EKPLORASI LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA)

Redi Hermanto, Eva Mulyani, Ike Natalliasari, Tiara Rahmawati Nur

Sari


Penelitian yang banyak berfokus pada penerapan berbagai model pembelajaran inovatif sejak dekade terakhir tampaknya belum mencapai hasil yang ideal untuk dapat mengoptimalkan kemampuan literasi matematis. Berdasarkan hal tersebut, peneliti harus mencari fokus penelitian lain untuk mencapai hasil yang ideal, salah satunya yaitu dengan menganalisis proses pembelajaran yang terjadi di kelas, karena proses pembelajaran yang baik akan menghasilkan kualitas belajar yang baik. Oleh karena itu dengan memperhatikan proses pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan kualitas terhadap literasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali komponen-komponen literasi matematis, yang meliputi komponen proses matematis (competencies/processes), komponen konten matematika (content areas), serta komponen situasi dan konteks (situation and contexs) yang terjadi dalam pembelajaran matematika menggunakan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) yang terbagi ke dalam empat segmen, yaitu segmen Ki, Sho, Ten dan Ketsu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode klinis interview. Dalam penelitian ini dilakukan observasi terhadap proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya dan melibatkan beberapa guru matematika, serta melakukan Focus Group Discussion (FGD) sebelum maupun setelah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen proses matematis (competencies/processes) dalam pembelajaran matematika memunculkan 6 kemampuan dari 7 kemampuan yang ada, dimana dari keseluruhan segmen hanya satu yang tidak muncul yaitu using mathematical tools. Komponen konten matematika (content area) dalam pembelajaran matematika dengan materi perpangkatan dan bentuk akar muncul hanya dalam dua konten yaitu konten bilangan dan geometri. Komponen situasi dan konteks (situation and contexs) dalam pembelajaran matematika muncul dalam 3 segmen yaitu segmen Ki, Sho dan Ketsu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran literasi strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Amintarti, S., Winarti, A., Sholahuddin, A., Syahmani., & Wati, M. (2020). Penerapan transcript based lesson analysis (TBLA) sebagai upaya peningkatan pembelajaran kimia. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 149-163. Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/8219/pdf

Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/issue/view/1165

Arani, M. R. S. (2017). Raising the quality of teaching through kyouzai kemkyuu-the study of teaching materials. Emerals Insight, International Journal for Lesson and Learning Studies. 6(1),10-26. http://dx.doi.org/10.1108/IJLLS-07-2016-0018

Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis kesalahan siswa menurut polya materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Hasil pisa indonesia 2018: akses makin meluas saatnya tingkatkan kualitas. Suara PERS Nomor: 397/Sispres/A5.3/XII/2019. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Lazarus, R.S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: McGraw-Hill, Inc.

Muzdalipah, I., Rustina, R., Patmawati H., & Yulianto, E. (2021). Analisis literasi matematis peserta didik berdasarkan dominasi otak. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(2), 222–233.

Nurahman, I. (2011). Pembelajaran kooperatif tipe team-accelerated intruction (TAI) untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education, 1(1), 96-130.

Nurutami, A., & Setyawan, F. (2019). Kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan konten PISA. Wacana Akademika, Majalah ilmiah kependidikan, 3(1),11-20. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/

OECD (2013). Pisa 2012 assessment and analytical framework. Kanada: OECD

Pantaleon, K.V., Nendi, F., & Jehadus, E. (2019). Komunikasi matematis dalam terang literasi matematika. Jurnal of Songke Math, 2(1), 12-22. Retrieved from https://ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/ejournal/index.php/jsm

Prabawati, M. N., Muslim, S. R., & Mansyur, M. Z. (2021). Analisis kesalahan siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Tasikmalaya dalam menyelesaikan soal literasi matematis pada materi SPLDV. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(2), 117–128.

Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis kemampuan literasi matematik dan mathematical habits of mind siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Numeracy, 5(1), 67-75. Retrieved from https://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/

Putra, Y.Y., & Vebrian, R. (2019). Literasi matematika (mathematical literacy) soal matematika model PISA menggunakan konteks Bangka Belitung. Yogyakarta: Deepublish.

Sulistiawati, Juandi, D., & Yuliardi, R. (2021). Pembelajaran terintegrasi stem untuk meningkatkan literasi matematis mahasiswa calon guru matematika pada perkuliahan Pra-Kalkulus 1. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(1), 82–97.

Supriatna, A. (2018). Kegiatan lesson study sebagai upaya guru untuk menemukan pembelajaran yang memenuhi keperluan anak hidup pada zamannya (era revolusi 4.0). FMIPA UNIMU, Seminar Nasional edusaintek. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/

Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar.

Winarti, A., Saadi, P., & Rajiani, I. (2021). Applying transcript based lesson analysis in enhancing communication pattern between teacher and students in chemistry classroom. European Journal of Education, 10(2), 975-987. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.2.975

Yulianto, E. (2015). Subject matter knowledge, pedagogical content knowledge dan keterampilan mengajar guru matematika. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6765

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: