Number Sense Siswa Pada Materi Bilangan Pecahan Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Siti Sa'diyah Agung Asyfaini, Christina Kartika Sari

Sari


Number sense suatu kemampuan numerik dasar yang berkaitan dengan konsep bilangan beserta operasinya. Kemampuan number sense harus dimiliki dalam diri siswa, dikarenakan sebagai dasar kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis. Kemampuan number sense secara psikologi dapat dipengaruhi oleh gaya kognitif siswa yang dapat dibedakan menjadi Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Penelitian ini menganalisis terkait dengan kemampuan number sense siswa SMP pada materi bilangan pecahan ditinjau dari gaya kognitif FI dan FD.Subjek dalam penelitian ini diambil 2 siswa yang meliputi kategori siswa bergaya kognitif Field Dependend dan Field Independent dengan masing-masing kategori terdiri dari 1 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pekerjaan siswa pada soal tes number sense, dan hasil wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data untuk memeriksa keabsahan data yang telah diperoleh.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa FI mampu memahami konsep bilangan, merepresentasi bilangan yang setara dan ekuivalen, mengemukakan pengaruh bilangan serta hasilnya, serta mampu menyusun strategi perhitungan dengan baik, sedangkan untuk siswa FD belum memenuhi sebagian indikator number sense.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, R., & Hartoyo, A. (2015). Kemampuan Number Sense Siswa Smp Negeri 5 Pontianak Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(12), 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13036

Babaro, F., Risalah, D., & Sandie. (2021). Number Sense dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(4), 531–541. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i4.pp531-541

Basir, M. A. (2015). Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 3(1), 106–114. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211312009/905jurnal_edisi_3_no_1_th_2015.pdf

Damayanti, N. W., Mayangsari, S. N., & Mahadika, L. T. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pada Pecahan. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3389

Djalil, M., & Hanifah, U. (2016). Number Sense Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, UNNEs, 38–44.

Djalil, M., & Hanifah, U. (2018). NUMBER SENSE SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, February, 38–44. https://www.researchgate.net/publication/322861167_NUMBER_SENSE_SISWA_SMP_DITINJAU_DARI_GAYA_KOGNITIF

Fatimah, A. T., & Wahyudin, W. (2020). Number Sense Siswa Smk Pada Tugas Matematis Berbasis Pertanian. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 133. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3322

Fitri, L., Rachmadwati, L. P. R., Ayati, J. P. R., & Muliawati, N. E. (2019). Analisis Number Sense Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 131. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i2.7174

Ghazali, M., Mohamed, R., & Mustafa, Z. (2021). A Systematic Review on The Definition of Children’s Number Sense in the Primary School Years. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(6), 1–12. https://doi.org/10.29333/ejmste/10871

Hidayat, G. W., & Budiarto, M. T. (2014). Profil Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 79–87. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/12731

Kholid, M. N., Hamida, P. S., Pradana, L. N., & Maharani, S. (2020). Students‘ critical thinking depends on their cognitive style. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 1045–1049. https://www.researchgate.net/profile/Lingga-Pradana/publication/338789206_Students’_Critical_Thinking_Depends_On_Their_Cognitive_Style/links/5e2a5a44a6fdcc70a14660f3/Students-Critical-Thinking-Depends-On-Their-Cognitive-Style.pdf

Mcintosh, A., J, B., Reys, & Reys, R. E. (1992). A Proposed Framework for Examining Basic Number Sense. JSTOR, 12, 2–8. https://www.jstor.org/stable/40248053

Melinia, T., & Mulyono, B. (2022). Pembelajaran berbasis masalah merupakan sarana utama untuk melakukan pembelajaran matematika ( NCTM , 2000 ). Menurut Maryati ( 2018 ) dengan menggunakan masalah kontekstual sebagai latihan dapat membantu peserta didik selama proses pembelajaran dalam men. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6642

Mufidah, I. (2017). Profil Number Sense Siswa SD pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Kognitif Object Imagery, Spatial Imagery dan Verbal. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 208–214. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.9545

Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). ANALISIS GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA. V, 71–76. http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2016/

Nugraha, Y., & Mulhamah, M. (2017). Analisis Kemampuan Number Sense Dalam Pemecahan Masalah Matematika. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 54–59. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.315

Nugroho, A. A., Nizaruddin, N., Dwijayanti, I., & Tristianti, A. (2020). Exploring students’ creative thinking in the use of representations in solving mathematical problems based on cognitive style. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(2), 202–217. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i2.9983

Reys, R. E., & Yang, D. C. (1998). Relationship between computational performance and number sense among sixth- and eighth-grade students in Taiwan. Journal for Research in Mathematics Education, 29(2), 225–237. https://doi.org/10.2307/749900

Setyaningsih, L., & Ekayanti, A. (2019). Keterampilan Berfikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Kemampuan Number Sense. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.11699

Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif (D. W. Handayani (ed.); 1st ed.). DEEPUBLISH. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=wxyPDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=pengertian+gaya+kognitif+&ots=7TTVCnoADU&sig=lcJVcO2BDqW8kLMK_XbrYmwp-CU&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian gaya kognitif&f=false

Tonra, W. S. (2016). Pembelajaran number sense untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada materi pecahan. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 109–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v5i2.233

Wiaya, Y. K. (2018). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Berdasarkan Newman’S Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Gaya Kognitif. 1–14. http://eprints.ums.ac.id/61711/11/NASKAH PUBLIKASI .pdf

Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D., & Cox, P. W. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64. https://doi.org/10.3102/00346543047001001

Zakiah, N. E. (2017). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Pedagogy, 2(2), 11–29. doi: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i2.700.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.7583

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: