PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH MATERI OPERASI BILANGAN REAL SMK TEKNOLOGI & REKAYASA

Anggita Maharani

Sari


Untuk memaksimalkan penggunaan komputer sebagai sarana penunjang pembelajaran, perlu dikembangkan bahan ajar berbasis TIK. Sebagai upaya untuk mengitegrasikan TIK yang efektif dalam proses pembelajaran, Almekhlafi dan Almeqdadi (2010) merekomendasikan perlu adanya lokakarya pengembangan profesi, mengembangkan kurikulum berbasis teknologi seperti CD dan video, mengembangkan kerjasama antar sekolah di seluruh negri, dan memberikan kebebasan bagi guru untuk memilih juga mengembangkan materi dalam kurikulum. Tujuan penelitian adalah memperoleh bahan ajar matematika berbasis micromdia flash yang valid. Model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi model Thiagarajan (dalam Trianto 2007:65) atau yang disebut Four-D Model. Berdasarkan proses dan hasil penelitian pengembangan dapat diketahui bahwa proses produksi bahan ajar dilakukan dalam rangka mengambangkan bahan ajar matematika untuk SMK materi Operasi Bilangan Real pokok bahasan Perbandingan, Skala dan Persen menggunakan software macromedia flash. Bahan ajar yang sudah berupa CD Pembelajaran divalidasi oleh beberapa ahli diantaranya ahli media dan ahli materi untuk mengetahui sekaligus menguji kelayakannya. Validator diberi beberapa pertanyaan dalam bentuk angket. Bahan ajar berbasis macromedia flash yang dikembangkan, desainnya memuat permasalahan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam aplikasi Operasi Bilangan Real terhadap perhitungan teknik otomotif sebagai starter point dalam belajar. Deskripsi hasil validasi pada tahap pengembangan, menunjukkan bahwa hasil validasi dari ahli media dalam kategori valid, validasi ahli isi/materi dalam kategori valid, dan hasil dari validasi ahli pembelajaran juga dalam kategori valid. Kata Kunci: Bahan Ajar, Macromedia Flash, SMK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Almekhlafi, A. G., & Almeqdadi, F. A. (2010). Teachers' Perceptions of Technology Integration in the United Arab Emirates School Classrooms. Educational Technology & Society, 13 (1), 165–175.

Chang, K.-E., Sung, Y.-T., & Hou, H.-T. (2006). Web-based Tools for Designing and Developing Teaching Materials for Integration of Information Technology into Instruction. Educational Technology & Society, 9 (4), 139-149.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Dikmen.

Gani, dkk. (2006). Penggunaan Komputer dalam Pengajaran-Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Suatu Kajian Kes di Pulau Pinang. Kajian Malaysia, Vol. XXIV, No. 1 & 2, 2006.

Halidi, dkk. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. e-Jurnal Mitra Sains, Volume 3 Nomor 1, Januari 2015 hlm 53-60.

Helmanda, dkk. (2012). Pengembangan Handout Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Siswa SMP Kelas VII Semester 2. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 1 Part 3: Hal. 75 – 79.

Herliawan, dkk. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. e-Journal Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi. Vol 4, No 1 (2014).

Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. (2015). Hasil Survey Indikator TIK 2015. Komfindo: Tim Indikator TIK Puslitbang PPI.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta: Depdikbud.

Rahman dkk. (2008). Optimalisasi Macromedia Flash Untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, ISSN:1979-9264 Volume 1, Nomor 2, Desember 2008.

Sumintono, dkk. (2012). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengajaran: Survei pada guru-guru Sains SMP di Indonesia. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 17, Nomor 1, April 2012

Tasri, L. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis WEB. Jurnal Medtek, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2011.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1.571

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: