EKPLORASI LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA)
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran literasi strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Amintarti, S., Winarti, A., Sholahuddin, A., Syahmani., & Wati, M. (2020). Penerapan transcript based lesson analysis (TBLA) sebagai upaya peningkatan pembelajaran kimia. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 149-163. Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/8219/pdf
Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/issue/view/1165
Arani, M. R. S. (2017). Raising the quality of teaching through kyouzai kemkyuu-the study of teaching materials. Emerals Insight, International Journal for Lesson and Learning Studies. 6(1),10-26. http://dx.doi.org/10.1108/IJLLS-07-2016-0018
Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis kesalahan siswa menurut polya materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Hasil pisa indonesia 2018: akses makin meluas saatnya tingkatkan kualitas. Suara PERS Nomor: 397/Sispres/A5.3/XII/2019. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Lazarus, R.S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: McGraw-Hill, Inc.
Muzdalipah, I., Rustina, R., Patmawati H., & Yulianto, E. (2021). Analisis literasi matematis peserta didik berdasarkan dominasi otak. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(2), 222–233.
Nurahman, I. (2011). Pembelajaran kooperatif tipe team-accelerated intruction (TAI) untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education, 1(1), 96-130.
Nurutami, A., & Setyawan, F. (2019). Kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan konten PISA. Wacana Akademika, Majalah ilmiah kependidikan, 3(1),11-20. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/
OECD (2013). Pisa 2012 assessment and analytical framework. Kanada: OECD
Pantaleon, K.V., Nendi, F., & Jehadus, E. (2019). Komunikasi matematis dalam terang literasi matematika. Jurnal of Songke Math, 2(1), 12-22. Retrieved from https://ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/ejournal/index.php/jsm
Prabawati, M. N., Muslim, S. R., & Mansyur, M. Z. (2021). Analisis kesalahan siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Tasikmalaya dalam menyelesaikan soal literasi matematis pada materi SPLDV. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(2), 117–128.
Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis kemampuan literasi matematik dan mathematical habits of mind siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Numeracy, 5(1), 67-75. Retrieved from https://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/
Putra, Y.Y., & Vebrian, R. (2019). Literasi matematika (mathematical literacy) soal matematika model PISA menggunakan konteks Bangka Belitung. Yogyakarta: Deepublish.
Sulistiawati, Juandi, D., & Yuliardi, R. (2021). Pembelajaran terintegrasi stem untuk meningkatkan literasi matematis mahasiswa calon guru matematika pada perkuliahan Pra-Kalkulus 1. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(1), 82–97.
Supriatna, A. (2018). Kegiatan lesson study sebagai upaya guru untuk menemukan pembelajaran yang memenuhi keperluan anak hidup pada zamannya (era revolusi 4.0). FMIPA UNIMU, Seminar Nasional edusaintek. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/
Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar.
Winarti, A., Saadi, P., & Rajiani, I. (2021). Applying transcript based lesson analysis in enhancing communication pattern between teacher and students in chemistry classroom. European Journal of Education, 10(2), 975-987. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.2.975
Yulianto, E. (2015). Subject matter knowledge, pedagogical content knowledge dan keterampilan mengajar guru matematika. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6765
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: