STUDI LITERATUR: PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Ahmad Septiana, Ilham Imanie Amin, Joko Soebagyo, Ishaq Nuriadin

Sari


Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan berupa nilai matematika siswa yang rendah. Hal ini disebabkan dari kurangnya inovasi dalam pembelajaran matematika sehingga menyebabkan siswa kurang aktif, motivasi belajar rendah, dan pemahaman konsep yang rendah. Maka diperlukan suatu pendekatan yang inovatif dalam pembelajaran matematika diantaranya dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Metode penelitian menggunakan studi literatur. Teknik pengumpulan data dari berbagai sumber artikel melalui pencarian di Google Scholar. Dari hasil penelaahan beberapa sumber artikel, pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa, motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada penerapan Pendidikan Matematika Realistik terhadap pembelajaran matematika. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ani, I. S., Supandi, S., & Ariyanto, L. (2019). Keefektifan model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu LKS untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas vii. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 258-266. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4852

Fitri, A., & Sugiarto, R. (2020). Penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika kelas iv sekolah dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 77-92. https://doi.org/10.33603/caruban.v3i1.3191

Gustina, H. T., Syahrilfuddin., & Noviana, E. (2019). Pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas iii SD Negeri 144 Pekanbaru. Ilmu Pendidikan, 2(1), 30-40. https://jta.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTA/article/view/7028

Hakim, A. R., Sulistiawati, S., & Arifin, S. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SMP. Teorema : Teori dan Riset Matematika, 3(2), 165-176. https://doi.org/10.25157/teorema.v3i2.1557

Hanifah, A. N., Sa’adah, N., & Sasongko, A. D. (2019). Hubungan kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar siswa SMK melalui model pembelajaran hypnoteaching. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 121-130. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2692

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal, 2(1), 49-57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188

Mashuri, S., Jahring, J., & Nasruddin, N. (2020). Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 909-916. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2979

Pasaribu, E. Z., Ritonga, M. W., & Hasibuan, N. D. (2019). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa di MTs. Al-Washliyah Simpang Marbau. Pena Cendikia, 2(2), 1-6. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/pena/article/view/92

Pica, I. W., Marhaeni, A. A. I. N., & Dantes, G. R. (2015). Pengaruh penerapan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dengan kovariabel kemampuan numerik. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1–12. https://www.neliti.com/publications/124714/pengaruh-penerapan-pendidikan-matematika-realistik-terhadap-hasil-belajar-matema

Rahman, A. A., & Mirati, L. (2019). Pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap motivasi dan hasil belajar siswa sekolah dasar di Aceh Barat. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 323-333. https://doi.org/10.30738/tc.v3i2.4733

Safitri, N. U., & Arlis, S. (2020). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap hasil belajar FPB KPK kelas iv SD. Inovasi Pembelajaran SD, 8(8), 42-50. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10400

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha ilmu.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah Polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.270




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7090

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: