PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PILIHAN JURUSAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DI STKIP SILIWANGI BANDUNG

Luvy Sylviana Zanthy

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar ditinjau dari latar belakang pilihanjurusan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di STKIP Siliwangi. Sedangkan sampelnya adalah 2 kelas Program Studi Pendidikan Matematika yang sedang menempuh mata kuliah Struktur Aljabar II. Pengujian hipotesis ini menggunakan anova 1 jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1)Terdapat pengaruh motivasi belajar mahasiswa ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung pada Mata Kuliah Struktur Aljabar II; 2) Besarnya pengaruh motivasi belajar motivasi belajar mahasiswa ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap Kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Struktur Aljabar II sebesar 48,297 sedangkan sisanya sebesar 51,703 dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Depdiknas.(2002). UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Fachrurazi.(2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI [online]. Vol 1, halaman 76-89. Tersedia:http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf [5 Oktober 2015]

Fisher, A. (2001). CriticalThinkinginIntroduction. United Kingdom : CambridgeUniversity Press.

Hendrayana, A. (2008). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP Dalam Matematika. Tesis PPS UPI Bandung : Tidak Diterbitkan.

Mudrikah, A. (2006). Penggunaan Model Pembelajaran Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep matematik dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis PPS UPI Bandung : Tidak Diterbitkan.

Purwanto, M. Ngalin. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Runisah. (2008). Penggunaan SQ3R dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Bandung.TesisSPs UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Ruseffendi, E.T.(2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Sardiman, A.M. (2007).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Splitter,L.J. (1991). CriticalThingking : What, Why, When, andHow.AustralianCouncil of Educational Research.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i1.540

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: