata 62 pada siklus I menjadi ketuntasan klasikal sebesar 87,5% dan rata-rata hasil belajar 78,22 pada siklus II.Selain itu berdasarkan hasil observasi terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa selama dilakukannya proses pembelajaran. Artinya pembelajaran matematikadengan model kooperatif tipe STAD memanfaatkan media software Pesona Edu dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas siswa, sehingga model  pembelajaran ini dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anifah, N., Suryani, N., & Haryati, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran student teams achievement divisions (stad) dan konvensional terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari minat belajar pada mata pelajaran ips kelas vii mts negeri di kabupaten kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 185-198.

Aprilia, H., & Putri, L. I. (2020). Penggunaan media diorama: solusi pembelajaran matematika materi skala terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi jenjang dasar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 143–155. Doi: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3402.

Jamuri., Kosim., & Doyan, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif stad berbasis multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep siswa pada materi termodinamika. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 1(1),123-134. Doi: 10.29303/jppipa.v1i1.11

Khasanah, F. (2016). Meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe stad (students teams achievement division). LIKHITAPRAJNA, 18(2), 48-57. Retrieved from: http://likhitapradnya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/likhitapradnya/article/view/58.

Mariani. (2016). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas vii 1 smpn 7 kubung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 1(1), 57-62. Doi: https://doi.org/10.29210/0249jpgi0005

Munaji & Setiawahyu, M. I. (2020). Profil kemampuan matematika siswa smp di kota cirebon berdasarkan standar timss. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 249–262. Doi: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3732.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8-18. Retrieved from: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1650/1402

Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi contextual teaching learning (ctl) dengan geogebra: dapatkah meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa?. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 27–34. Doi: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3349.

Putri, K. C., & Sutriyono (2018). Pengaruh metode pembelajaran stad terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas viii. Jurnal Mosharafa, 7(2), 295-306. Doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.358.

Rakhmawati, E. (2012). Pengaruh metode bermain kreatif terhadap prestasi belajar matematika anak sekolah dasar. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 51-57. Doi: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v2i2.502

Sastrawan, W., Sedanayasa, G., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) dengan bantuan media software pembelajaran terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sd gugus iii desa bengkel kecamatan busungbiu. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). Doi: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2308

Shodiqin, A., & Fakhrudin. (2011). Pembelajaran matematika dengan bantuan software mathematica untuk meningkatkan hasil belajar matematik mahasiswa calon guru matematika: studi eksperimen pada mahasiswa calon guru matematika di ikip pgri semarang. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika UPGRIS Semarang, 2(1), 1-22.

Sobel, M., & Maletsky, M. E. (2001). Mengajar matematika. Jakarta: Erlangga.

Suhito. (2000). Interaksi belajar mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Suwarsono. (2002). Teori-teori perkembangan kognitif dan proses pembelajaran yang relevan untuk pembelajaran matematika. Jakarta: Depdiknas.

Suyahya, I. (2014). Efektifitas pelaksanaan strategi pembelajaran flipped classrom dengan memanfaatkan media pembelajaran software pesona edu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di smp jakarta. Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian (SNHP-IV) Universitas PGRI Semarang,186-192.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4982

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: