PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DALAM KHAZANAH ISLAM BERBASIS KONTEKSTUAL

Nurjanah Nurjanah, Sobari Sobari, Amir Supriatna, Hendi Suhendraya Muchtar, Rita Sulastini

Sari


Penelitian ini dipicu oleh kebutuhan akan bahan ajar mata kuliah Matematika dalam Khazanah Islam. Metode yang digunakan adalah research and development atau penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan produk, serta menguji produk yang telah dikembangkan. Produk yang dihasilkan merupakan bahan ajar kajian pembelajaran matematika bernuansa islami, yang diharapkan dapat diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual. Prosedur penelitian dan pengembangan yang diterapkan meliputi tujuh langkah, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba terbatas, uji lapangan, dan produksi secara terbatas. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Uninus yang telah atau sedang mengikuti perkuliahan Logika dan Himpunan. Instrumen yang digunakan meliputi: lembar validasi, angket, lembar observasi kegiatan dosen, kuis, dan lembar observasi aktivitas mahasiswa. Simpulan yang diperoleh adalah, bahan ajar yang telah dirancang: valid, praktis, dan efektif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, S. (2015). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Arifin. (2016). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk melihat kemampuan komunikasi matematis mahasiswa semester awal pendidikan matematika UIN Raden Fatah. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA 2(2), 142-160.

Arikunto, S. (2010). Managemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Darwati, Y. (2017). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPS materi koperasi dan kesejahteraan rakyat. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Deliani, N. (2018). Upaya Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan strategi belajar peta konsep pada pembelajaran PKN kelas V SDN 3 Mengandungsari kec. Sekampung Udik kab. Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Destiara, M. (2020). Analisis kepraktisan pengembangan bahan ajar biologi berbasis Islam-sains berbantuan media augmented reality. Proceeding Antasari International Conference, 56-68.

Dianti, P., Fatihah, H., Camellia., Sari, A. P., & Apriyanti, D. (2021). Pengembangan buku ajar pendidikan kewarganegaraan berbasis kontekstual di perguruan tnggi. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 50-60.

Fahrurrozi, M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran: tinjauan teoretis dan praktik. Lombok timur: Universitas Hamzanwadi Press.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa berdasarkan teori belajar Ausubel. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182-192.

Harisman, Y., Amam, A., & Bakar, M. T. (2020). Newman’s error analysis terhadap kesalahan mahasiswa pada mata kuliah logika dan himpunan. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 223–229.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Uninus: 2014, 2021. Bandung.

Nurjanah., Wahyudin., & Prabawanto, S. (2019). Overcoming students' difficulties in understanding the negation concepts by providing contextual-based student worksheet. AIP Conference Proceedings 2194, 020075.

Patri, S. F. D. (2019). Efektivitas bahan ajar multimedia berbasis PBL menggunakan 3d pageflip professional . MENARA Ilmu, 13(7), Juli 2019, 108-115.

Putra, Y. Y., & Saputra, A. (2018). Pengembangan blog support mata kuliah statistika pendidikan

Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. JPPM, 11(2). 2018. 179-191.

Roganda, S. E. (2020) Pentingnya pemberian umpan balik berupa evaluasi dan apresiasi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Bachelor thesis, Universitas Pelita Harapan.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Ujeng, Husain, S. N., & Paudi, R. I. (2016). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga IPA kelas IV SD Inpres 1 Siney. Jurnal Kreatif Tadulako Online 4(6), 186-202.

Wirdati, S. (2018). Azas-azas pembelajaran kontekstual dalam perspektif Islam. Jurnal Ta’dib, 21(1), 29-38.

Yusuf, R. R., Fachruddin, M. S., & Yensy, N.A.B. (2017). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan resource based learning pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 73-80.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model

pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah Polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120

Zulfa. (2019). Pembelajaran kontekstual nilai-nilai karakter mata kuliah budaya Minangkabau sebagai

penguatan identitas kebangsaan. Journal of Moral and Civic Education, 3 (1), 38-4.

Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Pengembangan bahan ajar matakuliah bioteknologi berdasarkan kebutuhan dan karakter. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1),19-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.7051

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: