PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STEM: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Laili Rahmawati, Dadang Juandi

Sari


Perkembangan teknologi yang begitu pesat memerlukan pembelajaran matematika yang terintegrasi pada teknologi, Sains dan Engineriing. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang pembelajaran Matematika dengan pendekatan STEM (Sains, Technology, Engineering, and Mathematics) pada tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yaitu menganalisis studi penelitian terkait pendekatan STEM pada pembelajaran Matematika dari artikel jurnal yang diterbitkan pada rentang waktu antara tahun 2011 sampai tahun 2021. Pertanyaan kunci dari penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran Matematika menggunakan pendekatan STEM. Terdapat 30 jurnal yang memenuhi kriteria inklusi untuk dianalisis. Hasil studi menunjukan bahwa Pendekatan STEM  bisa dilakukan dengan Pendekatan Silo (Silo Approach), Pendekatan Tertanam (Embeded Approach) dan Pendekatan Terintegrasi/Terpadu (Integrated Approach). Pendekatan STEM bisa dilakukan pada jenjang Pendidikan Dasar, Menengah, hingga Perguruan Tinggi. Integrasi pendekatan STEM terhadap model pembelajaran Matematika yaitu pendekatan STEM – PjBL dan  pendekatan STEM – PBL. Media yang digunakan dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan STEM bisa menggunakan bahan ajar berbasis STEM seperti buku saku, modul, LKPD ataupun media pembelajaran berbasis android dan teknologi perangkat lunak seperti GeoGebra.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminingsih, A., & Izzati, N. (2020). Pengembangan modul pembelajaran berbasis stem pada materi himpunan kelas vii smp. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.11493

Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic literature review : model problem based learning pada pembelajaran matematika sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404–417.

Anindayati, A. T., & Wahyudi, W. (2020). Kajian pendekatan pembelajaran stem dengan model pjbl dalam mengasah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 217. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.217-225

Anita, Y., Thahir, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku saku digital berbasis stem : pengembangan media pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah mosharafa. Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401–412.

Aprilia, E., Pujiastuti, H., & Rafianti, I. (2021). Development of mathematics learning media using stem approach on linear programming material eka. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12(1), 164–177.

Aprilianti, P. P., & Astuti, D. (2020). Pengembangan lkpd berbasis stem pada materi bangun ruang sisi datar smp kelas viii. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 653–702. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.691-702

Artobatama, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (2020). Analisis desain pembelajaran stem berdasarkan kemampuan 4c di sd. Indonesia Journal of Primary Education, 4(1), 76–86. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/24530/12110

Aryati, L., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Development of learning media with the stem approach on materials of sequences and series. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(2), 91–102. https://doi.org/10.30998/formatif.v10i2.6400

Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model Pbl Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Tambusai, 5(3), 6644–6649.

Hardani, H. (2020). Pembelajaran matematika berbasis stem: implementasi variasi pengembangan model pembelajaran stem di sekolah dasar. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(2), 98–106. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v7i2.223

Hasanah, H. (2020). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis stem pada materi bangun ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 91–100. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.582

Hendri, S., Handika, R., Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2021). Pengembangan modul digital pembelajaran matematika berbasis science, technology, enginiring, mathematic untuk calon guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2395–2403. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1172

Hulwani, A. Z., Pujiastuti, H., & Rafianti, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif android matematika dengan pendekatan stem pada materi trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2255–2269. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.717

Juandi, D. (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence: A systematic literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012108

Koswara, U. (2018). Belajar matematika menggunakan software geogebra classic versi 5.0 dalam membuat grafik pada materi fungsi kuadrat. Jurnal Edukasi Sebelas April, 2(1), 82–89.

Maulana Arifin, A., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpmhttps://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan matematika di abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 40–44.

Nessa, W., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Pengembangan buku siswa materi jarak pada rauang dimensi tiga berbasis stem problem based learning. Jurnal Elemen, 3(1), 1–14.

Niam, M. A., & Asikin, M. (2021). Pentingnya aspek stem dalam bahan ajar terhadap pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 329–335. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44975

Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2021). Bahan ajar berbasis stem dalam pembelajaran matematika : potensi dan metode pengembangan. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 4, 298–302.

Nurlenasari, N., Lidinillah, D. A. M., Nugraha, A., & Hamdu, G. (2019). Assessing 21st century skills of fourth-grade student in stem learning. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012058

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model project-based learning dengan pendekatan stem. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10–14..

Priatna, N., Lorenzia, S. A., & Muchlis, E. E. (2020). Pedesaan pengembangan model project-based learning terintegrasi stem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 347–359. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.29636

Renandika, A., Nuriman, & Mahmudi, K. (2018). Pengaruh model pembelajaran project based learning (pjbl) terintegrasi stem terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 di sdn sumberpinang 02 jember. IV(November). http://repository.um.ac.id/100017/

Roberts, A., & Cantu, D. (2012). Applying stem instructional strategies to design and technology curriculum. technology education in the 21st century. Technology Education in the 21st Century, 73, 111–118.

Sanders, M. (2009). Stem, stem education, stemmania. Skin Research, 41(1), 49–52. https://doi.org/10.11340/skinresearch1959.41.49

Sartika, D. (2019). Pentingnya pendidikan berbasis stem dalam kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(3), 89–93.

Styasih, A., Hasanah, E. N., Bakti, K. E., Ardiansyah, A. S., & Asikin, M. (2021). Pengembangan lks berbasis stem dengan model problem based learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika,1, 656–680.

Sulistiawati, S., Juandi, D., & Yuliardi, R. (2021). Pembelajaran Terintegrasi stem untuk meningkatkan literasi matematis mahasiswa calon guru matematika pada perkuliahan pra-kalkulus 1. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 82. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4727

Sumaji. (2019). Implementasi pendekatan stem. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Fkip, Universitas Muria Kudus, 1, 7–15.

Supriyatun., & Endang, S. (2019). Implementasi pembelajaran sains, teknologi, engineering, dan matematika (stem) pada materi fungsi kuadrat. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 80–87.

Susanti. E., Haris, K. (2020). Design pembelajaran matematika dengan pendekatan stem (science, technology, engineering, mathematics). Jurnal Aksioma, 11(1), 37–52.

Thibaut, L., Ceuppens, S., De Loof, H., De Meester, J., Goovaerts, L., Struyf, A., Boeve-de Pauw, J., Dehaene, W., Deprez, J., De Cock, M., Hellinckx, L., Knipprath, H., Langie, G., Struyven, K., Van de Velde, D., Van Petegem, P., & Depaepe, F. (2018). Integrated stem education: a systematic review of instructional practices in secondary education. European Journal of STEM Education, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.20897/ejsteme/85525

Thovawira, F. A., Safitri, I., Supartik, S., Sitompul, N. N. S., & Anggriyani, I. (2021). Systematic literature review: implementasi pendekatan stem (manfaat dan tantangan) di indonesia. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 355–371. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.682

Ulfa, F. M., Asikin, M., Dwidayati., & Karomah, N. (2019). Membangun kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pembelajaran pjbl terintegrasi pendekatan stem. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/348/368

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan modul matematika dengan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (stem) pada materi segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388

Wijayanti, I. K., & Abadi, A. M. (2021). Developing learning set with stem-pbl approach to mathematics connection ability and student’s learning motivation. Proceedings of the 7th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences (ICRIEMS 2020), 528(Icriems 2020), 352–361. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210305.051

Winarni, J., Zubaidah, S., & H, S. K. (2016). Stem: apa, mengapa, dan bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1: 976–984.

Wulandari, L. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan kreativitas matematis melalui stem materi koordinat kelas viiia smp negeri 1 magelang. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 23–30.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Urgensi pendidikan stem terhadap literasi sains mahasiswa calon guru sekolah dasar. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 321–326. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2420

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi project-based learning untuk mengeksplorasi kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 286. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6914

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: