PENGARUH KUALIFIKASI PENDIDIKAN TERHADAP PENGETAHUAN GURU MATEMATIKA DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

R. Bambang Aryan Soekisno, Rafiq Zulkarnaen

Sari


Perencanaan pelaksanaan pembelajaran sebagai proses penting dalam mengajar matematika, dalam penyusunan perencanaan pembelajaran melibatkan beberapa komponen diantaranya pengetahuan konten matematika dan pengetahuan pedagogis. Kualitas penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat dipengaruhi oleh kualifikasi pendidikan dan pengalaman mengajar. Tujuan penelitian ini yaitu: (a) mengetahui pengaruh kualifikasi pendidikan dan lama mengajar terhadap kemampuan guru matematika dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan (b) mengetahui kualitas pengetahuan guru matematika dalam merumuskan RPP. Studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kasus tunggal dan analisis ganda. Kasus yang diamati dalam penelitian ini yaitu kemampuan guru matematika dalam menyusun RPP ditinjau dari kualifikasi pendidikan dan lama mengajar, serta pengetahuan matematika guru dalam menyusun RPP. Subjek penelitian sebanyak 69 guru matematika di Kota Bogor Provinsi Jawa Barat. Kualifikasi pendidikan dibagi kedalam tiga kriteria, yaitu: Sarjana Pendidikan Matematika, Sarjana non-Pendidikan Matematika, dan Sarjana non-Pendidikan. Selain kualifikasi pendidikan, ditinjau juga dari lama mengajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berbentuk penyusunan RPP oleh SP pada KD 3.3 dan 4.3 pada materi SPLDV, sedangkan instrumen non tes berbentuk wawancara dan observasi. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan menyusun RPP tidak dipengaruhi oleh lama mengajar, namun sangat dipengaruhi oleh kualifikasi pendidikan, dan kualifikasi pendidikan memberikan dampak secara signifikan tehadap pengetahuan guru matematika.Kata kunci:  Aktivitas matematis, antisipasi pedagogis-didaktis, pengetahuan konten matematika, pengetahuan pedagogis, RPP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alhikmah, R. N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis kesulitan guru matematika SMP dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan kurikulum 2013. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 655–669. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.433

Aminah, N. (2014). Analisis kemampuan pedagogik dan self confidence calon guru matematika dalam menghadapi praktek pengalaman lapangan. Euclid, 1(1), 55–59. https://doi.org/10.33603/e.v1i1.344

Ball, D. L., Thames, M. H., & Phelps, G. (2008). Content knowledge for teaching: what makes it special?. Journal of Teacher Education, 59(5), 389–407. https://doi.org/10.1177/0022487108324554

Bowie, L., Venkat, H., & Askew, M. (2019). Pre-service primary teachers’ mathematical content knowledge: an exploratory study. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 23(3), 286–297. https://doi.org/10.1080/18117295.2019.1682777

Brandt, J., Lunt, J., & Meilstrup, G. R. (2016). Mathematicians’ and math educators’ views on “doing mathematics.” Primus, 26(8), 753–769. https://doi.org/10.1080/10511970.2016.1166408

Campbell, P. F., Nishio, M., Smith, T. M., Clark, L. M., Conant, D. L., Rust, A. H., DePiper, J. N., Frank, T. J., Griffin, M. G., & Choi, Y. (2014). The relationship between teachers’mathematical content and pedagogical knowledge, teachers’ perceptions, and student achievement. Journal for Research in Mathematics Education, 45(4), 419–459. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.45.4.0419

Chen, S., & Zhang, B. (2019). Improving prospective teachers’ lesson planning knowledge and skills through lesson study. In R. Huang, A. Takahasi, & J. da Ponte (Eds.), Theory and practice of lesson study in mathematics (pp. 549–575). Switzerland: Springer Nature. https://doi.org/10.1007/978-3-030-04031-4_27

Cuoco, A., Paul Goldenberg, E., & Mark, J. (1996). Habits of mind: An organizing principle for mathematics curricula. Journal of Mathematical Behavior, 15(4), 375–402. https://doi.org/10.1016/S0732-3123(96)90023-1

da Ponte, J. P., Santos, L., Oliveira, H., & Henriques, A. (2017). Research on teaching practice in a Portuguese initial secondary mathematics teacher education program. ZDM - Mathematics Education, 49(2), 291–303. https://doi.org/10.1007/s11858-017-0847-7

Döhrmann, M., Kaiser, G., & Blömeke, S. (2012). The conceptualisation of mathematics competencies in the international teacher education study TEDS-M. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 44(3), 325–340. https://doi.org/10.1007/s11858-012-0432-z

Fauzi, I., & Suryadi, D. (2020). Didactical design research untuk mengembangkan kompetensi pedagogik guru di sekolah dasar. Inventa, 4(1), 58–68. https://doi.org/10.36456/inventa.4.1.a2207

Hartini, H. (2021). Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui kegiatan workshop. Jurnal Pedagogiana, 8(49), 1–12.

Herdawati, H., Rochaminah, S., & Paloloang, B. (2019). Kemampuan guru matematika dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran Di SMA Negeri 3 Palu. Aksioma, 8(1), 63–71. https://doi.org/10.22487/aksioma.v8i1.204

Hidayat, A. F. (2020). Identifikasi Kesulitan guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Aksioma, 9(1), 42–50.

Jayadipura, Y. (2018). In house training untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. IDAARAH, 2(2), 260–268.

Kamaludin, J. (2021). Pelaksanaan in-house training (IHT) untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Jurnal Pedagogiana, 8(49), 1–12.

Kauffman, D., Johnson, S. M., Kardos, S. M., Liu, E., & Peske, H. G. (2002). “Lost at sea”: New teachers’ experiences with curriculum and assessment. Teachers College Record, 104(2), 273–300. https://doi.org/10.1111/1467-9620.00163

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2002). Helping children learn mathematics. In Helping Children Learn Mathematics. https://doi.org/10.17226/10434

Lappan, G., & Friel, S. N. (1993). Implementing the “professional standards for teaching mathematics”: what do we have and where do we go from here? The Arithmetic Teacher, 40(9), 524–526.

Lestari, Y. N., Sugiatno, & Hartoyo, A. (2020). Antisipasi didaktis berstruktur konflik kognitif untuk mengatasi hambatan belajar siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. AlphaEuclidEdu, 1(1).

Norman, P. (2011). Planning for what kind of teaching? Supporting cooperating teachers as teachers of planning. Teacher Education Quarterly, 38(3), 49–68. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ940633.pdf

Norton, S. (2019). The relationship between mathematical content knowledge and mathematical pedagogical content knowledge of prospective primary teachers. Journal of Mathematics Teacher Education, 22(5), 489–514. https://doi.org/10.1007/s10857-018-9401-y

Osana, H. P., Lacroix, G. L., Tucker, B. J., & Desrosiers, C. (2006). The role of content knowledge and problem features on preservice teachers’ appraisal of elementary mathematics tasks. Journal of Mathematics Teacher Education, 9(4), 347–380. https://doi.org/10.1007/s10857-006-4084-1

Palpialy, J. J., & Nurlaelah, E. (2015). Pengembangan desain didaktis materi pecahan pada sekolah menengah pertama (SMP). Jurnal Matematika Integratif, 11(2), 127. https://doi.org/10.24198/jmi.v11.n2.9425.127-136

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh pelatihan terhadap kompetensi pedagogik guru matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207

Santosa, E. R. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan guru dalam membuat RPP berbasis high order thingking skill (HOTS) melalui bimbingan berkelompok. PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(2), 338–346.

Siregar, D. (2019). Peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan. Aksioma, 8(1), 1–12.

Tatto, M. T., Ingvarson, L., Schwille, J., Peck, R., Senk, S. L., & Rowley, G. (2008). Teacher education and development study in mathematics (TEDS-M): policy, practice, and readiness to teach primary and secondary mathematics. Conceptual Framework. In International Association for the Evaluation of Educational Achievement. East Lansing, MI: Teacher Education and Development International Study Center, College of Education, Michigan State University. http://eric.ed.gov/?id=ED542390

Twigg, C. A. (2011). The math emporium: a silver bullet for higher education. Change: The Magazine of Higher Learning, 43(3), 25–34. https://doi.org/10.1080/00091383.2011.569241

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. In Journal of Hospitality & Tourism Research (Vol. 53, Issue 5). Los Angeles: SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.1177/109634809702100108




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5426

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: