PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN PROSEDUR POLYA
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amalia, E., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The effectiveness of using Problem Based Learning (PBL) in mathematics problem solving ability for junior high school students. Ijariie, 3(2), 3402–3406. www.ijariie.com
Ani, E. U., & Rahayu, P. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berbentuk soal cerita materi bangun ruang. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 1(1), 1-49. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v1n1.p40-49
Anisa, W. N. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik melalui pembelajaran pendidikan matematika realistik untuk siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 1(1), 73-82. 10.37058/jp3m.v1i1.147
Asfar, A., & Nur, S. (2018). Efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Posing and Soving (PPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Silabi Education, 7(2), 124–132. http://ojs.stkipmuhammadiyahbone.ac.id/silabi
Barlian, E. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. Padang: Sukabina Press.
Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendrian, H., & Amelia, R. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP dengan materi segitiga dan segiempat. Edumatica, 08(1), 49–57. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4728
Hidayah, S. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaiakan soal cerita tentang perbandingan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 74–91. https://doi.org/10.51675/jp.v1i2.81
Mauleto, K. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari indikator NCTM dan aspek berpikir kritis matematis siswa di kelas 7B SMP Kanisius Kalasan. JIPMat, 4(2), 125–134. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i2.4261.
Novriani, M. R., & Surya, E. (2017). Analysis of student difficulties in mathematics problem solving ability at MTs Swasta Ira Medan. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(3), 63–75. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied
Nurfauziah, & Zhanthy, L. S. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP pada materi bilangan bulat. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 70–81. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.6105
Parulian, R. A., Munandar, D. R., & Ruli, R. M. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan materi bilangan bulat pada siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 345–354. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Pardimin., & Widodo, S. A. (2016). Increasing skills of student in junior high school to problem solving in geometry with guided. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(4), 390–395. https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i4.3929
Peranginangin, S. A., & Surya, E. (2017). An analysis of students’ mathematics problem solving ability in vii Grade at SMP Negeri 4 Pancurbatu. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(2), 57–67. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied
Poima, D. M. (2016). Profil pemecahan maslaah matematika pada materi perbandingan dan skala berdasarkan tahapan Polya bagi siswa kelas vi SD Kristen 03 Eben Haezer Salatiga (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.
Purnamasari, I., Yuliati, L., & Diantoro, M. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi fluida statis. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 2, 191-195. https://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ipa2017/article/view/1061
Rambe, A. Y. F., & Afri, D. L. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069
Rianti, R. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 802-812. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V2i4.27
Riastini, P. N., & Mustika, I. K. A. (2017). Pengaruh model Polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. International Journal of Elementary Education, 1(3), 189-196. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.11887
Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 163–171. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.159
Rosita, I., & Abadi, A. P. (2019). Kemampuan Pemecahan masalah matematis berdasarkan langkah-langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1059–1065. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2452
Simpol, N. S. H., Shahrill, M., Li, H. C., & Prahmana, R. C. I. (2017). Implementing thinking aloud pair and Pólya problem solving strategies in fractions. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012013
Son, A. L., Darhim, & Fatimah, S. (2019). An analysis to student error of Algebraic problem solving based on Polya and Newman theory. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012069
Ulya, H., Kartono, & Retnoningsih, A. (2014). Analysis of mhatematics problem solving ability of junior high school students viewed from students’ cognitive style. International Journal of Education and Research, 2(10), 577–582. www.ijern.com
Vilianti, Y. C., Pratama, F. W., & Mampouw, H. L. (2018). Description of the ability of social arithedical stories by study problems by students viii SMP reviewed from the Polya stage. International Journal of Active Learning, 3(1), 23–32. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal/article/view/10882
Wulan, E. R. (2019). Gaya kognitif field-dependent dan field-independent sebagai jendela profil pemecahan masalah Polya dari siswa SMP. Journal Focus Action of research Mathematic (Factor M), 1(2), 123–142. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1503
Yayuk, E., & Husamah, H. (2020). The difficulties of prospective elementary school teachers in item problem solving for mathematics: Polya’s steps. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 361–378. https://doi.org/10.17478/jegys.665833
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7227
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: